Sadarkah Kamu? Ini 7 Perbedaan Ragnarok M: Eternal Love dan Ragnarok Online!

Dari kucing keren sampai sistem ngeselin!

Tentu kita sudah kenal dengan Ragnarok Online dan keturunannya yang sedang ramai saat ini, Ragnarok M: Eternal Love. Tapi tahukah kamu kalau ada perbedaan Ragnarok M dan pendahulunya ini, meskipun game tersebut dikatakan mirip dengan Ragnarok Online dengan nuansa nostalgianya?

Meskipun secara dasar mirip, tapi ternyata ada banyak perbedaan Ragnarok M dan Ragnarok Online yang tidak kita sadari. Dari perubahan-perubahan kecil yang bahkan kita tidak tahu kalau ia memang berubah, sampai hal eksklusif Ragnarok M di depan mata kita.

Maka dari itu apa sajakah perbedaan Ragnarok M dan Ragnarok Online yang perlu kita ketahui? Simak selengkapnya di sini!

1

Skill-nya Beda!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Nah, untuk beberapa kelas hal yang tanpa kita sadari sebelum segalanya sudah terlambat adalah ketika kita menyadari bahwa skill yang kita harapkan ternyata tidak ada di Job tersebut!

Untuk beberapa skill yang sebelumnya menjadi bagian dari Ragnarok Online ini justru ada yang mengalami perubahan, dan ada yang dihapus sepenuhnya dari pohon skill Job itu. Sebagai contoh, kemampuan Strip Armor sampai Strip Helm milik Rogue hilang dari pohon skill di Ragnarok M!

Perbedaan Ragnarok M yang terasa seperti diam-diam ini tentu membuat kita bisa berpikir dua kali tentang apa yang menjadi pilihan Job terbaik untuk saat ini, dan seberapa optimalkah ia kelak.

2

Tidak Ada Loading Menjengkelkan!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Karena di Ragnarok Online setiap area-area kecil harus melalui layar loading yang menjengkelkan, perbedaan Ragnarok M dengan Ragnarok Online terasa lebih kentara dengan beberapa potongan peta yang digabung menjadi satu peta besar1

Yang lebih positif dari penggabungan ini adalah kenyataan ketika perangkat kita di tahun 2018 sudah sanggup untuk memuat peta yang lebih luas dan hal itu juga dimanfaatkan oleh Gravity untuk menggabungkan beberapa area yang relevan dan cocok untuk disatukan dengan daerahnya. Sudah pasti, contoh paling jelas di sini adalah Labyrinth Forest!


CONTINUE READING BELOW

7 Pertarungan Pahlawan Super yang Paling Brutal! Sadis-Sadis Banget!

Sebagai seorang pahlawan super, bertarung itu sudah hampir pasti mereka jalani, namun ada pertarungan pahlawan super yang brutal, seperti 7 ini!


3

Ada Toko Zeny!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Transaksi mikro adalah satu lagi perbedaan Ragnarok M yang jelas dibandingkan para pendahulunya. Kini kamu bisa langsung saja mengisi Zeny melalui transaksi langsung dengan game tersebut. Tidak hanya itu, opsi menjual Zeny seperti ini jelas bertujuan untuk menggusur pedagang-pedagang yang ngetem di tengah jalan Prontera!

Kemudian, ada pula Big Cat Coin yang berguna untuk mengakses barang-barang eksklusif di dalam game tersebut. Untuk mendapatkannya dengan mudah tentu saja jelas metodenya. Bayar!

4

Job Quest Lebih Mudah!

tips job archer ragnarok m

sumber: dokumentasi duniaku.net

Ada lagi perbedaan Ragnarok M yang mencolok, dan hal itu adalah tombol serangan otomatis yang bisa membuatmu menyerang satu monster spesifik maupun semua musuh di areamu! Berkat ini, tugas-tugas yang kamu emban dari setiap NPC terdekat justru jauh lebih mudah dari zaman dahulu kala!

Bagaimana tidak? Ketika kamu sedang menggali sebuah benda spesifik yang memiliki drop rate rendah, kamu tidak usah merusak matamu dengan melihat layar ponsel terus menerus. Caranya? cukup memencet tombol AUTO itu, pilih musuh yang kamu buru, dan tinggalkan ponselmu sambil bikin kopi dan memasak Indomie. Mudah, bukan?

5

Kucing!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Kini kamu yang gemar main sendirian sudah tidak perlu dipaksa untuk mencari teman ke sana kemari karena perbedaan Ragnarok M dibandingkan pendahulunya adalah para Mercenary Cats! Kucing-kucing imut dan lucu ini akan membantumu menyelesaikan bertani level dengan lebih cepat!

Yang membuatnya menarik, kucing-kucing lucu ini juga akan memiliki level yang sama denganmu begitu bergabung ke dalam kelompokmu. Teman-teman perjalanan yang tersebar di kota-kota terdekat ini pun tinggal kamu rekrut dengan menyelesaikan Quest yang cukup dilakukan sekali saja per kucing dan bayar mereka dengan Zeny!

6

Sistem Stamina!

Sumber: noobs.guide

Demi menciptakan permainan yang sehat, Ragnarok M memiliki sistem stamina yang akan mematikan EXP yang kamu dapatkan begitu lama pertarunganmu mencapai waktu tertentu. Jadi, begitu kamu kehabisan meter stamina, kamu tidak bisa lagi mendapatkan poin EXP saat mengalahkan monster!

Stamina tersebut juga di satu sisi bisa mengontrol kebiasaan burukmu dalam menggali level nonstop dalam sehari. Ingat, masih banyak yang bisa kamu lakukan dalam hidup ketimbang menambang EXP 24 jam tanpa henti!


CONTINUE READING BELOW

Benarkah Ronaldinho Bangkrut? Begini Situasinya Saat Ini!

Baru saja, Ronaldinho tersandung denda yang sangat besar! Saking besarnya, sampai-sampai pesepakbola itu bisa dikatakan bangkrut!


7

Tiga Dimensi, Lah!

ganti job di ragnarok m

sumber: dokumentasi duniaku.net

Ketika Ragnarok Online dahulu hanya menggunakan latar 3D dengan karakter-karakter 2D, Ragnarok M justru menggunakan visual tiga dimensi di semua aspek! Tidak hanya itu, bahkan di beberapa tindakan, efek-efek yang muncul juga dibuat ulang dalam wujud tiga dimensi!

Apa lagi perbedaan Ragnarok M dibandingkan dengan Ragnarok Online yang lebih mecolok? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.