Review The Girl in the Spider's Web, Masa Lalu Keluarga Salander

Terhubung dengan kisah Girl with the Dragon Tattoo nih!

Review The Girl in the Spider's Web, Masa Lalu Keluarga Salander

Tujuh tahun yang lalu kita menyaksikan aksi Lisbeth Salander pertama kalinya di The Girl with the Dragon Tattoo. Film tersebut mendapatkan nilai yang lumayan tinggi dari para kritikus dan memenangkan berbagai penghargaan termasuk Academy Awards untuk kategori best film editing.

Tahun ini Lisbeth Salander kembali beraksi di layar lebar dengan judul The Girl in the Spider's Web. Uniknya, The Girl in the Spider's Web bukanlah buku kedua dari seri Millennium karya Stieg Larrson, melainkan buku keempat yang dikarang oleh David Lagercrantz.

Masa Lalu Lisbeth Salander

Kisah Lisbeth (Claire Foy) kali ini dibuka dengan sedikit potongan masa lalu Lisbeth. Bagaimana dia melarikan diri dari ayahnya yang kejam dengan cara menjatuhkan diri dari balkon dan merangkak di atas salju.

Kemudian kisah berlanjut ke upaya Lisbeth mencuri sebuah program berbahaya buatan Frans Balder (Stephen Merchant). Program bernama FireFall tersebut memiliki kemampuan untuk membajak rudal nuklir yang dimiliki semua negara di dunia ini, dan saat ini program tersebut berada di tangan NSA.

Review The Girl in the Spider's Web, Masa Lalu Keluarga Salander

Pada awalnya operasi Lisbeth berjalan dengan sangat lancar, FireFall berpindah tangan ke Lisbeth walaupun sempat dicegah oleh Edwin Needham (LaKeith Stanfield) yang merupakan anggota divisi khusus di NSA. Sayangnya kediaman Lisbeth diserang oleh orang-orang tidak dikenal yang juga mengincar FireFall.

Karena Lisbeth tidak muncul di waktu yang dijanjikan, Balder panik dan menghubungi Gabriella Grane (Synnøve Macody Lund) yang merupakan direktur utama SAPO (dinas rahasia Swedia). Gabriella meyakinkan Balder untuk bersembunyi di tempat aman milik SAPO. Pada sisi lainnya Needham terbang ke Swedia karena berhasil melacak lokasi Salander.

Review The Girl in the Spider's Web, Masa Lalu Keluarga Salander

Karena membutuhkan bantuan, Lisbeth akhirnya menghubungi Mikael Blomkvist (Sverrir Gudnason). Keduanya lalu mencari tahu di mana keberadaan Balder dan FireFall. Sayangnya semua berjalan tidak sesuai dengan keinginan Lisbeth, sebab masa lalu keluarga Salander kembali menghantuinya dan mengacaukan segala usaha yang dilakukan keduanya.

Buku Keempat yang Berbeda

Seperti yang kami sebutkan di atas, The Girl in the Spider's Web adalah buku keempat dari seri Millennium yang ditulis oleh David Lagercrant. Hasilnya, universe Millennium sedikit bergeser dari pakem lawasnya yang muncul di tahun 2005. Pergeseran tersebut mengubah dunia Lisbeth jadi dipenuhi dengan teknologi dan hacking.

Kemampuan Lisbeth Salander dalam urusan hacking juga mendapatkan upgrade yang berlebihan. Rasanya saat ini kemampuan Lisbeth bisa disandingkan dengan kemampuan Benji Dun dari seri Mission Impossible. Mengejar mobil musuh? Mari kita hack mobilnya. Dikejar-kejar TSA (petugas keamanan bandara)? Mari kita hack bandaranya, dan seterusnya.

Review The Girl in the Spider's Web, Masa Lalu Keluarga Salander

Satu-satunya benang merah film ini dengan The Girl with the Dragon Tattoo, adalah karakter Mikael dan Lisbeth yang sayangnya juga mengalami pergantian pemeran. Lisbeth baru diperankan oleh Claire Foy menggantikan Rooney Mara, sementara itu Sverrir Gudnason menggantikan Daniel Craig.

Bukannya kami membenci Daniel Craig, tapi sejatinya sosok Mikael yang merupakan seorang pemimpin redaksi agak kurang pas diperankan oleh Craig. Rasanya cukup aneh melihat sang agen rahasia Inggris berganti peran menjadi pemimpin redaksi sebuah majalah politik  liberal. Untunglah “keanehan” ini diobati oleh Sverrir Gudnason yang terlihat berakting lebih natural.

Review The Girl in the Spider's Web, Masa Lalu Keluarga Salander

Pada sisi Claire Foy, jujur saja kami tidak bisa melihat perbedaan yang berarti dari keduanya, kecuali pada bagian alis. Yes, kamu tidak salah baca, Lisbeth Salander di The Girl in the Spider's Web akhirnya memiliki alis yang utuh dan tidak dicukur.

Kesimpulan Akhir

The Girl in the Spider's Web merupakan sebuah film aksi yang sangat menarik. Tapi untuk menikmati film ini secara penuh, kamu harus mengendorkan pikiran dan membuang semua logika ilmu hacking dan fisika yang kamu ketahui. Kalau sudah, selamat bergabung di seri Millennium yang merupakan buah karya David Lagercrant.

Film yang kami ganjar dengan nilai 4 dari 5 bintang ini akan tayang perdana di Indonesia pada 10 November 2018 (midnight).

Jangan lupa like fan page Duniaku.net untuk terus memantau perkembangan dunia film!

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=XKMSP9OKspQ[/embed]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU