Para Dewa dalam Mitologi Nordik yang Namanya Sering Kamu Dengar!

Jangan kemakan dengan cerita Thor dari dunia Marvel, cerita asli para dewa mitologi Nordik tidak seperti itu! Seperti inilah cerita asli mereka yang sebenarnya!

Seperti yang kalian tahu nih, banyak sekali cerita tentang dewa-dewi dari seluruh dunia. Tapi dewa dalam mitologi Nordik lebih sering kita dengar hingga muncul di berbagai game dan film.

Banyak cerita yang bisa kamu kembangkan dari penciptaan alam semesta menurut mitologi Nordik. Sama seperti dengan penggambaran dewa dalam mitologi Nordik yang bisa dicampurkan dengan karakter superhero seperti Marvel, hingga dalam game God of War.


CONTINUE READING BELOW

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Dalam kepercayaan Nordik, alam semesta terbagi menjadi sembilan dunia. Kesemua dunia tersebut dihubungkan oleh pohon Yggdrasil yang menjadi pusat alam semesta. Berikut ini daftar sembilan dunia dari pohon Yggdrasil yang dipercaya oleh bangsa Nordik


Namun, seperti apa sih cerita dan kisah para dewa dalam mitologi Nordik itu sebenarnya? Kali ini kita akan mencoba untuk tahu lebih jelas dunia para Aesir atau golongan dewa-dewi tinggi yang paling berkuasa di mitologi Nordik.

Aesir merupakan salah satu Ras Dewa yang tinggal di Asgard, tempat tinggal paling atas di cabang Yggdrasil. Berikut adalah penjelasan mengenai dewa dalam mitologi Nordik yang sering kamu dengar.

1

Odin

dewa dalam mitologi nordik

Sumber: asgard-arts.com

Dewa dalam mitologi Nordik yang paling berkuasa tidak lain adalah Odin. Dia adalah penguasa alam dan pemimpin para Aesir yang memiliki takdir kalah dalam pertempuran maha dahsyat yang disebut Ragnarok!

Odin sendiri adalah putra dari Raksasa Bor dan Bestla. Odin mencipatakan tempat tinggal bernama Asgard dan memliki aula megah yang beratapkan perak murni bernama Hlidskialf. Dari singgasananya tersebut, Odin dapat melihat seluruh dunia.

Odin memiliki senjata berbentuk tombak bernama Gungnir dan cincin kekuatan bernama Draupner yang dibuat oleh dwarf kembar bernama Brokk dan Eiti. Odin juga punya dua serigala bernama Freki dan Feri, serta dua burung gagak bernama Huginn (pikiran) dan Muninn (ingatan) yang bertugas membawa berita dari seluruh dunia.

2

Thor

dewa dalam mitologi nordik

Sumber: wikipedia.org

Dewa dalam mitologi Nordik yang sering kamu dengar sudah pasti Thor! Dia adalah sang Dewa Petir dan juga putra pertama dari Odin dan Hlodyn (Dewi Bumi). Thor mempunyai wilayah kekuasaan yang luas bernama Thrudvangar dengan 540 bangunan aula.

Berdasarkan cerita, Thor mempunyai kereta yang ditarik oleh dua kambing bernama Tanngniost dan Tanngrisnir. Selain itu Thor memiliki senjata khusus yang sudah banyak kalian tahu, bernama Mjolnir. Palu ini juga merupakan buatan dwarf kembar.

Selain itu, Thor juga memiliki korset bernama Megingjarpar yang membuatnya tidak terlihat. Musuh utama Thor menurut mitologi adalah Jormungand alias Midgard Serpent.

3

Lodur

dewa dalam mitologi nordik

Sumber: fafnir.fr

Dewa dalam mitologi Nordik selanjutnya adalah Lodur. Kamu pasti belum tahu kalau Lodur adalah saudara kandung Odin! Dirinya memiliki nama sebutan lain, yaitu Ve.

Menurut mitologi Nordik, dikisahkan Lodur bersama dengan dua saudaranya yang lain, Odin dan Hoenir telah membunuh raksasa Ymir dan setelah itu mereka bersama menciptakan tatanan dunia baru.

4

Loki

dewa dalam mitologi nordik

Sumber: pinterest.com

Jangan lupa kalau menurut mitologi Nordik, Loki adalah seorang Dewa Api! Diceritakan Loki merupakan anak dari raksasa bernama Farbautia dan Laufey/Nal. Loki pun memiliki saudara kandung bernama Byleist dan Helblindi.

Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Aesir, namun tidak jarang juga menimbulkan kesulitan untuk dewa-dewa tersebut. Hingga dirinya dikenal sebagai Trickster dan Shape-changer.

Loki sebenarnya adalah bangsa dari Frost Giant, tetapi sejak menjadi putra Odin, Loki menjadi anggota Aesir yang sangat penting. Hanya saja lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap dan sini yang mencerminkan dewa jahat di Asgard.

5

Balder

dewa dalam mitologi nordik

Sumber: renegadetribune.com

Balder atau Baldur adalah dewa kecantikan. Memiliki tempat tinggal bernama Breidablik bersama dengan istirnya bernama Nana, anak perempuan dari Nep. Dari perkawinan Balder dan Nana, lahirlah sebuah keturunan bernama Forseti.

Balder merupakan dewa yang paling dicintai dari seluruh dewa, sayangnya menurut ramalan, dirinya akan mati. Karena hal itu, ibunya, Frigga meminta semua mahluk dan benda untuk tidak melukai anaknya itu.

Sayangnya, Frigga tidak meminta hal yang sama kepada tanaman Mistletoe, karena menyangka tanaman tersebut tidak mungkin melukai Balder.

6

Heimdall

dewa dalam mitologi nordik

Sumber: themyth.com

Heimdall dikenal sebagai White As dan juga sebagai Rig, pencipta umat manusia. Heimdall adalah penjaga Bifrost yang tinggal di aula Himinbjorg yang terletk di ujung Asgard.

Heimdall merupakan anak dari Nine Waves (9 raksasa perempuan yang bersaudari), yang artinya Heimdall memiliki 9 ibu! Heimdall juga punya pendengaran dan penglihatan yang super tajam.

Dia adalah penjaga yang tidak pernah tidur dan memiliki tugas untuk mencegah para raksasa yang berusaha memasuki Asgard. Pada kejadian Ragnarok, Heimdall menunggang kudanya bernama Gulltopp. Dengan pedangnya Hofund, Heimdall dan Loki saling membunuh satu sama lain.

7

Freyr

dewa dalam mitologi nordik

Sumber: mtmtv.info

Dewa dalam mitologi Nordik yang terakhir adalah saudara kembar dari Freyja, di mana ia berasal dari ras Vanir yang diangkat menjadi Aesir. Freyr merupakan Dewa Cahaya, Matahari, Hujan, Pertanian, Kesuburan, dan Kemakmuran.

Freyr sendiri memiliki nama lain yaitu Yngvi dan Ingi-Freyr. Dia juga memiliki hewan keramat berupa babi, di mana Brokk dan Eiti membuatkannya seekor babi hutan dengan bulu emas yang bernama Gullinbursti untuk menarik keretanya.


CONTINUE READING BELOW

Apa Sih Bedanya Thor Ragnarok dengan Mitologi Ragnarok?

Seperti namanya, Thor Ragnarok sepertinya akan mengadaptasi dari Mitologi Ragnarok dari Dewa-Dewa Norse. Tapi apa perbedaanya ya?


Itulah beberapa dewa dalam mitologi Nordik yang sering kita dengar dan juga cerita singkat mengenai penggambaran mereka yang asli seperti apa pada masa itu. Banyak sekali petualangan dan cerita seru dari dunia mitologi Nordik yang bisa kamu dapatkan.

Buat kamu yang suka dengan petualangan dan hal-hal yang berbau fantasi dan mitologi. Kamu bisa langsung memainkan game Guardian Clash di smartphone canggih milikmu. Kamu bisa jelajahi semua penjuru dunia ajaib bersama hampir 50 hero legendaris dan 100 peta unik yang siap untuk dijelajahi.

Jadi tunggu apalagi, segera bergabung di dunia petualang yang menegangkan dan penuh dengan fantasi di Guardian Clash sekarang!


Menurut kamu sendiri, dewa-dewa yang ada di mitologi Nordik itu sangat lemah dibanding dengan dewa Yunani atau tidak?

TENTANG PENULIS