Dari Tadinya Miskin, 5 Jagoan GTA Ini Jadi Kaya dan Disegani!

Lima jagoan GTA ini awalnya tidak direspek dan uangnya seret. Lalu mereka berkembang jadi kaya dan disegani!

Ada beberapa jagoan GTA yang dari awal game sudah tergolong kaya. Misal: di GTA V, Michael De Santa sudah tinggal di rumah besar.

Namun ada juga beberapa jagoan GTA yang di awal game benar-benar miskin dan tidak dipandang, namun di akhir game (berkat kamu sebagai pemain) mereka jadi kaya dan disegani.

Siapa saja tokoh-tokoh ini? Inilah lima di antaranya!

5

Claude (GTA III)

sumber: gtaunderground.com

Claude ini kasus menarik.

Di awal game, sebagai pelarian yang kabur dari polisi, Claude benar-benar tidak memiliki apa-apa di Liberty City.

Namun lambat laun dia mulai mengumpulkan uang dan reputasi demi memburu Catalina yang telah mengkhianatinya.

Secara kosmetik, Claude mungkin tidak terlihat sekaya dan sesukses empat nama berikutnya. Tidak seperti mereka, Claude hanya memiliki tempat tinggal terbatas. Itu pun isinya tidak bisa kita lihat.

Tetap saja, setelah selamat dari Mafia dan menghabisi anggota Cartel, Claude sepertinya adalah sosok paling disegani di Liberty City era GTA PS2.

4

Niko Bellic (GTA IV)

sumber: kotaku.com

Kalau Niko Bellic ini kasus yang sedih.

Di awal, Niko adalah pendatang baru di Amerika. Dia hanya bisa hidup di tempat sepupunya, yang kondisinya benar-benar seadanya.

Namun seiring berjalannya waktu, reputasi Niko mulai meningkat. Uang mulai mengalir masuk ke rekeningnya. Dia juga mendapat tempat tinggal yang lebih oke.

Meski begitu, Niko tidak datang ke Liberty City untuk uang. Dia ingin membalas dendam kepada pengkhianat pasukannya dulu.

Sayangnya, mau Niko membunuh si pengkhianat maupu mengampuninya, Niko akan tetap merasa tidak puas.

Sudah begitu, di akhir game Niko juga pasti akan kehilangan salah satu orang yang disayanginya, antara pacarnya atau sepupunya.

Niko mungkin jadi kaya, sukses, dan disegani. (Dia masih disebut-sebut hingga GTA V). Namun ia tidak mendapat kepuasan seperti tiga jagoan GTA di peringkat tiga hingga satu.

3

Franklin Clinton (GTA V)

Franklin ini awalnya miskin. Dia bahkan masih harus tinggal bersama bibinya yang sangat menyebalkan.

Lalu Franklin bertemu Michael De Santa, dan dia lalu terlibat perampokan bersama Michael dan kemudian Trevor.

Franklin pun mendapat rentetan kesuksesan. Dia bisa meninggalkan rumah bibinya dan tinggal di mansion (pemberian Lester). Setelah itu, ia pun mendapat uang dari perampokan, terutama dari perampokan utama di GTA, yakni emas Union Depository.

Tidak seperti Niko, yang mengakhiri game dengan tidak puas, Franklin bisa mengakhiri GTA V dengan kemenangan total jika dia memilih pilihan yang tepat di misi terakhir.

2

Tommy Vercetti (GTA: Vice City)

sumber: bottomfeedernewsblog.wordpress.com

Di awal game, Tommy Vercetti adalah tukang pukul mafia yang apes. Dia kehilangan uang dan narkotik dalam transaksi yang berujung fatal.

Dalam upayanya untuk mendapatkan kembali uangnya, Tommy memperoleh mansion besar milik Ricardo Diaz, dan kalau kamu mau kamu juga bisa membeli rumah-rumah tambahan yang tersedia di wilayah Vice City. Baik yang murah maupun yang mahal.

Tommy juga berujung memiliki usaha tambahan seperti pelabuhan, pabrik es krim (sebenarnya usaha narkotik), kelab dewasa, tempat usaha taksi, percetakan (yang kemudian digunakan untuk mencetak uang palsu), hingga show room mobil.

Oh, dan Tommy tidak perlu menyerahkan kembali uangnya ke Sonny. Dia membunuh Sonny di akhir game.

1

Carl Johnson (GTA: San Andreas)

sumber: geek.com

Carl Johnson adalah jagoan GTA paling sukses dalam sejarah sejauh ini.

Ya, Franklin memang sukses. Namun lihat apa yang terjadi pada CJ.

Di awal game, CJ tidak memiliki properti, dan kebanyakan misinya bahkan tidak menghasilkan uang. (Hanya respek).

Di sekitar 1/3 game, situasi CJ bahkan jadi lebih buruk. Dia terusir dari Los Santos dan harus tinggal di wilayah pedesaan, sebelum akhirnya ia bisa lanjut ke San Fierro.

Namun di akhir dia bersahabat baik dengan pemimpin Triad, memiliki koneksi dengan agen misterius (Toreno),dan jadi manajer rapper yang sukses (Madd Dogg).

CJ juga bisa memperoleh pemasukan dari toko mainan, toko mobil, dan bahkan bandara. (Bandara di padang pasir ini bahkan wajib dibeli oleh CJ untuk melanjutkan misi utama game ini).


CONTINUE READING BELOW

Spekulasi: Bagaimana Ya Law Lolos dari Basil Hawkins?

Tidak seperti Luffy, Law berhasil lolos dari kelompok Kaido. Padahal dia diincar Hawkins saat kekuatannya sirna! Gimana caranya ya Law lolos dari Basil Hawkins?


Itulah lima jagoan GTA yang awalnya miskin tapi lalu sukses.

Gimana menurut kamu? Siapa favorit kamu dari lima nama di atas? Sampaikan di kolom komentar!

Jangan lupa like fan page Duniaku.net supaya kamu tidak ketinggalan berita game terbaru!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.