Antara Membantah Adanya Rating Bintang Lima untuk Film Hanum dan Rangga

Kontroversi film ini belum berakhir!

Film Hanum dan Rangga adalah film semi-biografis yang diangkat sebagiannya dari novel karya Hanum Salsabiela Rais, putri dari Amien Rais yang sempat menjadi korespondensi detik.com bagi kawasan Eropa dan sekitarnya.

Ia menerbitkan buku Berjalan di Atas Cahaya dan 99 Cahaya di Langit Eropa yang kemudian diadaptasi menjadi film 99 Cahaya di Langit Eropa dan 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2. Film terbarunya, Hanum dan Rangga, menuai kontroversi akibat promosi dan cyberbullying yang terjadi sepanjang beredarnya film tersebut.

Sumber: Wartakota

Kontroversi kali ini muncul dari poster promosinya sendiri, di mana rating bintang lima tersemat di gambar tersebut yang berisikan kutipan “Indahnya Pacaran Setelah Menikah.”

Yang membangkitkan probleman dari pernyataan yang muncul di atas adalah ketika ulasan tersebut dipertanyakan oleh pihak yang diklaim film tersebut sebagai sang pemberi ulasan sendiri, yakni Antaranews.com

Redaktur Pelaksana Kantor Berita Antara Teguh Priyanto berujar pada Kamis (15/11/2018), “Antara senantiasa mengapresiasi film karya anak bangsa, Film “A Man Called Ahok” dan “Hanum & Rangga” terpilih untuk diresensi oleh Antaranews karena kedua film itu memang layak untuk diulas,”  seperti dilansir Antara.

Lanjut Teguh, “Namun dalam setiap ulasan Antara tidak pernah memberikan rating pada film-film tersebut. Oleh karena itu, jika ada klaim bahwa kami memberikan rating bintang lima pada film “Hanum dan Rangga”, kami pastikan klaim tersebut tidaklah benar,”

“Kami berusaha sangat keras agar berita dan ulasan yang kami buat senantiasa menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan etika jurnalistik. Dengan demikian, masyarakat pembaca mendapat sajian informasi yang mendidik, mencerahkan dan memberdayakan. Bukan sebaliknya membuat polemik, memperkeruh masalah dan membodohi masyarakat,” kata beliau.


CONTINUE READING BELOW

Tidak Hanya Buat Anak Kos, Ini 7 Manfaat Indomie di Penjara!

Ada banyak manfaat Indomie, dan tidak hanya bagi kita saja. Apa manfaat Indomie di penjara, khususnya bagi para narapidana di Lembaga Permasyarakatan tersebut? Simak di sini!


Pernyataan-pernyataan ini mengkonfirmasi bahwa Antara tidak membuat resensi tersebut. Pihak Antara pun sudah mencoba untuk meminta konfirmasi dari pihak Hanum Rais, namun belum ada klarifikasi atas maksud diangkatnya poster tersebut ke media sosial.

Pihak Duniaku juga telah menghubungi MD Pictures untuk konfirmasi lebih lanjut, tapi hingga saat artikel ini diterbitkan belum ada respon dari rumah produksi tersebut.

 

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.