Hajime Isayama Memperlihatkan Panel Terakhir Attack on Titan?!

Akankah ini menjadi penutup dari bab akhir Attack on Titan?!

Kali ini, sang kreator sendiri yang memperlihatkan sekelumit spoiler soal manga-nya!

Jadi, Hajime Isayama sang mangaka Attack on Titan disorot dalam dokumenter.

Di acara ini, Isayama memperlihatkan panel terakhir Attack on Titan. Tentu saja masih dalam format sketsa.

Kamu bisa melihat ulasan gambarnya di bawah ini!

SPOILER ALERT!!!

Pertama-tama, kamu bisa melihat video dokumenter tersebut lewat link di bawah ini.

Untuk yang tidak membuka video di atas, mungkin karena menghemat kuota, gambar panel terakhir Attack on Titan bisa kamu lihat di bawah ini.

panel terakhir attack on titan

sumber: comicbook.com

Yep, tak heran Hajime Isayama bisa nyaman memperlihatkan panel terakhir Attack on Titan ini.

Gambarnya sendiri tak menyajikan pengungkapan yang terlalu menghebohkan, seperti secara eksplisit memperlihatkan Eren, Levi, atau Mikasa mati.

Yang jelas, gambar di atas memperlihatkan seorang pria menggendong seorang anak. Pria itu mengucapkan kepada anak yang digendongnya, “Kamu bebas.”

Hmm, apa maknanya?


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Attack on Titan 111: Rencana Beast Titan Mulai Bergulir?!

Gawat! Attack on Titan 111 mengungkap kalau rencana Zeke sang Beast Titan mulai bergulir, memanfaatkan rakyat jelata! Seperti apa?


Jadi, kaum Eldia (kaum yang menghuni Pulau Paradis, latarnya Attack on Titan) adalah kaum tertindas. Di luar pulau, mereka dianggap sebagai ancaman dan mendapat perlakuan buruk.

Kaum Eldia di Marley saja dikatakan mendapat perlakuan yang lebih ringan dari negara lain. Padahal di sana kaum Eldia tinggal di wilayah kumuh dan harus selalu mengenakan ban penanda identitas.

Kemungkinan besar, panel terakhir Attack on Titan di atas menjanjikan kalau perjuangan kaum Eldia akan berhasil. Suatu hari nanti, mereka akan terbebas dari persekusi.

Namun bagaimana caranya? Itu masih harus kita nantikan.


Karena Isayama sudah menggambar sketsa panel terakhir, itu berarti mangaka yang satu ini sudah mendapat gambaran jelas bagaimana ending kisahnya.

Itu hal yang baik, tentu saja. Dengan begini Isayama dapat fokus menyajikan ceritanya, selama Attack on Titan tidak dipaksa tamat seperti Bleach.

Gimana menurut kamu soal panel terakhir Attack on Titan di atas? Apa makna dari adegan itu? Sampaikan teorimu di kolom komentar!

Jangan lupa like fan page Duniaku.net biar kamu tak ketinggalan info baru soal Attack on Titan!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.