Seperti Stan Lee, Para Kreator ini Hadir di Game Buatannya!

Banyak yang narsis dan jadi cameo juga nih!

Seperti Stan Lee, Para Kreator ini Hadir di Game Buatannya!

Munculnya sosok pembuat game di dalam karyanya tentu bukanlah hal yang sangat aneh. Hal tersebut ternyata telah berkali-kali dilakukan oleh para maestro di industri game lho. Salah satu yang legendaris tentu saja kemunculan Stan Lee di game Spiderman PlayStation 4 yang rilis beberapa bulan lalu.

Selain Lee, kali ini kita bakal bahas nih siapa saja sih pembuat game yang mau repot-repot memunculkan wajahnya sendiri di game garapannya sendiri. Yuk langsung kita bahas saja satu per satu!

Seperti Stan Lee, Para Kreator ini Hadir di Game Buatannya!

Hideo Kojima merupakan salah satu pembuat games ternama. Ia dikenal sebagai seorang kreator yang pefeksionis dan kerap memberikan gambaran-gambaran absurd mengenai game yang dibuatnya. Tapi itulah yang membuat namanya menjadi besar serta diperhitungkan.

Nama Kojima melambung setelah ia sukses membuat franchise game bernama Metal Gear Solid. Sayangnya game ini berakhir buruk ketika Kojima dan Konami mengalami konflik. Saat ini Kojima sedang disibukkan oleh proyek game terbarunya bernama Death Stranding.

Kojima layak masuk ke artikel ini karena ia menjadikan dirinya sendiri sebagai easter egg di Metal Gear Solid. Bahkan kalian bisa merekrutnya masuk ke dalam tim kalian! Dia juga pernah menjadikan suaranya muncul di game tersebut. Dia juga menjadi hantu mengerikan di seri ini. Pokoknya banyak yang Kojima lakukan dan sekali lagi, hal nyeleneh ini yang membuatnya terkenal.

Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Doom merupakan game yang benar-benar ikonik dan legendaris. Salah satu judul yang menarik untuk diikuti adalah Doom 2 dan di bagian akhir cerita, game ini memiliki sesuatu yang belum pernah kalian prediksi sebelumnya. Ya, sang pembuat game, John Romero muncul sebagai lawan yang harus kalian tembak!

Di dalam game itu Romero menjuluki dirinya sebagai Icon of Sin. "Untuk memenangkan permainan, Anda harus membunuh saya, John Romero!" itulah kutipan legendaris yang saya ingat terkait game ini.

Tentu hal tersebut sangat mengagetkan karena beberapa dari kita tentu saja tidak mengetahui bahwa Romero adalah pembuat dari game ini. Cara yang dilakukan Romero cukup unik sama seperti yang dilakukan oleh Kojima.

Seperti Stan Lee, Para Kreator ini Hadir di Game Buatannya! Sumber: steam[/caption]

Emil Pagliarulo juga layak menjadi pembuat game yang menyembunyikan dirinya di dalam game buatannya sendiri. Ya, Emil melakukan hal tersebut di game Fallout 4 dan ternyata berhasil. Sejauh ini tak banyak yang mengetahuinya bahkan saya sendiri tahu ketika menulis artikel ini.

Masalahnya tak seperti Kojima dan Romero, Emil menyembunyikan dirinya sebagai NPC biasa! Ia bersembunyi di sekitar kepolisian polisi Boston Selatan dan menjual kartu kredit. Dari sini sudah jelas bahwa Emil memiliki selera humor yang cukup baik.

Penampilannya juga ditampilkan cukup baik dengan kaos lusuh dan wajah yang tak terawat. Kalian yang doyan roam tentu bakal ketemu dengan Emil ya.

Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Spore merupakan sebuah game yang dirilis oleh Will Wright tahun 2008. Game ini kemudian mendapatkan sambutan yang menarik dan positif dari orang-orang yang telah memainkannya terutama setelah mereka mengetahui sebuah rahasia yang ada di dalam game ini.

Rahasia tersebut adalah munculnya Wright sebagai selingan di menu utama dan Wright bakal melihat kalian selama beberapa detik sebelum akhirnya hilang kembali. Cara yang satu ini benar-benar keren menurut saya pribadi. Harus diakui, Wright seperti entitas tertinggi yang ada di dunia Spore.

Mungkin saja Wright memiliki ide lain untuk menjadi musuh utama di dalam Spore atau hal lainnya. Yang jelas cara untuk memunculkan dirinya di dalam game buatannya sendiri cukup konyol namun rapih.

Dokumentasi Duniaku.net[/caption]

Di game ini kita bakal menemukan sebuah easter egg konyol yakni patung manusia sosis. Siapa dia? Ternyata ia adalah seorang karyawan dari Sucker Punch yang muncul di game ini. Ya, sang karyawan itu benar-benar muncul dan menjadi cameo di game Sly Racoon.

Tentu saja penyamarannya menjadi hot dog cukup konyol ya. Sayangnya sang karyawan ini tidak diketahui siapa nama sebenarnya sehingga ia hanya terkenal dengan panggilan Hotdog Guy. Siapa dari kalian yang pernah melihat salah satu karyawan pembuat game tersebut?

Seperti Stan Lee, Para Kreator ini Hadir di Game Buatannya!

Apakah kalian pencinta game emulator? Jika iya, maka Goat Simulator merupakan sebuah game yang benar-benar wajib kalian mainkan. Di game ini kalian akan menjalani hidup dari sudut pandang seekor kambing!

Tentu saja kalian bakal mendapatkan pengalaman baru. Tak berhenti sampai di situ, ada satu lagi keunikan dari game ini yakni ada cameo dari sang pembuat game yakni Coffee Stain Studios. Jika Anda pergi ke belakang rumah kaca yang kosong dekat tanda Helvete, Anda akan menemukan rumah studio.

Ya, rumah itu adalah studio tempat dibuatnya game yang satu ini. Kalian bisa melakukan banyak hal di sana misalnya menghancurkan barang-barang salah satunya. Gila bukan?

sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Beberapa hari yang lalu kita dikejutkan atas meninggalnya legenda di dunia komik, Stan Lee. Ya, Stan Lee merupakan orang yang berjasa membuat superhero di Marvel dan kehilangannya membuat banyak orang yang sedih. Meski usianya sudah senja, Lee tak berhenti begitu saja karena beberapa kali ia muncul sebagai cameo di film Marvel Cinematic Universe.

Tak hanya itu, Stan Lee juga muncul di game Spiderman PlayStation 4 yang cukup fenomenal itu. Ketika Peter Parker bertemu sebentar dengan MJ, sebuah percakapan terungkap tentang hubungan mereka, dipotong pendek oleh kebutuhan Parker untuk mengikuti polisi yang melewati restoran.

Usai obrolan tersebut berakhir, munculah sosok yang kita kenal tak lain dan tidak bukan adalah Stan Lee. Meski hanya sebentar, munculnya Lee menjadi sesuatu yang luar biasa bagi penikmat karya Marvel.

Seperti Stan Lee, Para Kreator ini Hadir di Game Buatannya!

Sebagian dari kita pasti tidak asing dengan nama Gabe Newell atau Lord Gaben. Ya, dia adalah pembuat Steam yang merupakan toko game digital terbesar saat ini. Gabe Newell tak hanya jenius tapi juga memiliki selera humor yang cukup bagus.

Ya, Gabe muncul sebagai cameo di game yang dibesut olehnya yakni Half Life. Game ini bisa dibilang merupakan mahakarya karena begitu banyak unsur unik di dalamnya. Bagaimana Gabe memunculkan dirinya sebagai cameo di dalam game itu? Ya, dia menjadikan ubin sebagai medium.

Jika diperhatikan dengan detail, ubin di salah satu ruangan yang kalian lewati di game ini memiliki gambar wajah Gabe sedang tersenyum. Hal tersebut harus diakui cukup gila tapi juga cukup jenius. Bagi yang ingin melihatnya bisa langsung melihat video Youtube di bawah ini.


Sepertinya itulah beberapa aksi pembuat game dalam menyembunyikan dirinya di game buatan mereka sendiri. Harus diakui cara yang mereka lakukan benar-benar luar biasa. Ada yang secara terang-terangan, ada pula yang melakukannya secara tersirat.

Dari delapan pembuat game yang kita bahas di atas, mana yang menurut kalian paling top cameonya?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU