Konflik Konoha dan Iwagakure dalam Sejarah! Apakah Terulang Lagi di Era Boruto?

Dalam sejarah, konflik Konoha dan Iwagakure sudah banyak terjadi, memangnya apa saja sih? Ada yang sampai jadi perang besar loh!

Iwagakure di dunia Naruto adalah salah satu desa yang tertutup, suka perang, dan memang suka berkonflik dengan desa lain, termasuk konflik Konoha dan Iwagakure dalam sejarah yang akan kita bahas ini.

Dari sekian banyak desa, Iwagakure adalah desa yang paling sering bentrok dengan Konoha, bahkan dalam sekala perang yang besar.

Di era Boruto, sepertinya Lord Ku ingin kembali membawa perang antara dua desa besar itu. Memang sebelum itu, ada konflik Konoha dan Iwagakure apa lagi sih dalam sejarah? Simak daftarnya di bawah ini!

1

Perang Dunia Ninja Kedua

sumber: dokumentasi duniaku.net

Masih belum diketahui pemicu Perang Dunia Ninja Kedua, namun desa-desa yang ikut berpartisipasi dalam perang ini sih diketahui.

Ada tiga desa besar, yaitu Konoha yang saat itu dipimpin oleh Hokage Ketiga, Hiruzen Sarutobi, dengan Sunagakure yang dipimpin oleh Kazekage Ketiga, ada juga Iwagakure yang dipimpin Tsuchikage Ketiga, Onoki, dan desa kecil Amegakure yang terlibat, dipimpin oleh Hanzo.

Dari konflik Konoha dan Iwagakure ini yang berakhir dengan peperangan, momen pentingnya adalah lahirnya julukan Sannin yaitu Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade, lalu terkenalnya White Fang dari Konoha, Sakumo Hatake. Dan Kato, pacar Tsunade mati di perang ini.

Di sisi Suna, orang tua Sasori mati di tangan Sakumo Hatake, nenek Chiyo bersumpah akan membalas kematiannya. Sementara Sasori menjadi depresi dan akhirnya bergabung dengan Akatsuki.

Dari sisi Amegakure, tiga yatim piatu yaitu Nagato, Yahiko, dan Konan dilatih Jiraiya, sampai akhirnya mereka tumbuh besar, dan membentuk Akatsuki.

Masalahnya, tak diketahui bagaimana sisi Iwagakure setelah perang.

2

Perang Dunia Ninja Ketiga

sumber: dokumentasi duniaku.net

Di sini, sentralnya memang konflik Konoha dan Iwagakure, namun ada Kumogakure di antaranya, dan Kirigakure ikut ambil bagian menjelang akhir perang.

Konoha dan Iwagakure berperang di wilayah desa Kusagakure. Jika kamu ingat momen ketika tim Minato kehilangan Obito, itu ada di perang ini.

Sebelumnya, tim Minato mendapatkan misi untuk menghancurkan jembatan Kannabi, jembatan sentral di mana Iwagakure mengantar perlengkapan dan kebutuhan perang. Sebelum jembatannya hancur, Iwagakure unggul dalam perang melawan Konoha.

Sayangnya, Obito tidak bisa menyelesaikan misi menghancurkan jembatan, sehingga Kakashi dan Minato yang menghancurkannya, dan setelahnya, Iwagakure bisa dipukul mundur.

Di anime, dikatakan bahwa Minato sendiri berhasil mengalahkan 1000 Ninja dari Iwagakure, sehingga Onoki terpaksa menyerah di perang ini.


CONTINUE READING BELOW

Sadarkah? Hampir Semua Keturunan Hokage Punya Satu Masalah Ini!

Apakah kamu sadar? Ternyata hampir semua keturunan Hokage memiliki masalah keturunan Hokage yang bisa dibilang mirip! Apa itu?


3

Kamizuru vs Aburame

sumber: dokumentasi duniaku.net

Kamizuru adalah klan dari Iwagakure yang sangat terpandang. Suatu hari, klan mereka mendapatkan misi untuk menyerang Konoha.

Sayangnya tidak semudah itu, karena Konoha juga punya klan terpandang, yaitu Aburame.

Akhirnya perang klan Kamizuru melawan klan Aburame terjadi, dan berakhir dengan kemenangan Aburame. Akhirnya klan Kamizuru di Iwagakure tidak dianggap lagi, dan lambat laun mulai berkurang.

Di era Naruto kecil, salah satu episode filler menceritakan Naruto dan tim Kurenai mencari Bikochu, seekor kumbang tanduk yang langka.

Di sisi lain, beberapa keturunan terakhir dari Kamizuru mencuri gulungan Jutsu dari Tsuchikage Pertama yang berisi Jutsu terlarang dengan serangga, dan mereka juga harus mencari Bikochu, jadilah tim Naruto dan Shino, Kiba, dan Hinata melawan klan Kamizuru dari Iwagakure.

4

Konoha Crush

sumber: dokumentasi duniaku.net

Ketika Orochimaru dan Suna mengacak-acak Konoha dalam ujian Chuunin yang dimanipulasi, Konoha menjadi hancur dan tanpa pertahanan.

Setiap Shinobi Konoha dikerahkan untuk membangun kembali Konoha, terutama karena Hokage mereka baru saja mai, yaitu Hiruzen Sarutobi.

Iwagakure melihatnya sebagai peluang, mereka mengirim Ninja untuk menghancurkan Konoha yang sedang lemah.

Namun berhasil dihentikan oleh Kosuke Maruboshi, seorang Genin abadi yang sudah ada sejak era Tobirama.


Nah itu dia daftar konflik Konoha dan Iwagakure dalam sejarah. Mungkinkah Lord Ku akan menjadi pemicu konflik kelima? Bagaimana menurutmu? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.