Ga Harus Mahal, Ini Tips Foto Keren Hanya dengan Smartphone Rp2 jutaan!

Nih tips lagi buat bikin foto ajib cuma pake hape!

Ga Harus Mahal, Ini Tips Foto Keren Hanya dengan Smartphone Rp2 jutaan!

Mengambil foto dengan smartphone saat ini merupakan aktivitas yang dilakukan oleh banyak orang. Sayangnya, paradigma bikin foto keren hanya bisa di smartphone mahal masih melekat hingga sekarang. Padahal, kamu bisa hasilkan hal serupa cukup dengan smartphone Rp2 jutaan.

Foto merupakan cerita yang disampaikan melalui penangkapan gambar yang tepat. Objek beserta beragam hal yang di dalamnya yang ditangkap dengan tepat dan menjadi foto keren seakan menjadi sebuah kisah yang disampaikan melalui caranya sendiri.

Ga Harus Mahal, Ini Tips Foto Keren Hanya dengan Smartphone Rp2 jutaan! Ini hasil foto smartphone 2 jutaan, loh! (sumber: duniaku.net)[/caption]

Beragam smartphone yang dilengkapi dengan kamera pun muncul, yang hadir dengan embel-embel mampu menghasilkan foto keren. Harga smartphone saat ini pun beragam, yang konon menghasilkan foto sesuai dengan rupiah yang harus ditukarkan.

Padahal, menghasilkan foto keren tidak harus menggunakan smartphone mahal. Kita pun bisa menghasilkan foto yang dapat dinikmati dengan baik, hanya dengan menggunakan smartphone seharga Rp2 jutaan.

Namun, kita wajib mengetahui 5 tips yang tepat, yang salah satunya datang dari Mobile Photographer, Aries Lukman. Dirinya yang telah berkecimpung di dunia jeprat jepret melalui perangkat yang ringkas selama bertahun-tahun pun dengan baik hati memberikan tips tersebut. Berikut tips yang diberikannya.

Sadari Diri Jika Kita Saat ini adalah Dokumenter Kehidupan

Ga Harus Mahal, Ini Tips Foto Keren Hanya dengan Smartphone Rp2 jutaan! Aries Lukman, Mobile Photographer (sumber: duniaku.net)[/caption]

Sebelum jauh-jauh membahas perangkat beserta fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan, terdapat tips utama yang wajib kita sadari untuk menghasilkan foto keren. Berdasarkan penuturan dari Aries, kita semua adalah dokumenter kehidupan.

“Kita adalah dokumenter kehidupan. Hanya melalui sebauh smartphone, kita dapat menceritakan setiap hal yang bersangkutan dengan kehidupan di sekitar kepada orang lain. Ini adalah hal yang harus kita sadari,” tutur Aries.

Menurutnya, dengan menyadari hal tersebut, maka kita dapat memiliki lebih banyak ide dalam mengambil sebuah gambar. “Ide akan terus mengalir saat kita telah menyadari bahwa kita sendiri adalah dokumenter kehidupan,” terangnya.

Sesuaikan Foto dengan Kisah yang Akan Kita Ceritakan

Ga Harus Mahal, Ini Tips Foto Keren Hanya dengan Smartphone Rp2 jutaan! sumber: duniaku.net[/caption]

Tips foto keren selanjutnya yang patut kita sadari adalah kisah yang akan kita sampaikan melalui foto. Pada setiap foto yang kita tampilkan, maka sebuah kisah akan diresapi oleh mereka yang melihatnya.

“Foto adalah sebuah kisah, yang mana akan memiliki cerita tersendiri yang akan diserap oleh mereka yang melihatnya. Maka dari itu, kita harus menyesuaikan kisah pada foto tersebut, sehingga ceritanya akan tersampaikan dengan baik,” terang Aries.

Aries pun memberikan contoh. “Contohnya saja, saat kita akan bercerita perihal pekerjaan, maka kita harus mengawalinya dengan foto perjalanan ke tempat kerja, objek-objek yang bersangkutan dengan pekerjaan kita. Selanjutnya, pada akhir kisah kita, kita bisa foto perjalanan pulang dari tempat kerja,” jelasnya.

Mengenal Perangkat yang Kita Gunakan

Ga Harus Mahal, Ini Tips Foto Keren Hanya dengan Smartphone Rp2 jutaan! sumber: duniaku.net[/caption]

Seperti judul pada artikel ini, kita tidak perlu membeli smartphone mahal untuk menghasilkan foto keren. Cukup dengan smartphone murah, kita dapat menghasilkan foto yang mampu menyampaikan kisah kita.

“Tidak perlu menggunakan smartphone mahal. Contohnya saja, Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang saya gunakan ini, telah dilengkapi dengan beragam hal yang mampu menghasilkan foto yang sesuai dengan keinginan saya,” terang Aries.

Menurut Aries, pada Redmi Note 6 Pro sudah terdapat banyak hal yang membuat kita bisa bikin foto keren. Salah satu contohnya adalah kehadiran lensa kamera ganda, yang salah satunya bisa menciptakan foto dengan efek bokeh.

“Pada Redmi Note 6 Pro, Xiaomi telah membekalinya dengan kamera ganda 12 MP dan 5 MP. Kamera utamanya telah dibekali dengan aperture f/1.9. Nah, kamera keduanya memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto bokeh,” kata Aries.

Dirinya melanjutkan, berkat kehadiran fitur bokeh juga, maka hasil foto akan lebih berwarna. “Maka dari itu kita harus mengenal perangkat kita secara mendalam,” ucapnya.

Manfaatkan Fitur Manual Semampu Kita

Ga Harus Mahal, Ini Tips Foto Keren Hanya dengan Smartphone Rp2 jutaan! sumber: duniaku.net[/caption]

Pada kebanyakan smartphone saat ini, fitur manual sudah dipastikan ada. Nah, salah satu perangkat yang telah dilengkapi dengan fitur tersebut adalah Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

“Pada Redmi Note 6 Pro sudah terdapat fitur manual. Terdapat empat hal yang bisa kita atur, yakni White Balance, Aperture, Speed, dan ISO. Keempat hal tersebut dapat kita manfaatkan semampu kita,” jelasnya.

Jika kamu merupakan pengguna yang asing dan merasa sulit mempelajari pengaturan keempat hal tersebut, menurut Aries, kita cukup mengatur Speed dan ISO untuk menghasilkan foto yang tepat, seperti apa yang dilakukannya.

“Saya pribadi, hanya menggunakan fitur Speed dan ISO. Saat kita telah menguasainya, maka hasil foto bisa dipastikan sesuai dengan apa yang hendak kita sampaikan,” jelasnya.

Maanfaatkan pula Fitur Editing

Ga Harus Mahal, Ini Tips Foto Keren Hanya dengan Smartphone Rp2 jutaan! Ullie, Content Creator (sumber: duniaku.net)[/caption]

Walau banyak smartphone yang dibekali dengan fitur manual, namun tidak banyak yang dibekali juga dengan fitur editing yang mampu menciptakan foto keren. Namun, pada Redmi Note 6 Pro telah tersemat fitur tersebut, seperti yang diakui oleh Ullie, seorang Content Creator yang turut diundang oleh Xiaomi.

“Saat dirasa hasil foto kita kurang sempurna, maka langkah terakhir yang akan kita adalah mengedit foto yang telah ditangkap. Namun, tidak semua smartphone dibekali fitur tersebut, berungtung Redmi Note 6 Pro telah memiliki fitur editing,” jelas Ullie.

Pada fitur editing Redmi Note 6 Pro, kita dapat membuat foto keren. Kita bisa memanfaatkan Filter yang berjumlah cukup banyak. Selain itu, foto bokeh yang dihasilkan pun dapat disempurnakan kembali dengan fitur editing.

Redmi Note 6 Pro sendiri merupakan line up Redmi Note terbaru dari Xiaomi. Perangkat itu dibekali dengan chipset Snapdragon 636. Perangkat tersebut tidak hanya dibekali dengan kamera ganda di belakang, tapi juga kamera ganda di depan.

[gallery ids="416937,416935,416936,416930"]

Dan, Redmi Note 6 Pro yang dijual mulai dari Rp2,899 juta tersebut menjadi perangkat Redmi pertama yang dibekali dengan empat kamera sekaligus. Tertarik untuk memilikinya?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU