Orcbolg! Ini Dia 5 Tips Jitu Berburu Goblin Ala Goblin Slayer!

Kalau mau gampang sih tinggal panggil si Orcbolg aja langsung beres!

Orcbolg! Ini Dia 5 Tips Jitu Berburu Goblin Ala Goblin Slayer!

Sudah pernah baca atau nonton Goblin Slayer? Barangkali ini merupakan anime yang lumayan populer akhir-akhir ini. Ceritanya mirip seperti role playing game yang biasa kita mainkan di video game, tapi bedanya ini punya fokus cerita yang spesifik namun tetap menarik. Bukti bahwa Goblin Slayer itu menarik, kita sudah bisa melihat berbagai meme Goblin Slayer berkeliaran di internet.

Orcbolg! Ini Dia 5 Tips Jitu Berburu Goblin Ala Goblin Slayer!

sumber: goblin slayer wikia

Emang tentang apa sih animanga ini? Goblin Slayer merupakan anime yang mengisahkan seorang petualang yang berfokus membantai goblin. Ia ingin membunuh semua goblin karena ingin membalas dendam. Dulu, sekelompok goblin menyerang desanya dan membunuh semua penduduk, termasuk kakaknya yang dibunuh di depan matanya. Dia saja bisa selamat secara kebetulan. Ia harus bersembunyi, pura-pura mati, bahkan sempat melakukan perlawanan mati-matian.

Dendam pada goblin bikin dia “berguru” pada Burglar. Ia mendapat pelatihan bertarung dan bertahan hidup. Selesai melakukan latihan yang keras, ia berusaha menjadi petualang.

Uniknya, berbeda dengan petualang lain yang ingin menjadi terkenal dengan mengambil misi-misi berbahaya dan menaklukan monster-monster kuat, ia cuma mengambil misi terkait dengan membunuh goblin. Padahal gak ada petualang yang mau mengambil misi goblin yang recehan doang, palingan cuma petualang debutan yang mengambil misi ini.

Kelakuannya ini membuatnya dikucilkan dan dianggap aneh, namun ia justru bisa mendapat promosi menjadi petualang kelas silver hanya dari mengambil misi membunuh goblin. Ia bisa punya modal lumayan karena biasanya dia ambil misi goblin ini secara solo, jadi ya rewardnya bisa dia ambil semuanya sendirian.

Keunikan inilah yang membuat Goblin Slayer terasa berbeda dengan animanga fantasi lainnya. Kita tidak disuguhkan petualangan orang terpilih dalam menyelamatkan dunia, namun hanya mengisahkan petualang – dan teman-temannya, dalam melakukan berbagai misi membunuh goblin. Kisah yang sangat terfokus bahkan dapat dibilang detil untuk sebuah genre fantasi yang spesifik.

Berdasarkan kisah animanga ini, apa saja ya tips jitu untuk membunuh goblin? Berikut adalah tips jitu membunuh goblin ala Orcbolg.

Orcbolg! Ini Dia 5 Tips Jitu Berburu Goblin Ala Goblin Slayer!

sumber: goblin slayer vol.1

Pake armor berat dan pedang raksasa mah percuma buat ngebunuh goblin. Orcbolg Cuma memakai perlengkapan yang perlu dan efektif. Ini pun diperoleh melalui perjalanan panjang berburu goblin selama lima tahun penuh darah dan doa.

Contoh saja nih, dia Cuma pakai light armor. Soalnya melawan goblin itu perlu banyak bergerak cuy. Palingan modal dikit chainmail dah biar kalo ketusuk dadakan masih bisa ketahan dikit. Pedang pendek atau pisau juga udah cukup buat misi goblin. Pedang kegedean susah dipakai di goa sempit tempat goblin bermarkas kan? Lagian pedang palingan lima kali pakai udah tumpul. Makanya Orcbolg gak ragu ngembat senjata goblin yang ia bunuh atau ditinggalin begitu aja.

Helm tuh penting, bahkan Orcbolg jarang ngelepasin helm dari kepalanya. Takutnya ia tau-tau kena gebok dadakan pas lagi lengah. Makanya jarang kita lihat Orcbolg ngelepasin helmnya – lah mukanya aja gak tau kayak apaan.

Perisai juga penting, tapi gak usah gede-gede juga. Orcbolg bahkan memakai perisai kecil yang menempel di tangannya. Jadi kedua tangannya bebas megang senjata atau memegang obor. Kadang-kadang perisainya juga bisa buat ngegebok goblin.

Andalannya adalah tas kecil di pinggangnya buat nyimpan berbagai item. Ia tidak pakai tas besar-besar, karena ia selalu membawa item yang perlu-perlu saja.

Yang terpenting, jangan membawa equpment yang bagus-bagus. Goblin itu bodoh, tapi tidak tolol. Kalo kamu mati, ntar equpment kamu bisa diembat oleh goblin-goblin. Yang ada malah gobllinnya jadi tambah kuat dah.

Orcbolg! Ini Dia 5 Tips Jitu Berburu Goblin Ala Goblin Slayer!

sumber: goblin slayer vol.2

Goblin biasanya jumlahnya banyak cuy, makanya kalo kamu kudu ajak temen buat hunting goblin. Tapi kalau kamu wong solo atau suka jalanin misi sendirian, maka kamu kudu pintar bikin jebakan.

Orcbolg termasuk orang yang santun waktu bikin jebakan. Karena dia gak menuntut orang desa bayarin biaya jebakan yang ia buat. Justru ia bayarin sendiri jebakan-jebakannya seperti saat membuat pagar kayu tajam, parit yang dalam, dan lainnya.

Orcbolg gak banyak mikir waktu bikin jebakan. Goblin bersembunyi di pohon keramat? Bakar pohonnya sekalian saja. 50 goblin terlihat di ruangan kastil, hajar langsung? Jangan! Gunakan sihir penidur dan bunuh mereka satu persatu dalam lelapnya. Ada gua kecil yang konon menjadi markas goblin? Lempar granat asap berbahan sulfur, sundut api untuk membakar mereka hidup-hidup. Markas goblin dekat sungai? Belokkan aliran sungai dan tenggelamkan hidup-hidup!

Orcbolg memang gak mikirin akibat dari jebakannya, makanya tidak aneh misinya berakhir dengan hancur lebur. Tapi sejak ia memiliki kelompok petualang, ia lebih mendengarkan teman-temannya agar tidak gegabah dalam membuat jebakan.

Orcbolg! Ini Dia 5 Tips Jitu Berburu Goblin Ala Goblin Slayer!

sumber: goblin slayer vol.3

Dunia Goblin Slayer memang dunia fiksi fantasi. Salah satunya adalah dengan keberadaan sihir. Namun bukan berarti kita bisa seenaknya pakai sihir terus-terusan, karena kemampuan orang melakukan sihir dalam sehari atau dalam sekali misi sangat terbatas.

Orcbolg saat ini memiliki tiga rekan yang bisa sihir: Priestess, Dwarf Shaman, dam Lizard Priest. Namun Orcbolg sendiri yang terkadang mengatur penggunaan sihir yang mereka bisa.

Hal yang unik adalah Orcbolg memanfaatkan sihir di luar kodratnya. Spell protect, yang biasanya digunakan untuk menahan serangan? Gunakan dua protect sekaligus dan jepit lawanmu hingga mejret. Bisa Holy Light? Sasarkan spell itu ke ekor aligator raksasa, dan goblin akan mengiranya itu adalah kumpulan manusia.

Wawasan Orcbolg terhadap goblin dan dunia sekitarnya begitu luas, sehingga ia lihai memanfaatkannya dengan jitu. Bahkan sihir perlindungan pun bisa ia manfaatkan untuk menyerang lawan.

Orcbolg! Ini Dia 5 Tips Jitu Berburu Goblin Ala Goblin Slayer!

sumber: goblin slayer vol.4

Salah satu sihir kuat di dunia Goblin Slayer adalah teleportasi. Hingga kini, setidaknya ada magic scroll dan gate mirror untuk portal berpindah tempat. Dalam misi, barangkali teleportasi bagus buat rencana darurat misalnya buat kabur, iya kan?

Tapi tidak buat Orcbolg.

Lagi-lagi, ia memanfaatkan teleportasi untuk menyerang lawan. Ia menggunakan magic scroll untuk melakukan teleportasi, dari dasar laut. Laut dalam tentunya punya tekanan yang tinggi kan? Nah tekanan air yang keluar dari magic scroll berhasil membunuh ogre.

Sedangkan gate mirror yang sangat berharga, ia gunakan untuk menghalau reruntuhan. Ia bahkan membuang gate mirror ini padahal bisa dijual sangat mahal! Ia membuangnya karena ia tahu gate mirror ini digunakan goblin untuk datang dari dimensi asal mereka.

Orcbolg! Ini Dia 5 Tips Jitu Berburu Goblin Ala Goblin Slayer!

sumber: goblin slayer light novel vol.8

Orcbolg mungkin sekarang terlihat sebagai orang yang ahli dalam berburu goblin. Namun ia bisa mencapai tahap ini dari perjalanan panjang darah dan doanya. Ia belajar bagaimana kelakuan goblin, kecerdasannya, hingga hierarkinya agar bisa menghadapi berbagai macam misi.

Beberapa hal yang patut diketahui mengenai goblin adalah sebagai berikut:

  • Mereka bodoh tapi tidak tolol. Goblin yang selamat dari serangan justru akan berkembang semakin baik. Mereka bisa belajar dari lawannya, menggunakan berbagai perlengkapan dan senjata dari lawannya. Bahkan Goblin Shaman bisa melakukan sihir!
  • Mereka biasanya hidup di dalam goa, namun ada juga yang nomaden yang biasanya disebut sebagai wanderer. Mereka bisa memanfaatkan benteng, gorong-gorong bawah tanah, kuil, sebagai markas baru mereka.
  • Goblin biasa mengincar desa yang lemah. Kebiasaanya adalah menyerang setelah festival berlangsung. Ini karena mereka menganggap saat festival telah berlangsung, desa itu akan memiliki stok makanan dan kebutuhan lain yang telah tercukupi untuk bisa dirampas
  • Goblin semuanya cowok, makanya mereka mengincar cewek dari ras lain untuk ber-skidipapap sawadikap dan berkembang biak.
  • Penciuman goblin cukup bagus. Ini membuat Orcbolg menyarankan teman wanitanya melumuri tubuh mereka dengan darah goblin agar mereka tidak terendus para goblin. Tapi tenang saja, kalo udah sering bakalan terbiasa kok.
  • Goblin punya penglihatan cukup bagus saat gelap. Dan malam bagi mereka adalah waktu "pagi". Ini yang membuat Orcbolg biasa berburu goblin saat pagi, dimana mereka justru sedang tidak waspada. Dan ia juga tahu bahwa goblin akan menyerang saat malam, karena itu saatnya mereka lagi segar-segarnya.
  • Goblin punya hierarki. Mereka perlu pemimpin, juga jawara dalam pasukannya. Beberapa goblin yang merupakan jawara adalah hobgoblin, goblin shaman, goblin rider, goblin champion, goblin lord, dan goblin paladin.

Bagaimana menurut kamu mengenai tips berburu goblin ala Goblin Slayer? Yuk kita share, tag, dan beri komentar kamu di sini!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU