Teori: Benarkah?! Ini Dia Spekulasi Kekuatan Awakening Zoan!!

Apakah benar para Mino di Impel Down itu sudah Awakening Zoan?

Konsep Buah Iblis Awakening belum lama ini dikenalkan oleh Donquixote Doflamingo, pengguna Buah Iblis Ito Ito. Meski begitu, Luffy sudah pernah melihat Awakening sebelumnya di Impel Down digunakan oleh para sipir penjaranya. Tapi aneh bagi penulis kalau kekuatan Awakening malah membuat penggunanya jadi seperti kehilangan akal sehat. Jadi sebenarnya seperti apa kekuatan Buah Iblis Awakening Zoan? Berikut ulasannya!

Sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita ulas sedikit ciri-ciri Buah Iblis Awakening Zoan yang diutarakan oleh Crocodile. Crocodile menyebutkan bahwa jenis Buah Iblis Awakening Zoan yang mereka lihat di Impel Down memberikan kekuatan, kecepatan, dan ketangguhan yang melebihi batas wajar termasuk kemampuan untuk sembuh lebih cepat bahkan ketika pingsan.

Kekuatan Awakening Zoan ini agak berbeda dengan konsep Awakening yang dikatakan oleh Doflamingo sebelumnya. Menurut Doflamingo, pengguna Awakening mampu memberikan efek Buah Iblis yang dimilikinya pada lingkungan sekitarnya. Untuk Doflamingo, sebagai pengguna Buah Iblis Ito Ito yang sudah Awakening dia juga mampu mengubah gedung di sekitarnya menjadi benang dan mengendalikannya.


CONTINUE READING BELOW

Ikut Tertangkap Kaido, Akankah Caribou Bocorkan Poseidon?!

Setelah tertangkap oleh Kaido, akankah Caribou bocorkan Poseidon dan segala rahasianya kepada Kaido? Bagaimana jadinya kalau Kaido tahu soal keberadaan Poseidon?


Lalu bagaimana sebenarnya kekuatan Awakening Zoan? Apakah pengguna Buah Iblis Awakening Zoan benar-benar akan kehilangan akal sehatnya seperti para Sipir Penjara Impel Down?

Mari kita lihat dulu pengguna Buah Iblis Zoan yang menurut penulis bisa dijadikan patokan. Dalam dunia One Piece, ada tiga pengguna Buah Iblis Zoan yang menurut penulis bisa dikatakan unik selain yang sudah dikonfirmasi sebagai pengguna Buah Iblis Awakening Zoan. Tiga pengguna Buah Iblis Zoan ini adalah Chopper, Marco, dan Lafitte. Ketiganya mampu memanipulasi perubahan tubuh Zoan mereka hingga melebihi perubahan yang wajar dimiliki oleh pengguna Buah Iblis Zoan.


CONTINUE READING BELOW

Waduh! Apakah Mihawk Mengetahui Shichibukai Akan Dibubarkan?!

Mihawk mengatakan kalau Perona lebih baik pergi karena ada topik menarik yang dibahas di Reverie. Kira-kira apa topik menarik Reverie yang dimaksud oleh Mihawk, ya? Ini dia ulasannya!


Chopper memiliki tujuh wujud perubahan dengan menggunakan bantuan Rumble Ball dan memiliki tambahan satu monster point ketika menelan tiga butir Rumble Ball dalam waktu yang berdekatan. Setelah time skip Chopper bahkan bisa berubah menjadi enam wujud yang berbeda tanpa bantuan Rumble Ball, artinya perubahan Zoan sebenarnya tidak terbatas pada tiga wujud saja melainkan bisa bertambah jika penggunanya mampu mengendalikan kekuatan Buah Iblis Zoan.

awakening zoan

Sumber: Anime One Piece

Bagaimana dengan Marco dan Lafitte?

Sejauh ini hanya Marco dan Lafitte pengguna Buah Iblis Zoan yang ditunjukkan mampu mengubah hanya sebagian tubuhnya menjadi wujud Zoan. Marco diperlihatkan mampu mengubah tangan dan kakinya menjadi sayap dan cakar Phoenix tanpa ada perubahan pada bagian tubuh yang lain. Marco juga tidak terlihat berada dalam mode gabungan Zoan karena kepala Marco masih berwujud kepala aslinya sebagai manusia.

Hal ini juga dilakukan oleh Lafitte ketika ia bersama kru Blackbeard lainnya muncul di depan gerbang Impel Down. Lafitte diperlihatkan memiliki sepasang sayap yang menggantikan kedua lengannya. Perubahan Lafitte ini serupa dengan perubahan wujud Marco ketika Peperangan di Marineford, artinya kemungkinan kedua orang ini adalah pengguna Zoan yang mampu mengatur bagian mana dari tubuhnya yang ingin diubah menjadi wujud Zoan mereka.


CONTINUE READING BELOW

Kira-Kira Zoan Apa?! Ini Dia Spekulasi Buah Iblis King di One Piece!!

Jack saja tampak ketakutan di hadapan King dan Queen, jadi kira-kira sekuat apa mereka berdua? Kira-kira apa kekuatan mereka? Salah satunya akan dibahas dalam spekulasi Buah Iblis King di sini!


Untuk seorang Komandan Divisi Pertama Bajak Laut Shirohige, tak aneh jika seorang Marco memiliki kemampuan yang melebihi kebanyakan pengguna Buah Iblis Zoan lainnya. Bukan tidak mungkin sebenarnya kekuatan Zoan milik Marco bahkan telah mencapai tahap Awakening, hanya saja ia tidak memiliki kesempatan untuk memperlihatkannya pada Peperangan di Marineford.

Kalau berasumsi kekuatan Buah Iblis Zoan milik Marco sudah mendekati level Awakening atau bahkan mungkin sudah mencapai level Awakening itu sendiri, penulis menyimpulkan ada tiga tahapan yang perlu dilalui bagi pengguna Buah Iblis Zoan untuk sampai ke level kekuatan Awakening Zoan. Kesimpulan ini juga penulis dapatkan dari fakta bahwa Monster Point Chopper memiliki kemiripan dengan para Sipir Penjara Impel Down yang dikatakan telah memasuki tahap Awakening Zoan.

awakening zoan

Sumber: dokumentasi duniaku.net

Tahapan awal bisa kita lihat pada Chopper. Meski awalnya memerlukan Rumble Ball, Chopper bisa mengakses lebih dari tiga wujud perubahan yang normalnya dimiliki setiap pengguna Buah Iblis Zoan. Sejak Chopper juga bisa berubah menjadi enam macam wujud perubahan, penulis jadi makin yakin kalau pengguna Zoan punya potensi untuk berubah melebihi tiga wujud saja.

Memang pada dasarnya perubahan wujud Zoan yang biasa saja memerlukan latihan seperti yang ditunjukkan oleh Kaku ketika ia tidak bisa mengendalikan perubahannya saat pertama kali memakan Buah Iblis Ushi Ushi, Model: Jerapah. Jadi dengan latihan yang cukup, mungkin semua pengguna Zoan akan mampu memiliki kekuatan untuk berubah menjadi berbagai wujud perubahan seperti halnya Chopper.


CONTINUE READING BELOW

Prediksi One Piece 926: Spekulasi Anggota Tim Penyelamat Luffy!!

Luffy dijadikan tawanan oleh Kaido! Kira-kira siapa saja yang akan menyelamatkannya? Temukan jawabannya dalam prediksi One Piece 926!


Tahap kedua kemungkinan ada hubungannya dengan perubahan sebagian milik Marco dan Lafitte. Jika Chopper hanya bisa terpaku pada enam wujud perubahan, maka level yang berikutnya bisa dicapai adalah pengendalian penuh bagian tubuh mana yang ingin diubah. Bahkan jika melihat dari wujud Horn Point milik Chopper, bagian tubuh dari wujud asli yang bukan didapat dari kekuatan Buah Iblis Zoan pun bisa diperkuat.

Nah, lalu apa tahap yang terakhir?

Kalau melihat kemiripan wujud Monster Point yang dimiliki oleh Chopper dan para Sipir Penjara Impel Down, ada kemungkinan Chopper sebenarnya juga telah mencapai wujud Awakening Zoan. Untuk detilnya bisa dibaca di artikel Monster Point Chopper kenapa penulis berpendapat Chopper sudah Awakening Zoan.


CONTINUE READING BELOW

Menguak Misteri Chopper! Apa Monster Point Chopper Sudah Awakening?

Belum lama ini kita telah diperkenalkan konsep Awakening Buah Iblis. Lalu apakah Monster Point Chopper bisa disebut Awakening juga? Berikut ulasannya!


Jika melihat persamaan keduanya, kemungkinan wujud Awakening Zoan adalah ketika penggunanya mampu memanipulasi perubahannya sedemikan rupa hingga ia bisa menggabungkan seluruh kekuatan perubahan yang dimiliki. Hal ini bisa membuat pengguna Awakening Zoan menjadi berwujud seperti monster. Wujud ini juga menggabungkan daya tahan tubuh, kekuatan, dan ketangguhan yang dimiliki sehingga seperti apa yang dibilang Crocodile, Awakening Zoan memiliki daya hidup yang lebih tinggi daripada manusia normal.

Coba ingat bagaimana kesadaran para Sipir Penjara Impel Down yang tampaknya tidak lebih dari binatang buas biasa dan wujud Monster Point Chopper yang tidak bisa dikendalikan, ada kemungkinan Sipir Penjara Impel Down juga mencapai Awakening Zoan dengan bantuan obat. Ingat, Zoan adalah jenis Buah Iblis yang paling banyak diuji coba oleh Vegapunk jadi bukan hal yang aneh kalau mereka juga bisa memaksakan mode Awakening pada penggunanya dengan obat seperti yang dilakukan Chopper.


CONTINUE READING BELOW

Teori: Haki Juga Bisa Awakening! Inilah Kekuatan Haki Level Dua!!

Kalau memperhatikan pertarungan Luffy selama ini, ada kemungkinan Haki bisa diasah lebih lanjut sampai mencapai level dua. Seperti apa kekuatan Haki level dua?!


Jadi menurut penulis, tahapan terakhir bagi pengguna Zoan untuk bisa mencapai tahap Awakening Zoan adalah berubah menjadi “Monster Point” tanpa bantuan obat apapun dan masih bisa mengendalikan pikirannya. Bagaimana dengan Choppper? Ketika Franky berada di tubuh Chopper, dia tampak tidak bisa mengendalikan wujud Monster Point. Artinya, kemampuan mengendalikan Monster Point berasal dari latihan Chopper sendiri meski ia belum bisa mencapai wujud itu tanpa bantuan Rumble Ball.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kira-kira nantinya Chopper akan bisa mencapai Monster Point tanpa Rumble Ball dan menjadi pengguna Awakening Zoan mendahului Luffy? Jangan lupa berikan pendapat kalian di kolom komentar, ya!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Fudo

Saya bukan Fudo, tapi panggil saya Fudo. Penikmat tokusatsu, terutama Kamen Rider dan Super Sentai. Pria nomaden yang bertualang di luar keinginan sendiri. Bercita-cita untuk menguasai dunia.