Bukan Sembarang Ninja! Ini 5 Fakta Hattori Hanzo!

Yang pasti bukan Ninja Hattori yang menjaga anak-anak bermain di taman.

Hattori Hanzo ada di mana-mana. Tidak hanya di film Jepang, anime, manga, maupun gim, nama Hattori Hanzo juga terkenal di film Hollywood seperti nama ‘Sasuke’ dalam dunia perninjaan!

Dikenal sebagai salah satu dari agen setia Tokugawa Ieyasu, Hattori Hanzo juga merupakan tokoh penting dalam sejarah perang saudara di Jepang, di masa di mana penguasa seperti Oda Nobunaga, Takeda Shingen, Uesugi Kenshin, sampai Date Masamune juga hadir.

Maka dari itu, apa sajakah fakta Hattori Hanzo di dalam dunia ninja Jepang yang penuh dengan misteri maupun intrik ini? Simak kelima fakta tersebut di bawah ini!

1

Nama Aslinya Bukan Hattori Hanzo!

Sumber: Wikipedia

Lahir dengan nama Hattori Masanari, karir Hanzo diawali dari karirnya di balik layar antara peperangan Tokugawa menghadapi Daimyo Imagawa. Di dalam salah satu pertempurannya, ia menyelamatkan istri pertama dan anak Tokugawa Ieyasu selagi menjadi pasukan di balik bayangan itu. Mirip seperti para ninja, bukan?

Pertempuran pertamanya sendiri berlokasi di  Anegawa, saat usianya masih 16 tahun, dan dari sepak terjangnya ia pun bahkan diberi julukan oleh orang-orang di sekitarnya sebagai Oni no Hanzo, yang ketika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Hanzo sang Iblis!

2

Dia Juga PNS!

Sumber: Kill Bill, Dokumentasi duniaku.net

Seperti para pengikut Daimyo lainnya, Hattori Hanzo justru membantu mengurus urusan-urusan pemerintahan Tokugawa Ieyasu di balik layar. Tentu saja hal ini tidak lepas dari fakta bahwa Hanzo adalah salah satu orang paling dipercaya oleh Ieyasu untuk urusan-urusan politik maupun peperangan!

Salah satu hal yang membuat setiap orang menjadi pengabdi salah satu Daimyo adalah tentu saja arus uang mereka yang terjamin karena didanai langsung dari para Daimyo yang sedang saling bertikai tersebut dan sang penguasa merekrut langsung setiap dari wakilnya!

3

Jagonya Strategi Perang!

Sumber: Nioh, Kotaku

Ada banyak juga pencapaian Hattori Hanzo di medan perang, tidak hanya sebagai prajurit juga, namun juga sebagai seorang ahli strategi! Hanzo adalah salah satu ahli strategi perang paling dipercaya oleh Ieyasu, meskipun ia bukanlah orang sejenius Sima Yi!

Hanzo pernah menipu Takeda Shingen untuk pulang kembali dan menarik pasukannya ketika mereka sedang terdesak saat kabur ke Hamamatsu, dan mencarikan jalan selamat bagi Tokugawa Ieyasu melalui koneksi-koneksinya dalam dunia ninja ketika Akechi Mitsuhide baru saja membunuh Oda Nobunaga!

4

Senjatanya Bukan Pisau!

Sumber: Samurai Shodown, Dokumentasi duniaku.net

Meskipun ia handal dalam seni bela diri Ninjutsu klan Iga, Hattori Hanzo bukanlah pengguna pisau. Malah, karirnya justru dimulai sebagai seorang pasukan jalan kaki bagi klan Tokugawa, bukan?

Di seri game buatan Koei, Samurai Warriors pun, semakin lama desain baju Hanzo semakin menggambarkan masa lalunya sebagai seorang pengguna tombak dan pasukan jalan kaki yang menyerbu di lini depan, meskipun di samping itu ia juga tidak sedikit kebagian misi-misi spionase era Sengoku!

5

Kematiannya Penuh Misteri!

Sumber: Kurozumi (flickr)

Seperti banyak sekali legenda, Hattori Hanzo selalu diselimuti dengan misteri. Dengan karirnya yang gemilang, mengherankan rasanya kalau tidak ada orang di sejarah yang tidak tahu bagaimana ia wafat pada masa peperangan antar Daimyo tersebut.


CONTINUE READING BELOW

Dari yang Rusuh Sampai Seram, Inilah 15 Gim Bertema Ninja!

Gim bertema ninja ini tidak melulu pamer keren-kerenan di depan mata. Mereka juga menuntutmu untuk jago bersembunyi dari musuh-musuhnya!


Sebagian mengatakan kapalnya terbakar akibat bertempur dengan Fuuma Kotaro, ada pula yang mengatakan ia meninggal karena penyakit sebelum Tokugawa menguasai Jepang. Tapi gerbang Hanzo yang nyata didirikan di lokasi di mana Hanzo dikuburkan.

Dengan berbagai macam legenda Hanzo ini, yang manakah yang kamu kenal betul? Bagikan pendapatmu tentang legenda yang satu ini di kolom komentar!

 

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.