Kerja Bagaikan Kuda! Ini Fakta Jam Kerja Eiichiro Oda

Apakah selama ini Oda menggunakan pesugihan?

Oda Eiichiro adalah bintang Weekly Shonen Jump. Karyanya, One Piece sudah menjadi manga paling laku di dunia. Tapi demi menjadi laku di dunia, apakah ia menjual jiwanya ke iblis? Apakah Oda pakai pesugihan? Tidak, karena jam kerja Eiichiro Oda bakal bikin kamu maklum!

Sebagai komik mingguan, One Piece punya tenggat waktu gila yang harus diikuti supaya ceritanya terus tayang di majalah tersebut, belum lagi memikirkan bagaimana menciptakan cerita yang bagus. One Piece sudah berjalan selama lebih dari 20 tahun berselang. Coba pikirkan dalam-dalam.

Selama tahun-tahun itu pula, perjalanan Monkey D. Luffy terus menciptakan musuh baru, teman baru, dan situasi baru yang tidak terduga sampai episode terbarunya ini. Melalui Naruto yang sudah pindah era menjadi Boruto, Kishimoto meninggalkan ceritanya, dan bahkan tamatnya Bleach, serial ini terus penuh kejutan!

One Piece juga adalah salah satu dari tonggak utama majalah Weekly Shonen Jump, dan tidak heran rasanya untuk melihat sebabnya, Dalam era di mana Dragon Ball sudah mengalami perubahan dalam wujud Super dan Heroes, One Piece tetap berjalan di dalam lini waktu utamanya!

Gaya gambar Oda juga sampai-sampai jelas berbeda dari awal kemunculannya, sehingga 20 tahun tersebut jelas memberikan perkembangan yang sangat berarti baik dalam kepopuleran maupun kualitas komik One Piece sendiri.


CONTINUE READING BELOW

Bingung Pilih Tontonan? Jangan Khawatir! Ini 8 Rekomendasi Film Pekan Sinema Jepang 2018!

Bingung cari film Jepang keren dan anime yang menarik? Baca kompilasi rekomendasi film di Pekan Sinema Jepang 2018 versi kita!


Jadi, bagaimana jam kerja Eiichiro Oda? Dilansir dari soranews, Oda mengungkapkan di sebuah artikel majalah kalau kehidupan sehari-hari “biasa”-nya dirangkum seperti ini:

  • Bangun jam 5 pagi dan mulai kerja
  • Sesekali break sebentar untuk makan siang dan makan malam
  • Masih kerja
  • Tidur jam 2 pagi

Luar biasa gila, bukan? Kalau ini adalah jadwal ‘biasa’-nya, dalam artian jadwal sehari-hari yang ia lakukan selama setahun, tidak terbayangkan rasanya bagaimana jadwalnya di waktu-waktu sibuk.

Lantas, bagaimana dengan jadwal mingguannya? Isinya seperti ini:

  • Senin-Rabu: Rencana layout dan dialog tokoh-tokohnya
  • Kamis-Sabtu: Gambar dan penintaan (bukan penistaan)
  • Minggu: Pewarnaan dan kerjaan lainnya.

Apakah menurutmu jam kerja Eiichiro Oda itu sangat tidak manusiawi? Bagikan pendapatmu tentang jam kerja Oda yang gila di dalam kolom komentar!

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.