Apakah Orm Menjadi Musuh di Film DC dengan Tujuan Terjelas Sampai Sekarang?

Ironisnya, DC komik langganan membuat karakter penjahat keren, tapi di filmnya, belum ada sepertinya. Apakah Orm layak?

Agak membingungkan memang. Komik DC, memiliki karakter musuh atau villain yang jauh lebih keren dibandingkan jagoannya, namun di DCEU atau film DC, sejauh ini hampir semua musuhnya terasa buruk. Lalu, apakah Orm musuh film DC terbaik?

Langsung saja ke intinya, sebenarnya menurut saya pribadi, film Aquaman terbilang sukses menggambarkan sosok karakter penjahat disini.

Mungkin akan sedikit spoiler, namun tak terlalu banyak.

sumber: duniaku.net

Orm adalah karakter penjahat utama di film Aquaman. Orm adalah adik tiri dari Arthur, dan juga raja Atlantis saat film dimulai.

Lalu kenapa tujuan Orm terasa jelas sebagai musuh dari seluruh film DC sampai saat ini?

Coba kita ingat musuh-musuh sebelumnya seperti Zod. Tujuannya memang jelas, namun terasa klise, seperti menguasai planet, atau menghancurkan planet.

Lalu apakah ini menjadikan Orm musuh film DC terbaik karena tujuannya tidak klise? Oh bukan, Orm juga tujuannya klise, namun James Wan cukup cantik membawakannya.

sumber: duniaku.net

Langsung kita lompat ke bagian alasannya. Alasan kenapa Orm memiliki alasan yang jelas sebagai musuh utama ada dua.

Pertama, karena dia benci dengan manusia daratan. Orm sangat sayang dengan ibunya, namun sang ibu harus dieksekusi karena mencintai manusia daratan dan melahirkan anak darinya, sehingga itu dianggap pelanggaran. Saat itu Orm masih kecil, meskipun tidak diperlihatkan, namun sudah bisa dipastikan bahwa kejadian ini mempengaruhi Orm, ditambah pengaruh ayahnya yang haus kekuasaan.

Alasan kedua benar-benar bisa diterima, yaitu polusi laut yang diciptakan oleh manusia daratan, bagaimana mereka mengirim sampah plastik dan limbah pabrik, berakhir di laut.

Dengan alasan ini, dia ingin berperang dengan manusia daratan dan tentunya mendapatkan simpati dari warga Atlantis karena mereka juga merasakan alasan yang kedua, jelas ini sebuah tujuan penjahat yang bisa dibilang jelas.


CONTINUE READING BELOW

James Wan Berkata Belum Ada Kesepakatan untuk Aquaman 2, Apakah Berlanjut?

Ketika diwawancara, sutradara Aquaman yang juga pernah menggarap The Conjuring ini mengatakan bahwa belum ada pembicaraan untuk Aquaman 2. Apakah berlanjut? Simak di sini!


Mengerti kan? Sekarang coba kita lihat, seandainya manusia tidak mengirimkan sampah ke laut, mungkin Orm hanya ingin menguasai Atlantis saja, tidak berperang dengan mereka.

Coba kita bandingkan dengan penjahat lainnya di DCEU, Steppenwolf misal, dia tipe klise yang tak memiliki tujuan jelas selain “kehancuran dunia”, lalu Lex Luthor di Batman V Superman, tak perlu dijelaskan mungkin sebagian dari kamu lupa dengan tujuannya.

Mungkin hanya Zod dan Amanda Waller dari Suicide Squad yang berada tepat di bawah Orm. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.