Mengalahkan Katakuri tapi Dihajar Kaido, Gimana Level Kekuatan Luffy Sekarang?

Sepertinya level kekuatan Luffy saat ini masih di kisaran komandan bajak laut Yonko, belum mencapai level para bos!

Luffy mungkin sudah dianggap Yonko Kelima oleh Morgans.

Namun dari segi kekuatan, Luffy masih harus melakukan sesuatu agar ia bisa mencapai level kekuatan Big Mom, Kaido, dan yang lain.

Berapa level kekuatan Luffy sekarang?

Setelah Whole Cake Island dan babak pertama Wano, saya rasa OPLovers sudah mendapat gambaran yang jelas.

Luffy sekarang berada di level seorang komandan Yonko. Setara dengan Katakuri, Jack, Cracker, dan mungkin King serta Queen.

Lihat saja apa yang terjadi dalam duel Luffy melawan Cracker dan Katakuri.

Dua Sweet Commander itu adalah petarung tangguh. Saya rasa, Katakuri bahkan bisa mengalahkan Jack dalam duel. (King dan Queen sih masih misteri).

Di awal pertarungan, baik Cracker maupun Katakuri mungkin lebih unggul dari Luffy. Namun mereka berdua tak mampu mengakhiri Luffy dengan cepat, sehingga Luffy bisa menemukan cara untuk mengalahkan masing-masing komandan itu.

Namun ada jarak yang besar antara kekuatan seorang komandan Yonko dan sang bos Yonko sendiri.

Katakuri bisa dilukai dan dikalahkan, namun lihat apa yang terjadi kepada Big Mom. Ia mungkin bisa dihentikan sementara berkat pukulan Jinbe serta sambaran petir Zeus (dikendalikan Nami), namun saat Whole Cake Island berakhir, ia masih segar bugar.

Saat Luffy mencoba melawan Big Mom di Whole Cake Island pun Luffy gagal melukai Yonko itu.

Berdasarkan situasi ini, kalau Luffy melawan Jack, Queen, dan King, ia kemungkinan besar akan menang. Terutama karena Kenbunshoku Haki-nya mungkin sudah meningkat gara-gara duel dengan Katakuri.

Namun kalau Luffy melawan Kaido dan Big Mom lagi, ia kemungkinan besar akan dikalahkan tanpa membuat kedua Yonko itu terkesan.


CONTINUE READING BELOW

Ini 4 Manfaat Tersembunyi Luffy Dipasangi Batu Laut di One Piece!

Lah, apa Kaido malah bikin Luffy jadi lebih kuat?! Ini nih spekulasi manfaat tersembunyi Luffy dipasangi Batu Laut! Bakal kejadian gak ya?


Gimana Luffy Bisa Lebih Kuat?

Solusi paling mudah sih adalah latihan tambahan dua tahun, seperti yang diberikan Rayleigh dua tahun lalu di dunia One Piece.

Namun Eiichiro Oda sudah menegaskan tidak akan ada timeskip lagi.

Sebelumnya saya sudah membahas kalau Luffy mungkin menjadi lebih kuat gara-gara dia dibuat kerja paksa sambil dipasangi borgol Batu Laut.

Ini rasanya kemungkinan yang valid. Terutama karena rasanya tidak ada cara lain bagi Luffy untuk jadi lebih kuat dalam waktu singkat.

Selain itu, seharusnya masih ada potensi Luffy menjadi lebih kuat berkat kekuatannya:

-Gear 5? Wujud Gear 4 baru? Hingga Whole Cake Island saja, Luffy tampaknya belum menunjukkan seluruh potensi Gear 4-nya. Di sana dia memunculkan dadakan Tank Man serta Snake Man.

-Yang paling mungkin selanjutnya adalah Awakening. Kalau ia bisa membuat dunia karet, seperti Katakuri membuat dunia mochi dan Doflamingo membuat dunia benang, ia mungkin menjadi lebih sulit dikalahkan.

Namun Doflamingo yang memiliki Awakening saja tahu kalau ia tidak bisa mengalahkan Kaido, sementara Katakuri yang punya Awakening mochi pun takluk oleh Luffy.

Awakening mungkin membuat Luffy lebih tangguh, namun teknik ini tidak akan membuatnya mendadak bisa mencapai level Yonko.


Jadi, begitulah situasi level kekuatan Luffy saat ini.

Menurut kamu, gimanakah level kekuatan Luffy bisa ditingkatkan? Apakah dengan kerja paksa saja? Atau ada cara lain?

Ataukah kamu berpendapat kalau memang level kekuatan Luffy sudah stuck, dan ia akan mengandalkan teman-temannya serta taktik untuk bisa lolos ke Raftel? Sampaikan di kolom komentar!

Jangan lupa like fan page Duniaku.net biar kamu gak ketinggalan kabar terbaru soal One Piece!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.