Review Master Z: Ip Man Legacy, Spin-off Langsung dari Ip Man 3

Menarik gan! Film ini menyorot tokoh Cheung Tin-Chi dari Ip Man 3!

Kalau kamu mengikuti kisah Ip Man tentu masih mengingat adegan akhir dalam film Ip Man 3. Cheung Tin-Chi (Zhang Jin) mengakui kekalahannya setelah bertarung melawan Ip Man (Donnie Yen) dan memilih meninggalkan Wing Chun untuk selamanya. Rupanya karakter Tin-Chi yang cukup kuat, akhirnya memberi kesempatan pada tokoh ini untuk memiliki kisahnya sendiri, melalui film spin-off, Master Z: The Ip Man Legacy.

Disutradarai oleh Yuen Woo-ping (Taichi Master, Drunken Master) yang sudah piawai menyutradarai sederet film action, film Master Z: The Ip Man Legacy hadir sebagai pengisi, sebelum munculnya film Ip Man 4.

Sudut Pandang Cheung Tin-Chi

Setelah mengakui kekalahannya dari Ip Man, Cheung Tin-Chi memilih untuk meninggalkan dunia bela diri dan memulai hidup baru dengan menjadi orang biasa. Tinggal bersama anak semata wayangnya, Fung, Tin-Chi berusaha menjalani kehidupan yang tenang dan jauh dari urusan perkelahian. Namun sebesar apapun usaha Tin-Chi menghindari perkelahian, nasib selalu mempertemukannya dengan masalah.

Saat membeli hadiah ulang tahun untuk anaknya, Tin-Chi harus terlibat perkelahian ketika menolong Nana (Chrissie Chau) dan Julia (Liu Yan) dari kejaran kelompok geng, yang dipimpin oleh Tso Sai Kit (Kevin Cheng).

Keputusan Tin-Chi berurusan dengan Kit ternyata berbuntut panjang. Kit yang merupakan petinggi organisasi kriminal Cheung Lok, merupakan sosok pendendam yang sadis. Alhasil, Kit melakukan balas dendam yang membuat Tin-Chi harus kehilangan rumahnya dan mempertahankan keluarganya sekali lagi.

Kit yang merasa selalu berada di bawah bayang-bayang sang kakak, Kwan (Michelle Yeoh), memilih untuk mendirikan bisnis sendiri dengan melakukan perdagangan opium secara diam-diam di lingkungan tempat Tin-Chi bekerja. Hingga akhirnya keduanya kembali terlibat perseteruan yang lebih besar, sekaligus membawa Tin-Chi bertemu orang di balik penjualan opium, Owen Davidson (Dave Bautista).

Penuh dengan Kungfu

Film Master Z: The Ip Man Legacy menggunakan formula yang mirip-mirip dengan Ip Man. Kamu akan berhadapan dengan sosok ahli bela diri yang berusaha bangkit dari kekalahan dan trauma di masa lalunya.

Untunglah Sosok Tin-Chi dihadirkan sebagai karakter yang sangat berbeda dengan Ip Man. Ketimbang digambarkan sebagai penuh wibawa, Tin-Chin diperlihatkan memiliki sifat yang keras kepala dan sombong. Tapi sebenarnya hal ini timbul karena Tin-Chin merupakan seorang guru yang sangat disiplin dalam mendidik murid dan anaknya.

Master Z: Ip Man Legacy menghadirkan berbagai pertarungan yang dipenuhi dengan adegan wires yang sangat rapi. Bahkan dalam perkelahian di awal film, kamu akan menemukan sebuah adegan yang sangat surreal. Tin-Chi diperlihatkan berkelahi di atas billboard toko yang menyala-nyala di malam hari, layaknya ahli kungfu yang memiliki ilmu meringankan tubuh.

Kehadiran Dave Bautista dan Tony Jaa, juga menambahkan daya pikat tersendiri ketika sedang berkelahi dengan Tin-Chi. Bautista yang memiliki power sangat besar, sangat sulit untuk dibuat berlutut di atas tanah. Sementara Tony Jaa yang memerankan Sadi, digambarkan sebagai petarung jarak dekat yang memiliki daya rusak luar biasa.

Selain kehadiran kedua pemain di atas, Michelle Yeoh juga jadi hal yang ditunggu-tunggu. Aktris asal Malaysia yang terbiasa melakoni adegan berbahaya tanpa stuntman ini tampil begitu meyakinkan saat melakukan adegan perkelahian yang melibatkan senjata maupun tangan kosong.

Satu-satunya kelemahan film Master Z: Ip Man Legacy muncul dari dialog Dave Bautista. Kami tidak tahu apa yang di kepala penulis dialog film ini hingga karakter Owen terlihat sangat cheesy, terutama ketika berdialog dalam bahasa Inggris. Selain itu proses cut dan transisi yang diterapakan untuk karakter Owen ketika sedang berkelahi juga sangat mengganggu, apalagi bila dibandingkan dengan adegan perkelahian yang dilakukan oleh aktor lainnya.

Kesimpulan Akhir

Master Z: Ip Man Legacy adalah sebuah spin-off yang wajib kamu tonton kalau kamu mengikuti film Ip Man. Sosok Tin-Chin begitu berbeda dengan Ip Man menjadikan film ini memiliki nuansa yang berlainan untuk urusan perkembangan karakternya. Secara garis besar Master Z: Ip Man Legacy adalah film kungfu yang sangat komplit.

Master Z: Ip Man Legacy kami ganjar dengan nilai 3,5 dari 5 bintang. Film ini bakal tayang di bulan Januari 2019.


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS