5 Rekomendasi Gim Indonesia Terbaru Januari 2019

Mulai dari Pamali hingga gim baru dari kreator Tahu Bulat ada di sini. Sudah pada cobain belum?

Selamat tahun baru!

Dari tahun ke tahun, semakin banyak gim Indonesia yang dirilis di pasaran. Kualitasnya pun setiap tahun juga meningkat, bahkan sudah ada beberapa game yang mulai mencicipi rilis di PS4 dan Nintendo Switch lho!

Bagi kamu yang ingin tahu banyak mengenai gim-gim Indonesia yang dirilis dalam sebulan ke belakang jangan khawatir. Mulai awal Januari 2019 ini, Duniaku akan memberikan beberapa judul rekomendasi gim Indonesia terbaru untukmu, baik gim mobile, PC ataupun konsol.

Pamali: Indonesian Folklore Horror (StoryTale Studios)

Rekomendasi pertama tentu saja gim horor Pamali buatan developer asal Bandung, StoryTale Studios ini. Pamali sendiri disiapkan akan terdiri dari empat episode terpisah, dimana episode pertamanya, Folklore One: The White Lady sudah dirilis akhir Desember 2018 kemarin.

Dalam episode pertama ini, kamu akan sebagai seorang anak bernama Jaka. Dikisahkan dia kembali ke kampung halamannya untuk menjual rumah tua yang dimiliki keluarganya.

Namun saat membereskan rumah, Jaka menemukan banyak hal-hal aneh di rumah tersebut. Ternyata, selama ini keluarganya menyimpan banyak rahasia misterius yang tidak dia ketahui. Apa ya kira-kira rahasianya?

Kamu bisa membeli gim ini dengan harga kira-kira Rp45 ribu per episode-nya. Atau, kamu juga bisa membeli bundel untuk mendapatkan akses semua episodenya saat dirilis nanti dengan harga Rp146 ribu. Rencananya, tiga episode selanjutnya akan dirilis secara berkelanjutan di tahun 2019 ini.

Unduh Pamali: Indonesian Folklore Horror: PC (Steam)

Ginger Brat Chase (Own Games)

game indonesia terbaru januari 2019

Siapa yang tidak kenal dengan Own Games? Developer asal Bandung ini mungkin kamu kenal dengan beberapa gim mobile ringan mereka, seperti serial Tahu Bulat dan juga Own Coffee Shop. Nah, di penghujung tahun 2018 kemarin, mereka merilis satu gim mobile lagi berjudul Ginger Brat Chase!

Dalam gim ini, kamu akan berperan sebagai roti jahe yang harus mengumpulkan biji-biji kopi. Kamu harus memandunya menghindari rintangan-rintangan yang ada agar kamu tidak tertangkap oleh rubah yang terus mengejarmu!

Gim ini menawarkan gameplay endless runner yang cukup unik. Awalnya kamu akan bergerak dari kiri ke kanan. Namun tiba-tiba, sang rubah akan lompat ke depanmu, sehingga kamu akan berbalik lari dari kanan ke kiri!

Selama berlari, selain mengumpulkan biji-biji kopi standar, kamu juga bisa mengumpulkan biji kopi mentah spesial yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan karakter baru atau mengkustomisasi karakter yang sudah ada.

Unduh Ginger Brat Chase: Android (Google Play Store)

Juru Parkir: Indonesia Culture Game (Black Fox Studio)

Siapa bilang menjadi juru parkir itu mudah? Kenyataannya, ada banyak hal yang harus diperhatikan seorang juru parkir saat akan membantu orang-orang mencari tempat untuk meletakkan kendaraannya. Nah, hal itulah yang diangkat oleh studio baru, Black Fox Studio dalam game Juru Parkir: Indonesia Culture Game ini.

Dalam Juru Parkir, ketepatan dan ketangkasan tanganmu akan diuji untuk membantu mobil-mobil mendapatkan tempat parkir. Jangan terlalu lama membiarkan mobil-mobil itu mencari, karena mereka akan kesal dan kamu tidak bisa mendapatkan tip.

Jika kamu tepat waktu memberi mereka tempat parkir (dan juga di tempat yang tepat), maka kamu akan mendapatkan ucapan terima kasih dan juga tip. Satu hal yang unik, gim ini berlatar di beberapa kota Indonesia dan memunculkan ciri khas masing-masing kota tersebut.

Oiya, pengisi suaranya juga unik dan lucu lho!

Unduh Juru Parkir: Android (Google Play Store) 

Onet Asli x Tahilalats (Agate)

Bagaimana jadinya jika salah satu judul komik terkenal berkolaborasi dengan studio game papan atas Indonesia? Onet Asli x Tahilalats ini mungkin bisa jadi salah satu jawabannya. Gim ini merupakan hasil kerja sama antara Agate dengan Tahilalats, judul webcomic yang cukup populer baik di media sosial maupun di beberapa platform.

Dalam gim Onet Asli x Tahilalats ini, tugasmu adalah untuk mencocokan dua ikon yang sama secara langsung, tanpa terhalang ikon lain. Jika sudah mentok, kamu bisa memilih satu dari dua bantuan yang tersedia, apakah dengan menunjukkan dua ikon yang bisa menjadi solusi, atau mungkin mengacak kembali ikon-ikon di papan permainan.

Unduh Onet Asli: Android (Google Play Store)

3 Happy Pirates (Taken Creative)

Satu lagi gim kasual untuk mobile yang bisa kamu mainkan sembari menunggu sesuatu atau saat di perjalanan. Berjudul 3 Happy Pirates, gim ini mengangkat tema bajak laut dikombinasikan dengan gameplay yang mudah dimainkan.

Gim ini mengisahkan bajak laut bernama Kapten G-Hook dan dua asistennya, Gilbert dan Fredric. Seperti bajak laut pada umumnya, G-Hook sangat terobsesi dengan harta karun dan emas. Berbeda dengan Gilbert dan Fredric yang suka makan dan minum.

Dalam gim ini, tugasmu adalah menempatkan masing-masing karakter di jalur yang benar menuju barang yang menjadi kegemaran mereka. Jadi, kamu harus cepat dan tangkas memindahkan kapten G-Hook di jalur menuju harta karun, Gilbert di jalur menuju makanan, dan Fredric di jalur menuju minuman.

Awas, di beberapa momen akan ada beberapa rintangan mulai dari binatang buas hingga bom akan datang dan mengganggu konsentrasimu!

Unduh 3 Happy Pirates: Android (Google Play Store)

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.