Industri Gim Gempar! Pendiri Nexon Jual Saham Perusahaan!

Kamu wajib tahu, karena Nexon itu salah satu perusahaan gim terbesar di Korea Selatan!

Industri Gim Gempar! Pendiri Nexon Jual Saham Perusahaan!

Tidak lama di hari Kamis, 3 Januari 2019 lalu, koran Korea Economic Daily mengeluarkan berita bahwa pendiri Nexon, Kim Jung-ju baru saja membuka tawaran pembelian bahagian perusahaannya di pasar saham!

Hal ini bukanlah berita main-main, karena sang pendiri Nexon saat ini masih menjadi pemegang saham terbesar di dalam perusahaan gim online dan mobile luar biasa ini. Terlebih karena mereka adalah pengembang judul-judul populer seperti Dungeon Fighter Online, Elsword, Dragon Nest, dan Kemono Friends!

Kim juga telah menunjuk Deustche Bank dan Morgan Stanley untuk mengawasi jalannya penjualan saham Nexon. Kedua Bank tersebut saat ini masih belum memberikan konfirmasi atas kabar tersebut.

Dilansir juga dari laporan tersebut, nilai saham yang akan dijual dari kepemilikan Kim dan istrinya kurang lebih 10 triliun Won, atau 127 triliun lebih Rupiah! 98.64 persen dari saham NXC terdiri dari 67.49 persen saham pendiri Nexon tersebut, 29.43 persen milik istrinya, dan 1.72 persen milik perusahaan pribadi Kim, Wise Kids.

Dari sumber tersebut, para spekulan industri memprediksi bahwa pembeli-pembeli potensial saham tersebut adalah Tencent, Netmarble Games, NetEase dan Electronic Arts.

Alasan para spekulan tersebut memprediksi Tencent tidak lain karena ia adalah salah satu dari sedikit pemain di pasar yang punya kapital cukup untuk menguasai Nexon.

Tidak hanya itu, dengan membeli saham Nexon, biaya royalti yang dikucurkan Tencent kepada Neople pun bisa turun dengan signifikan, sebagai penerbit gim mobile buatan Neople Dungeon & Fighter di RRC.

Nilai saham Nexon sendiri menurut daftar Tokyo Stock Exchange berkisar pada 13 triliun Won, atau sekitar 165,9 triliun Rupiah. 47.98 persen saham Nexon yang dipegang oleh NXC juga bernilai sekitar 6 triliun Won.

Tidak hanya dalam industri gim saja, NXC juga memegang saham di perusahaan perabotan Stokke dan pasar bitcoin berbasis Luxembourg Bitstamp.

Perwakilan dari NXC telah menyatakan di hari yang sama, bahwa pihak NXC akan memverifikasi isi berita tersebut dengan segera, meskipun terhambat oleh masalah prosedur, "terlepas dari kebenaran beritanya, pihak perusahaan sedang menyiapkan pengumuman secepatnya," kata perwakilan tersebut.

Apakah menurutmu mengenal industri gim dari sisi finansial memberi pengaruh besar terhadap dunia video game secara keseluruhan? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU