Kebangetan? Nge-Mod Game Save Bikin Kamu Masuk Penjara Jepang!

RIP Modding?

Baru-baru ini, pemerintah Jepang kembali mengeluarkan kebijakan yang membuat geger komunitas gaming di Jepang! Kebijakan apa itu? Mereka telah menetapkan bahwa mod game save dan modifikasi konsol termasuk ke dalam tindakan ilegal!

Dilansir dari Gamespot, kebijakan ini adalah bagian dari hukum pencegahan persaingan tidak sehat di Jepang, yang baru saja ditegakkan pada bulan Desember 2018.

Lantas, apa ganjaran yang akan menimpa pelaku pelanggaran tersebut? Para pelaku akan dituntut untuk membayar denda sampai ke lima juta Yen, atau sekitar 657 juta Rupiah, atau hukuman penjara selama lima tahun, atau yang lebih buruk lagi, dua-duanya!

Dari namanya saja sudah jelas, kalau hukum ini ada untuk mencegah pihak tidak bertanggung jawab untuk mencuri produk sebuah perusahaan untuk mengeruk keuntungan secara tidak adil dan di luar izin perusahaan bersangkutan!

Yang membuatnya menjadi hukum yang bermasalah juga karena dari definisinya, ia juga bisa dimanfaatkan untuk menjatuhkan kreasi-kreasi aman yang lahir melalui modifikasi tersebut pula, seperti memasukkan gim baru ke dalam konsol NES, SNES maupun PS Classic.

Berkat kebijakan ini, perdagangan perangkat pihak ketiga mod game populer seperti Action Replay dan Cyber Save Editor PS4 dipaksa untuk dihentikan oleh pemerintah Jepang.

Dari terjemahan Siliconera juga menyatakan bahwa selain dari penggunaan Action Replay, pemerintah Jepang juga akan menindak tegas tiga tindakan spesifik seperti di bawah:

  1. Distribusi program mod game save maupun editor-nya
  2. Distirbusi, penjualan, maupun lelang serial code maupun product key tanpa seizin pencipta software
  3. Layanan yang menawarkan jasa hacking maupun editing save data, dan/atau modifikasi/meretas konsol gim

CONTINUE READING BELOW

Di-bully Netizen Korea, Gerakan Tagar Respect Lisa BLACKPINK Trending di Dunia!

Viral! Akibat perlakuan tidak pantas dari Netizen Korea kepada Lisa BLACKPINK di media sosial, fans K-Pop menggalang tagar Respect Lisa yang jadi trending di dunia!


Dengan kebijakan ini, pemerintah Jepang menegakkan hukum yang lebih tegas terhadap tindakan reselling kode unduh produk-produk gim, yang sedari dulu hanya masuk ranah abu-abu dalam industri gim semata.

Apakah kamu demen nge-mod game? Gim apakah yang jadi sarang modder favoritmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Share this article

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.