15 Komik Marvel dengan Sub-Judul Endgame Ini Menjawab Arti dari Film Avengers: Endgame!

Apa arti dari title Endgame dalam film Avenger terbaru nanti? Berikut maksud dari Endgame lewat 15 komik Marvel ini!

Sudah hampir 2 tahun lebih, sejak Marvel memutar kembali judul asli dalam film Avengers yang keempat, kita bertanya-tanya apa maksud dari judul Endgame tersebut?

Untuk mencoba dan memahami arti dari Endgame dalam judul film Avenger yang keempat tersebut, kami mencari sebuah hidayah melalui sejarah komik Marvel.

Tidak disangka ternyata ada banyak cerita dari komik Marvel yang berjudul Endgame. Sebenarnya adakah arti Endgame bagi Marvel? Adakah informasi rahasia yang bisa kita peroleh tentang masa depan dari Marvel Cinematic Universe?

Mari kita liha 15 cerita komik Marvel dengan sub-judul Endgame yang telah kita temukan, berdasarkan urutan kronologisnya.

1

THE MIGHTY AVENGERS #71 (1968)

endgame

Roy Thomas, Sal Buscema/Marvel Comics

Judul Endgame kita buka dengan gambar superhero Black Knight, superhero asal Inggris ini ternyata tidak banyak orang kenal, tetapi sebagian besar dari cerita dalam komik ini adalah tentang sebuah Avengers.

Di mana the Earth Mightiest heroes atau pahlawan terkuat dari Bumi ini tersadarkan bahwa mereka hanya sebuah pion dalam permainan kosmik yang dilakukan antara Grandmaster (sebuah entitas yang hampir mahakuasa, yang bisa kamu lihat dari film Thor:Ragnarok), dan Kang the Congqueror.

Di akhir cerita dalam komik Marvel ini, arti Endgame pada judul adalah sebuah akhir dari cerita tentang sebuah game yang dimainkan oleh dua super villain tersebut. Membuatnya menjadi penggunaan kata tersebut menjadi yang paling tepat dari seluruh daftar judul di sini.

2

INVADERS ANNUAL #1 (1977)

endgame

Roy Thomas, Frank Robbins/Marvel Comics

Hampir berjarak 10 tahun, dan Avengers berada di Endgame sekali lagi. Kali ini Avengers tahun 70-an bertemu dengan superhero Marvel terbesar di jaman keemasan komik, Captain America, Namor the Sub-Mariner, dan original inkarnasi dari Human Torch.

Dalam cerita kali ini, para superhero bertempur untuk menyelesaikan kisah akhir dari masalah antologi berukuran besar!

3

IRON MAN #165 (1982)

endgame

Dennis O’Neil, Luke McDonnel/Marvel Comics

Dalam komik Marvel Iron Man versi ini, untuk menyelamatkan nyawa dari Rhodey, Iron Man harus bisa melarikan diri dari serangkaian jebakan yang dibuat oleh pria dataran tinggi Skotlandia yang bahkan tidak ada namanya di dalam wikia Marvel Comics.

Terlebih signifikansi Endgame sebagai judul tidak jelas, tetapi perkataan dari si pria dataran tinggi Skotlandia tersebut adalah dalam waktu satu jam Rhodey tidak akan hidup lagi!

4

ALPHA FLIGHT #72 (1989)

endgame

James Hudnall, Gerry Talaoc/Marvel Comics

Pada tahun 1989, komik Marvel menerbitkan dua judul Endgame. Pertama adalah Alpha Flight yang bercerita tentang Canada Avengers. Hanya saja signifikansi Endgame sebagai judul di sini tidak terlalu jelas.

5

HAVOK & WOLVERINE MELTDOWN #4 (1989)

endgame

Walter Simonson, Louise Simonson, Jon J. Muth, Kent Williams/Marvel Comics

Ini adalah miniseri dari tim Havok dan Wolverine, di mana kedua X-Men ini mencoba untuk mengambil liburan di Meksiko dan berakhir di India. Pada cerita ini, judul Endgame adalah sebagai tanda bahwa edisi dari miniseri tersebut telah berakhir. Yah, masuk akal.

6

X-FACTOR #64-68 (1991)

endgame

Whilce Portacio, Art Thibert/Marvel Comics

Komik Marvel ini mewakili satu-satunya Endgame pada daftar di sini, yang merupakan judul besar dari arc ini. Di mana komik ini berkisah tentang bayi Nathan Christopher Charles Summers terinfeksi dengan virus techno organik.

Hingga dia dilarikan oleh Askani Sisterhood untuk dibawa ke masa depan di mana kondisinya dapat diatasi. Di mana judul Endgame ini juga secara kasar menandai akhir dari masa jabatan multi-dekade seorang Chris Claremont sebagai penggerak dari X-Men.

7

GUARDIANS OF THE GALAXY #62 (1995)

endgame

Michael Gallagher, Kevin West/Marvel Comics

Kebanyakan dari komik Marvel dengan sub-judul Endgame sendiri adalah sebagai pertanda berkahirnya seris dari karya tersebut. Sama seperti komik ini, judul diberikan karena akhir dari seris Guardians of The Galaxy.

8

THUNDERBOLTS #12 (1998)

endgame

Kurt Busiek, Mark Bagley/Marvel Comics

Komik ini adalah tanda sebagai akhir dari arc Thunderbolts dan chapter terakhir dari series komiknya.

9

WARLOCK #4 (1999)

endgame

Tom Lyle/Marvel Comics

Judul tersebut meruapakan sebuah tanda dari berakhirnya miniseri Warlock di dalam komik Marvel.

10

IRON FIST/WOLVERINE #4 (2001)

endgame

Jay Faerber, Jamal Igle/Marvel Comics

Judul tersebut merupakan tanda dari berakhirnya miniseri komik superhero Iron Fist dan Wolverine bertemu.

11

THANOS #6 (2004)

endgame

Jim Starlin/Marvel Comics

Sebagai tanda dari berakhirnya masalah di dalam alur ceritanya Thanos.

12

IRREDEEMABLE ANT-MAN #6 (2007)

endgame

Robert Kirkman, Phil Hester/Marvel Comics

Ini adalah komik edisi terakhir dari alur cerita pertama dalam seri Ant-Man ini.

13

BLACK PANTHER #34 (2008)

endgame

Reginald Hudlin, CAFU/Marvel Comics

Akhir dari cerita tentang seri komik Black Panther ini memiliki chapter yang cukup panjang buat komik superhero Marvel.

14

INCREDIBLE HULK #608 (2010)

endgame

Greg Pak, Paul Pelletier/Marvel Comics

Inilah komik Hulk dengan chapter yang paling panjang dari serinya, dan judul Endgame menjadi tanda dari berakhirnya kisah ceritanya.

15

ULTIMATES #11 (2016)

endgame

Al Ewing, Kenneth Rocafort, Djibril Morissette-Phan/Marvel Comics

Komik Marvel ini adalah masalah kedua dari seri Civil War II dalam alur cerita di sana, dan tulisan Endgame sendiri muncul di akhir halaman dari seri ini.

Lalu apa yang telah kita pelajari, dari 15 kisah komik Marvel tersebut? Meskipun bukan hal yang baru, tetapi judul tersebut hanya menjadi pengingat Marvel dalam mengingat sejarah mereka lewat sub-judul Endgame.

Penulis juga menganggap bahwa Marvel menggunakan kata Endgame sebagai arti dalam akhir dari sebuah cerita dan awal dari yang baru. Persis seperti itulah cerita dan penggambaran dari Avengers:Endgame nanti!


CONTINUE READING BELOW

Marvel Mencari Penulis Naskah Komik Untuk Ciptakan Superhero Indonesia!

Editor-in-Chief Marvel, CB Cebluski, mengatakan bahwa Marvel Comics tertarik untuk membuat komik dengan Superhero Indonesia di dalamnya!



Menurut kamu sendiri, Avengers keempat nanti bakal punya after credit yang bakal menunjukkan film Avenger dari seri terbarunya tidak yah?

TENTANG PENULIS