Drama Lagi?! Darth Vader Fan Movie Sempat Dituntut oleh Disney!

Apa ini ada hubungannya dengan gerakan boikot film terbaru Star Wars, ya?

Drama Lagi?! Darth Vader Fan Movie Sempat Dituntut oleh Disney!

Kabar mengejutkan kembali muncul dari komunitas Star Wars, terutama tentang proyek Darth Vader Fan Movie yang populer di kalangan fans Star Wars!

Di kala Star Wars: Episode IX akan dirilis pada tanggal 19 Desember 2019, tentu saja terdapat banyak sekali dukungan dari fans untuk menantikan kelanjutan akan kembalinya Luke Skywalker ini. Akan tetapi, hal mencengangkan yang baru saja terjadi membuat sebuah gerakan boikot tidak terduga dimulai.

Dilansir dari sithposting dan akun Youtube resmi Darth Vader Fan Movie tersebut, Warner/Chappel Publishing, publisher untuk Walt Disney Music Company melayangkan tuntutan hak cipta terhadap Toos dan Darth Vader Fan Movie buatannya yang berjudul Vader Episode 1: Shards of the Past.

Namun tuntutan tersebut diaplikasikan kepada monetisasi dalam konten Darth Vader Fan Movie ini. Hingga saat ini, diakui oleh Toos alias orang di balik Star Wars Theory dan film tersebut, monetisasi tersebut sudah menuai lebih dari 80 ribu Dolar Amerika Serikat.

Apa yang bermasalah dari tuntutan ini? dalam video yang kamu bisa tonton di atas, pemilik channel Youtube Star Wars Theory tersebut mengakui sudah meminta izin dari LucasFilms.

Mereka diperbolehkan membuat film ini dengan dua syarat: dilarang menggunakan crowdfunding dan dilarang untuk memonetisasi video yang diunggah tersebut. Film ini kemudian diunggah pada tanggal 20 Desember 2018 dan menerima 7 juta kali ditonton.

Permasalahan hak cipta tersebut pun terjadi karena musik yang digunakan terlalu memiliki kemiripan dengan lagu tema Darth Vader, Imperial March, meskipun Toos menyewa komposer independen dan menggubah musik baru hanya dengan komposisi asli tersebut sebagai referensi dasar.

Toos juga mengungkapkan bahwa Disney juga menghubunginya dan justru melayangkan ancaman untuk menutup channel Star Wars Theory kalau ia menuntut balik. Berkat hal ini, gerakan boikot Star Wars: Episode IX dari fans yang kecewa pun semakin kencang terdengar.

Tidak lama kemudian, LucasFilm pun turut mengambil langkah dan meminta pihak Warner/Chappel untuk menarik klaim mereka. Dan pada akhirnya video ini pun kembali naik ke jagat internet dengan aman!

Apa opinimu tentang Disney dan para fans Star Wars mengenai skandal pemboikotan film Star Wars: Episode IX? Bagikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini!

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU