Review Tales of Vesperia Definitive Edition : Seri Tales Favorit dengan Grafis HD!

Penasaran berapa penilaiannya? Ayo simak reviewnya di sini!

Tales of Vesperia adalah game kesepuluh dari seri Tales. Game ini mendapatkan berbagai tanggapan positif ketika sebelumnya dirilis pada platform PlayStation 3 dan Xbox 360. Sekarang pemain dapat merasakan petualangan Yuri Lowell dengan kualitas grafis HD pada Tales of Vesperia Definitive Edition ini.

Inilah review Tales of Vesperia Definitive Edition!

Berpetualang di Terca Lumireis

Tales of Vesperia berlatar di dunia Terca Lumireis, sebuah dunia dimana kehidupan penduduknya bergantung dengan berbagai alat yang bernama blastia. Blastia diciptakan oleh kaum Krytia dari kristal peninggalan sebuah ras kuno yang disebut Entelexeia.

Penyalahgunaan blastia oleh bangsa Krytia menyebabkan munculnya monster yang bernama Adephagos. Makhluk ini dapat mengubah semua makhluk hidup dan mengubahnya menjadi aer, sumber energi yang digunakan oleh Blastia. Adephagos dapat disegel oleh Children of The Moon menggunakan sebuah penghalang.

Sepuluh tahun sebelum kejadian Vesperia, sebuah jenis blastia baru yang dikembangkan dapat merusak ekosistem Terca Lumireis dan melepaskan segel Adephagos. Ketika mencoba menghancurkan blastia tersebut, kaum Entelexia dimusnahkan oleh umat manusia dalam perang.

Tales of Vesperia menceritakan petualangan Yuri Lowell bersama Repede untuk mencari blastia di dekat rumahnya yang dicuri. Ia bertemu dengan Estelle, seorang bangsawan yang ikut melarikan diri dari ibukota untuk mengejar pencuri blastia tersebut. Mereka bertemu beberapa orang lainnya seperti Karol, Rita dan Judith.

Pertarungan Penuh Aksi dan Strategi

 Tales of vesperia

Tales of Vesperia menggunakan variasi sistem Linear Motion Battle System sperti seri Tales yang lain. Variasi sistem ini disebut Evolved Flex Range Linear Motion Battle System. Seperti pada RPG tradisional, pertempuran terjadi di sebuah scene yang terpisah.

Pemain mengendalikan satu karakter sementara anggota tim lainnya dijalankan oleh AI. Mirip dengan game fighting, pemain daat melakukan combo dengan menggabungkan beberapa serangan.

Pemain dapat menggunakan arte dan item dalam pertarungan. Arte memiliki berbagai variasi mulai dari serangan hingga untuk menyembuhkan. Penggunaan kombinasi arte dengan anggota tim lainnya sangat vital untuk menghadapi lawan yang kuat

Pemanfaatan posisi juga sangat penting dalam pertarungan, beberapa arte dan serangan dapat mengenai area yang luas. Mengatur posisi agar tiap gerakan memiliki efektivitas tinggi sangat penting.

Pada awalnya sistem combat game ini terkesan sulit. Sistem pergerakan linear juga kadang membingungkan, penggunaan antara semi auto dan free movement sangat penting agar dapat menghindari serangan lawan.


CONTINUE READING BELOW

Untuk Mobile Lagi! Bandai Namco Umumkan Tales of Crestoria!

Belum puas dengan seri Tales of yang telah dirilis untuk ponsel pintar, Bandai Namco kembali lagi mengumumkan game terbaru mereka! Kali ini, Tales of Crestoria akan hadir menemani para penggemar seri Tales dengan alur cerita yang lebih intens!


Kebebasan Mengekspresikan Diri Dalam Pertarungan

 

Setiap perlengkapan yang digunakan pemain memiliki skill. Skill dari sebuah perlengkapan akan otomatis terpakai ketika pemain mengenakan perlengkapan itu. Untuk memakai skill tanpa harus mengenakan senjata pemain harus memenuhi mastery dari skill tersebut.

Skilll tersebut terbagi menjadi empat kategori yaitu attack, defense, movement, dan life. Pemain dapat memilih gaya bertarung dari tiap karakter sesuka hati mereka. Misal pemain ingin membuat karakter menjadi defensif, maka pemain hanya harus menambahkan skill defensif.

Bukan Sekedar Teman Bertarung

 

Tak hanya bertarung bersama, rekan-rekan Yuri Lowell juga memiliki karakter yang menarik. Mulai dari Repede, seekor anjing yang tak menganggap dirinya sebagai anjing hingga Estelle, sorang putri bangsawan yang tak pernah keluar istana.

Ketika melakukan eksplorasi, sebuah event skit opsional akan terjadi dari waktu ke waktu. Skit ini merupakan percakapan antara beberapa anggota tim. Dalam skit pemain digambarkan dalam sebuah gambar portrait. Percakapan tersebut dapat berisi hal-hal yang dramatis hingga hal-hal konyol.

Kesimpulan

Tales of Vespertia Definitive Edition merupakan edisi terbaik untuk menikmati petualangan Yuri Lowell dan teman-temannya. Meskipun bukan game AAA dengan budget raksasa, Tales of Vesperia merupakan RPG yang menjadi favorit penggemar dari semua seri Tales. Meskipun memiliki sistem battle yang membingungkan pada awalnya, seluruh aspek lain dari game ini menjadikannya salah satu RPG yang wajib dimainkan penggemar Tales dan JRPG.

Penilaian: 8.5/10

TENTANG PENULIS