15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!

Bertarung tanpa perlu khawatir!

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!

Di berbagai karya fiksi, peran seorang dokter memang menjadi hal yang penting. Kenapa? dokter diperlukan untuk menjaga karakter-karakter penting ketika bertarung.

Biasanya, mereka disebut sebagai healer dan tentunya mereka benar-benar memiliki peran signifikan.

Sejauh ini setidaknya ada 15 healer terbaik di dunia anime. Mereka memiliki keahlian yang mumpuni untuk menjaga rekan-rekannya ketika bertarung.

Mungkin tanpa basa-basi lagi langsung saja yuk kita bahas satu per satu! Inilah 15 healer terbaik di dunia anime.

1. Tsunade - Naruto

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Tsunade merupakan salah satu healer terbaik di dunia anime yang wajib masuk dalam daftar ini. Tsunade memiliki pengalaman yang sangat banyak terkait healer.

Apalagi dia sendiri merupakan salah satu ninja yang ikut bertempur di perang dunia ninja ketiga.

Kemampuan penyembuh milik Tsunade memang di atas rata-rata. Ia bisa mengobati luka apapun kecuali jika si karakter memang sudah seharusnya mati.

Tsunade bahkan tidak mati ketika tubuhnya terbelah dua saat menghadapi Pain. Tsunade memiliki kekuatan penyembuh yang bisa mengobati lebih dari satu orang dengan bantuan Katsuyu.

2. Orihime Inoue - Bleach

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Adegan Orihime di anime. (Dok. Studio Pierrot/Bleach)

Orihime Inoue merupakan seorang healer yang cukup keren di Bleach. Ia memiliki perannya tersendiri sebagai seorang healer.

Lantas bagaimana Inoue bisa mengeluarkan kemampuannya? Ya, Inoue memiliki kemampuan bernama Sotten Kisshun yang bisa mengobati segala jenis efek merugikan yang hinggap di tubuh rekannya.

Di samping itu, Sotten Kisshun juga punya fungsi sebagai teknik pengobatan. Sudah cukup banyak karakter-karakter di Bleach yang disembuhkan oleh kemampuan Inoue ini.

Oh iya, Inoue juga memiliki kemampuan untuk melindungi dirinya dan rekan-rekannya dari serangan lawan. Barier ini sangat berguna sekali!

3. Wendy Marvell - Fairy Tail

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Dok. Studio A-1 Pictures

Wendy Marvell memiliki kemampuan bernama Sky Dragon Slayer Magic. Kemampuan ini bisa membuat target yang diinginkan Wendy lepas dari rasa sakit bahkan usai terkena luka yang fatal.

Dengan kemampuan ini, Wendy bisa membuat si target kembali pulih secara mental dan fisik. Ia bisa menyembuhkan orang yang hilang ingatan dengan teknik ini.

Meski daya healing dari teknik milik Wendy sangat hebat, ada satu kekurangan tentunya. Karena untuk mengeluarkan teknik ini Wendy bergantung pada udara segar, maka jika di udara yang tidak segar teknik ini tak berguna.

Tapi di samping kekurangannya, teknik yang dimiliki Wendy tentu tetap harus mendapatkan apresiasi dong.

4. Dende - Dragon Ball Z

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Toei Animation/Dragon Ball Super

Dende merupakan seorang Namekian dengan kemampuan yang sangat luar biasa. Setidaknya, Dende memiliki kemampuan untuk menyembuhkan orang lain dan membuatnya menjadi healer terbaik di dunia anime.

Tak hanya luka, Dende juga mampu memperbaiki baju milik target yang ia sembuhkan meskipun sudah hancur berantakan. Hal ini ia lakukan ketika ia mengobati Gohan kecil yang sedang terluka.

Dengan kemampuannya ini, Dende terkadang memiliki peran yang cukup signifikan di cerita Dragon Ball untuk menyembuhkan rekan-rekannya yang terlibat di pertarungan berbahaya.

5. Kikyo - Inuyasha

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Kikyo (dok. Sunrise/ Inuyasha)

Kikyo merupakan seorang pendeta yang telah mengabdikan dirinya untuk menjaga Shikon no Tama. Tapi sayangnya, Kikyo tewas terbunuh akibat fitnah dari Naraku.

Lima puluh tahun sejak kematiannya, Kikyo dihidupkan kembali oleh seorang penyihir dan hiduplah Kikyo yang memiliki kemampuan mengendalikan arwah.

Dengan kemampuannya ini Kikyo memiliki teknik untuk menyembuhkan dirinya dan orang lain.

Nantinya arwah milik Kikyo ini bakal membawa arwah-arwah penasaran yang telah mati dan dimasukkan ke dalam tubuh orang yang sedang terluka.

Lebih hebatnya lagi, Kikyo bisa melakukan ini untuk dirinya sendiri sehingga membuatnya bisa terus bertahan hidup meskipun sudah terluka sangat parah.

6. Yukina - Yu Yu Hakusho

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Yukina (dok. Pierrot/ Yu Yu Hakusho)

Yukina di anime Yu Yu Hakusho dikenal sebagai seorang yang mampu mengendalikan elemen air. Kemampuan ini membuat Yukina bisa mengubah air menjadi es dan tentunya kalian sudah tahu bahwa es atau air merupakan elemen untuk penyembuhan.

Dengan kemampuan ini Yukina mampu menyembuhkan siapapun bahkan teknik penyembuhannya lebih baik dibandingkan milik Kuwabara.

Di berbagai keadaan, kemampuan penyembuhan yang dimiliki Yukina benar-benar sangat membantu banyak orang.

Kemampuannya ini tentunya juga menjadikannya sebagai salah satu karakter healer terbaik di dunia anime.

7. Trafalgar D. Law - One Piece

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Trafalgar Law di One Piece. (Dok. Toei Animation/One Piece)

Trafalgar D. Law merupakan seseorang yang cukup ahli di bidang ilmu kedokteran. Selain itu Law ditunjang oleh buah iblis yang luar biasa yakni Ope Ope no Mi.

Buah iblis ini merupakan buah iblis yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Law sendiri adalah sosok yang mengobati Luffy usai pertempuran MarineFord.

Selain itu Law bisa menggunakan teknik untuk bereksperimen. Ya, di arc Punk Hazard, ia bisa menyatukan tubuh hewan dengan manusia. Ditunjang dengan kemampuan kedokteran dan buah Ope Ope miliknya, Law menjadi healer terbaik di dunia anime tentunya.

8. Hakaze Kusaribe - Blast of Tempest

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Hakaze Kusaribe (dok. Bones/ Blast of Tempest)

Sebagai pemimpin dari klan Kusaribe, Hakaze memiliki tanggung jawab untuk melindungi pohon genesis. Untuk melakukan hal tersebut Hakaze memiliki kemampuan magis yang cukup besar.

Nah, salah satu teknik andalannya adalah untuk menyembuhkan seseorang. Kemampuannya ini bisa ia gunakan untuk menolong orang atau mengobati dirinya sendiri.

Kemampuan penyembuh Hakaze juga cukup tinggi. Dibuktikan dengan kemampuannya untuk meregenerasi lengannya ketika sedang menjalani latihan dalam pertarungan.

9. Elizabeth Liones - Seven Deadly Sins

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Elizabeth Liones (dok. A-1 Pictures/ The Seven Deadly Sins)

Elizabeth Liones merupakan seorang wanita yang merupakan reinkarnasi dari seorang dewi bernama Elizabeth. Karena inilah ia memiliki kemampuan yang sangat mengesankan.

Salah satu dari kemampuannya adalah Invigorate, yang memungkinkannya untuk dengan cepat menyembuhkan hampir semua cedera atau penyakit yang diderita seseorang.

Dia juga dapat menyembuhkan sekelompok orang secara bersamaan serta memulihkan energi dan staminanya.

Pada awalnya, dia tidak dapat menyembuhkan dirinya sendiri, tetapi ketika ingatannya kembali, ia pada akhirnya mampu melakukan hal itu

Namun, ia harus mengontrol kemampuannya tersebut karena jika tidak kekuatan penyembuhnya malah berbalik menjadi kemampuan untuk menghancurkan. 

10. Recovery Girl - My Hero Academia

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!funimation.com/My Hero Academia

Recovery Girl adalah seorang perawat di UA High dan tentu saja kehadirannya benar-benar sangat penting.

Perannya sangat penting karena ia memiliki kekuatan yang luar biasa yakni heal. Kemampuan ini memanfaatkan kekuatan sistem kekebalan target untuk menyembuhkan luka dan penyakit dengan cepat.

Tapi ada satu celah sehingga teknik ini tidak efektif yakni jika kekebalan tubuh targetnya lemah, ia tidak bisa melakukan apapun. Jadi, semakin tinggi kekebalan tubuh seseorang, Recovery Girl semakin mudah untuk menyembuhkan mereka.

Terlepas dari kekurangan ini, Recovery Girl tetap menjadi seorang pahlawan yang melindungi orang banyak dalam pertarungan-pertarungan yang sangat berbahaya.

11. Shoko Ieiri - Jujutsu Kaisen

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Shoko, si dokter jujutsu ( Dok. Mappa / Jujutsu Kaisen )

Shoko Ieiri adalah penyihir Jujutsu yang berspesialisasi dalam Teknik Kutukan Terbalik. Alih-alih bertarung langsung di medan pertempuran, teman satu angkatan Satoru Gojou ini memutuskan untuk menggunakan teknik terkutuknya untuk penyembuhan.

Keterampilan langka yang Shoko punya benar-benar membantu, terutama saat terjadi perang besar di dunia jujutsu.

12. Akiko Yosano - Bungou Stray Dogs

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!dok. Bones/ Bungou Stray Dogs

Akiko Yosano adalah anggota Agensi Detektif Bersenjata dengan kemampuan penyembuhan bernama Thou Shalt Not Die. Namun, untuk menyembuhkan pasiennya, mereka harus dalam kondisi yang sekarat atau hampir mati.

Itulah mengapa rekan-rekan agensi selalu berusaha agar tak terluka dalam pertempuran. Mereka semata-mata ingin menghindari pengobatan brutal ala Yosano.

13. Lindel - The Ancient Magus' Bride

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Linden (dok. Studio Kafka/ The Ancient Magus' Bride)

Teman lama Elias Ainsworth yang satu ini punya kemampuan untuk menyembuhkan luka-luka ringan, misalnya sayatan, dan sebagainya.

Sayangnya, kemampuan sosok yang terbiasa hidup berpindah-pindah ini terbatas pada perawatan saja. Dia tak bisa menyelamatkan seseorang dari kematian.

14. Giorno Giovanna - JoJo's Bizarre Adventure

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Giorno Giovanna (dok. David Production/ JoJo's Bizarre Adventure)

Giorno Giovanna ialah pemilik stand bernama Gold Experience Requiem. Kemampuan stand miliknya membuatnya mampu menciptakan segala jenis kehidupan, seperti pohon, hingga hewan-hewan.

Giorno kemudian berhasil meningkatkan kemampuan stand-nya. Kini, dia bahkan mampu menciptakan kembali anggota tubuh manusia, termasuk organ dalam. Ini membuat Giorno mampu menyembuhkan rekan-rekannya.

15. Hotaru Tomoe - Sailor Moon

15 Healer Terbaik di Dunia Anime, Ada Tsunade!Hotaru Tomoe - Sailor Saturn (dok. Toei Animation/ Sailor Moon)

Identitas asli Hotaru Tomoe adalah Sailor Saturn. Awalnya, dia hanya mampu menyembuhkan luka-luka ringan seperti sayatan, memar, atau goresan-goresan kecil. Namun, selanjutnya, Hotaru membangkitkan sesuatu dalam dirinya, membuat kemampuan penyembuhannya pun meningkat drastis.

Itulah 15 healer terbaik di dunia anime yang harus kamu ketahui. Beberapa healer terbaik ini benar-benar luar biasa karena mereka memiliki tanggung jawab yang sangat tinggi. Bukan hanya menyembuhkan, mereka memiliki tanggung jawab agar karakter lainnya tetap bisa bertahan dalam pertempuran berbahaya.

Nah, dari ke-15 healer terbaik di dunia anime ini, mana yang menurut kalian layak dianggap menjadi yang terbaik? Atau kalian punya kandidat lain? Tulis di kolom komentar, yuk!

Artikel pertama ditulis 20 Januari 2019 diperbarui dan dirilis ulang pada 12 September 2023 dengan tambahan 5 karakter healer di anime.

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU