Review The Upside, Versi Amerika dari The Intouchables

The Upside merupakan film adaptasi dari film Perancis The Intouchables yang meledak di tahun 2011. Pada versi adaptasinya ini kamu akan mendapati berbagai penyederhanaan yang menyenangkan!

Pada tahun 2011, dunia film Perancis meledak karena hadirnya film The Intouchables karya Olivier Nakache dan Éric Toledano. Film tersebut menghasilkan banyak penghargaan dan sejatinya merupakan pengalaman nyata dari pengusaha kaya raya, Philippe Pozzo di Borgo dan perawat Abdel Sellou.

Rupanya film The Intouchables sangat menginspirasi sehingga dibuatkan remakenya berkali-kali. Termasuk oleh Hollywood yang diberi judul The Upside.

Orang Kaya Itu Bernama Phillip Lacasse

Sama seperti film aslinya, Phillip Lacasse (Bryan Cranston) adalah orang kaya yang mengalami lumpuh karena kecelakaan. Sementara itu Dell Scott (Kevin Hart) adalah bekas napi yang harus mencari pekerjaan untuk bebas bersyarat. Keduanya bertemu saat Phillip mencari pekerjaan dan Dell mencari tanda tangan yang menyatakan kalau dia sudah melamar pekerjaan tersebut.

Phillip yang melihat gaya urakan Dell akhirnya memutuskan untuk mempekerjakan mantan napi tersebut, walaupun sejatinya ditentang keras oleh Yvonne Pendleton (Nicole Kidman) yang merupakan sekretaris pribadinya. Dell yang semula menolak, akhirnya menerima tawaran Phillip karena gajinya yang sangat tinggi.

Keesokan harinya Dell mulai bekerja dan belajar bagaimana caranya mengasuh Phillip. Mulai dari memberi makan, memandikan hingga mengganti kateter. Yes, Dell harus menangani semua urusan Phillip, hingga ke urusan yang pribadi, seperti misalnya membaca surat hingga urusan pembuangan “depan” dan “belakang”.

Pada awalnya Dell mengerjakan segala sesuatunya dengan asal-asalan, hingga akhirnya suatu malam Phillip mengalami kejang karena phantom pain. Melihat tuannya sakit, Dell akhirnya memutuskan untuk berjalan-jalan di malam hari sambil membawa Phillip. Keduanya lalu mampir ke taman untuk membeli ganja dan menghisapnya bersama-sama.

Sejak malam itu, Phillip yang semula pendiam dan penggerutu berubah menjadi periang dan senang tertawa. Mulai muncul kedekatan keduanya sehingga lebih layak disebut sebagai hubungan sahabat ketimbang bos dan anak buah. Keduanya lantas saling menyesuaikan satu sama lain. Phillip jadi mengerti mengapa Dell memiliki perilaku yang keras, sementara Dell sangat berkurang sifat urakannya.

Sangat Berbeda Dengan The Intouchables

Saat kami menyaksikan film ini pertama kali, kami sangat heran dengan berbagai skor yang hadir di Metacritic, IMDB, dan RottenTomatoes. Bagaimana mungkin film sebaik ini mendapatkan nilai yang biasa saja web review film tersebut. Demi menjawab rasa penasaran kami, akhirnya kami memutuskan menonton The Intouchables.

Yes, The Upside ternyata sangat berbeda dengan materi aslinya. Bisa dibilang film ini merupakan versi sederhana dan Amerikanisasi dari The Intouchables. Perbedaan paling mencolok datang dari karakter Yvonne yang pada aslinya adalah seorang housemaid paruh baya, bukan sekretaris cantik ala Nicole Kidman. Karena perbedaan tersebut The Upside mengalami pengurangan karakter. Pada film aslinya ada Magile (Audrey Fleurot) yang merupakan sekretaris pribadi Philippe (versi Perancis dari Phillip), dan ada Elisa (Alba Gaia Bellugi) yang merupakan anak angkat Philippe.

Pengurangan karakter tersebut rupanya juga mempengaruhi dimensi dari para karakter utama. Bila dalam versi The Intouchables kamu akan mengikuti perkembangan keduanya dalam berbagai dimensi dan emosi, di versi The Upside Neil Burger sang sutradara seperti menguranginya hanya menjadi satu dimensi saja. Hasilnya, ada banyak letupan emosi yang terlewat dan konflik yang disederhanakan.

Hasilnya, kamu tidak akan melihat bagaimana prinsip hidup Dell berubah, dari semula sangat kasar hingga akhirnya sangat peduli dengan orang yang ada di sekitarnya. Begitupun dengan Phillip. Kamu tidak akan menyaksikan bagaimana Phillip berusaha hidup lebih santai tanpa dibatasi hal-hal rumit, seperti etiket makan dan chivalry.

Tapi walaupun berbeda dan lebih sederhana, sejatinya The Upside memiliki beberapa poin plusnya tersendiri. Salah satunya adalah, pesan moral yang lebih mudah dimengerti dan karakter yang lebih mudah untuk diikuti. Yah, setidak itulah nilai plus dari The Upside di mata kami.

Kesimpulan Akhir

Tonton The Upside untuk menikmati sebuah film yang cukup apik dan menyentuh. Kami yakin kamu pasti akan bertanya-tanya mengapa film ini mendapatkan review mediocre di mana-mana. Kalau kamu mulai penasaran, tonton The Intouchables agar kamu paham perbedaannya sekaligus menambah perbendaharaan film Perancis yang pernah kamu tonton.

Menurut kami The Upside layak diganjar dengan nilai 3,7 dari 4 bintang. Sangat layak tonton, menghibur dan memiliki pesan moral yang kuat.

The Upside akan tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 29 Januari 2019.

Share this article

TENTANG PENULIS