Waduh! Pokemon Legenda Cosmog Ini Lebih Tak Berguna dari Magikarp!

Padahal legenda tapi kok bisa tak berguna?

Kalian tentu kenal dengan Magikarp, bukan? Magikarp adalah pokemon yang terkenal dengan kelemahannya dan sering jadi bahan bercandaan di komunitas pecinta Pokemon. Tapi ternyata ada pokemon yang lebih tak berguna lagi, loh! Ditambah lagi, Pokemon ini ternyata adalah Pokemon Legenda! Perkenalkan, Pokemon Legenda Cosmog yang lebih tak berguna daripada Magikarp!

Kenapa penulis berani bilang Pokemon Legenda Cosmog lebih tak berguna daripada Magikarp?

Mari kita teliti dari sisi moveset yang dimiliki oleh Cosmog. Cosmog HANYA mempelajari dua macam move: Splash dan Teleport. Dia bahkan tidak bisa mempelajari TM/HM apapun untuk dipakai menyerang. Dari Move Tutor juga tidak ada. Jadi sepanjang gim kita hanya diberi dua jenis move tersebut.

Teleport hanya bagus digunakan untuk kabur dan sekarang ini bahkan teleport tidak bisa dipakai pemain untuk berpindah ke Pokemon Center. Sedangkan Splash? Oh, tidak ada yang bisa kita lakukan dengan Splash selain mengagumi gerakannya yang lucu.


CONTINUE READING BELOW

Wow! Ada Pokemon Misterius Muncul di Pokemon Go. Siapa Dia?

Pokemon yang diberi nama Nutto oleh penggemar ini tiba-tiba muncul begitu saja di Pokemon Go! Apakah ini suatu pertanda akan ada generasi pokemon baru? Siapa sebenarnya Pokemon Nutto ini?


Setidaknya dengan Teleport kita bisa kabur dari pertarungan dan jika ditambah Psychium Z, Pokemon Legenda Cosmog bisa mengembalikan semua HP miliknya. Tapi untuk apa kalau pada akhirnya Cosmog hanya bisa kabur dari pertarungan?

Jadi apa bedanya dengan Magikarp? Kenapa Cosmog bisa lebih buruk kalau Magikarp juga tak bisa menyerang.

Tunggu dulu, Magikarp masih memiliki move yang ia bisa gunakan untuk menyerang. Pada level 15, Magikarp bisa memakai Tackle. Setidaknya cukup untuk berjuang mempertahankan diri. Selain itu di Pokemon Sun and Moon di level 30 Magikarp bahkan bisa mempelajari Flail yang punya potensi kekuatan sampai 200 poin!


CONTINUE READING BELOW

Ini Dia Keunikan 6 Pokemon Berkepala Banyak! Seperti Apa, Ya?

Di dunia Pokemon, ada beberapa yang memiliki kepala lebih dari satu. Apa tidak bingung ya menentukan mana yang makan duluan? Berikut duniaku.net menjelaskan keunikan 6 pokemon berkepala banyak!


Semakin rendah nilai HP magikarp, semakin tinggi kekuatan yang bisa dikeluarkannya dengan move Flail. Bahkan pernah ada yang mencoba mengalahkan Elite Four dengan kombinasi X Attack, Flail, Struggle, sekaligus berusaha meminimalisasi HP Magikarp dengan memanfaatkan efek dari Focus Sash, jenis held item yang bisa mempertahankan 1 HP kalau lawan menyerang dengan serangan One-Hit KO.

pokemon legenda cosmog

Sumber: dokumentasi duniaku.net

Kalaupun Pokemon Legenda Cosmog punya kesempatan untuk menggunakan Struggle (tentunya setelah menghabiskan PP Splash dan Teleport yang mana nyaris tidak mungkin dilakukan dalam sekali pertarungan), tetap saja Cosmog akan kesulitan karena dia harus mengorbankan 1/4 dari maksimum HP tiap memakainya.

Sekarang dari sisi pertahanan. Nilai Defense dan Special Defense Cosmog adalah 31, sama sekali tak bisa dibanggakan. Bandingkan dengan Magikarp yang memiliki nilai Defense sebesar 55 dan Special Defense sebesar 20, dari total keduanya saja sudah melebihi Pokemon Legenda Cosmog.


CONTINUE READING BELOW

Desain Starter Pokemon Switch Sudah Tersebar!? Aslikah?!

Baru-baru ini di internet sempat beredar bocoran gambar starter pokemon switch. Kira-kira asli atau palsu, ya? Temukan pembahasannya di sini!


Belum lagi sebagai Pokemon tipe Psychic, Cosmog memiliki kelemahan jika diserang move tipe Bug, Ghost, dan Dark dan hanya tahan jika terkena move tipe Psychic dan Fight. Kalau Magikarp? Dia adalah Pokemon tipe Water yang hanya memiliki dua kelemahan: tipe Grass dan Electric. Belum lagi Magikarp juga memiliki daya tahan lebih banyak dari Cosmog, yaitu terhadap move tipe Steel, Fire, Water, dan Ice.

Tapi itu baru dari segi daya tarung keduanya dalam wujud yang paling bawah, bagaimana kalau sudah evolusi?

Oke, mungkin evolusi terakhir dari Cosmog bisa dikatakan lebih baik dari evolusi Magikarp karena Solgaleo atau Lunala adalah jenis Pokemon Legenda yang dijadikan sampul gim Pokemon Sun and Moon, tapi perlu berapa lama sampai bisa evolusi ke sana?

pokemon legenda cosmog

Sumber: bulbapedia.bulbagarden.net

Pokemon Legenda Cosmog harus berevolusi menjadi Cosmoem terlebih dahulu pada level 43 dan proses menuju evolusi ini harus dilakukan dengan hanya memakai Splash dan Teleport? Wow, Game Freak pasti bercanda.

Anggap saja dengan perjuangan memakai kombinasi Lucky Egg dan Exp. Share kita berhasil membuat Cosmog berevolusi jadi Cosmoem, apa yang kita dapat? Pokemon yang hanya bisa mempelajari satu move tambahan: Cosmic Power.

Cosmic Power ini jenis move yang bisa digunakan untuk menaikkan nilai Defense dan Special Defense sebanyak satu tingkat. Tapi move jenis ini mungkin bisa digunakan untuk Pokemon yang lebih fokus pada pertahanan selagi masih bisa menyerang atau memberikan efek status yang bisa mengurangi HP lawan sedikit demi sedikit.

Jadi coba bayangkan untuk apa memakai Cosmic Power demi mempertahankan Pokemon yang bahkan tidak bisa menyerang?

pokemon legenda cosmog

Sumber: dokumentasi duniaku.net

Setelah itu masih butuh 10 level lagi untuk Cosmoem bisa berevolusi menjadi Solgaleo atau Lunala, yaitu pada level 53. Perlu berjuang seberapa lama bagi pemain untuk meningkatkan level Cosmog sampai sejauh ini?

Bandingkan dengan Magikarp yang masih bisa berjuang untuk mencapai evolusi sendiri tanpa bantuan Exp. Share atau semacamnya. Apalagi cukup berusaha untuk sampai ke level 20 dan Magikarp bisa evolusi menjadi Gyarados, jenis Pokemon yang bisa dibilang sangat kuat!

Daripada membuang waktu untuk evolusi Pokemon Legenda Cosmog, tentu lebih praktis kalau kita mengevolusikan Magikarp dan memakainya sebagai Pokemon di dalam Party, bukan? Satu-satunya keunggulan Cosmog dibanding Magikarp mungkin hanya desainnya yang imut karena dia adalah salah satu karakter utama di dalam gim.

Bagaimana menurut kalian? Setuju tidak kalau Pokemon Legenda Cosmog ini biarpun disebut legenda, tapi lebih tak berguna dibanding Magikarp? Coba berikan tanggapan kalian di kolom komentar, ya!

Share this article

TENTANG PENULIS
Fudo

Saya bukan Fudo, tapi panggil saya Fudo. Penikmat tokusatsu, terutama Kamen Rider dan Super Sentai. Pria nomaden yang bertualang di luar keinginan sendiri. Bercita-cita untuk menguasai dunia.