Apa Tujuan Pemerintah Dunia One Piece Menyembunyikan Kebenaran Void Century?

Salah satu misteri One Piece yang entah kapan bakal terjawabnya nih!

Pemerintah Dunia berusaha menghilangkan segala jenis informasi dan melarang siapapun untuk mempelajari tentang Void Century. Void Century merupakan sebuah masa sebelum runtuhnya Great Kingdom ditangan aliansi 20 kerajaan berawal dari 900 hingga 800 tahun silam.

Namun apakah tujuan dari pemerintah dunia menyembunyikan kebenaran sejarah dari Void Century?

Pemerintah dunia terbentuk dari aliansi 20 kerajaan yang berhasil menggulingkan Great Kingdom di akhir masa Void Century. Aliansi kerajaan tersebut merasa bahwa kekuatan Great Kingdom akan menjadi ancaman terhadap kerajaan lain. Jika dilihat dari sudut pandang ini, maka aliansi kerajaan tersebut memiliki tujuan yang baik dengan mencegah sebuah kerajaan memegang kekuasaan di dunia.

Tidak banyak hal yang diketahui tentang masa ini selain yang tertulis dalam Poneglyph yang hanya bisa dimengerti oleh beberapa orang saja. Poneglyph merupakan peninggalan dari Great Kingdom. Pemerintah dunia melarang segala upaya mempelajari Poneglyph karena kekuatan kerajaan tersebut yang sangat besar.

Great Kingdom

Great Kingdom merupakan sebuah kerajaan yang sangat besar, makmur dan memiliki kekuatan yang luar biasa. Nama sesungguhnya dari kerajaan tersebut masih menjadi misteri, karena pemerintah dunia melarang segala pengetahuan mengenai kerajaan ini.

Tiga senjata kuno pemusnah massal yang ditemukan melalui poneglyph juga dianggap memiliki keterkaitan dengan kerajaan ini. Kerajaan ini disinyalir terlibat dalam pembuatan maupun perancangan dari senjata-senjata tersebut. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kerajaan ini memiliki pengetahuan dan teknologi yang maju.

Alasan mengapa Great Kingdom menjadi ancaman bagi pemerintah dunia masih belum diketahui. Professor Clover yang hanya mengetahui nama dari kerajaan ini ditembak oleh agen pemerintah dunia.

Berbagai peneliti dan arkeolog mempelajari tentang sejarah yang diperbolehkan oleh pemerintah dunia. Namun ketika pemerintah dunia mengetahui penelitian arkeolog tersebut mengenai Poneglyph dan Void Century, pulau tersebut dihancurkan dengan Buster Call.

Gol D. Roger Sudah Tahu Kebenaran Void Century

anime one piece episode 849 - gol d roger

sumber: dokumentasi duniaku.net

Saat ditanyai Nico Robin, Silvers Rayleigh mengungkap kalau dia sudah tahu kebenaran Void Century.

Namun Rayleigh merekomendasikan Robin mencari tahu sendiri kebenaran itu.

Kemungkinan, seluruh staf utama Roger pun tahu mengenai Void Century. Termasuk mungkin Shanks.

Yang menarik adalah, kini seluruh kru Roger memilih untuk tutup mulut mengenai Void Century. Sampai-sampai Gorosei sekalipun membiarkan Shanks, karena Shanks tidak berniat mengubah dunia.

Berarti, seluruh kru Roger seperti tidak berminat mengungkap kenyataan soal Void Century.

Kenapa? Bisa jadi karena Roger dan anak buahnya tidak menganggap penting rahasia Void Century, mengingat tujuan mereka hanya bertualang.

Namun kalau rahasia ini memang ada di Raftel, dan arkeologis seperti Robin atau pembaca sejarah seperti Marshall D. Teach menemukannya juga, mereka bisa jadi tidak akan tutup mulut.


Bagaimana menurut kalian? Apakah pemerintah dunia merupakan diktator yang ingin menguasai dunia? Atau penjaga kedamaian dunia dari kekacauan dan peperangan?

 

Share this article

TENTANG PENULIS