Sebagai Yonko Termahal, Sekarang Shanks Lebih Kuat dari Rayleigh?!

Kalau dipikir-pikir, Shanks ini sepertinya memang kemampuannya mirip Rayleigh. Hanya saja Shanks masih prima, meski tinggal punya satu lengan!

Pernah ada masa di mana Buggy dan Shanks hanya kru rendahan di Oro Jackson, yang dimarahi Silvers Rayleigh karena berdebat tentang hal konyol.

Di masa sekarang, Buggy mungkin masih saja lemah, namun Shanks sudah menjelma menjadi salah satu sosok paling ditakuti di dunia.

Tak tanggung-tanggung, majalah V Jump mengungkap kalau bounty Shanks tertinggi saat ini, melampaui Blackbeard, Big Mom, Kaido, apalagi Luffy.

Apakah ini membuktikan kalau sekarang, sang yunior sudah melampaui seniornya? Apakah sekarang Shanks lebih kuat dari Rayleigh?

Kekuatan Seorang Rayleigh

Sudah dibahas di beberapa artikel sebelum ini, Silvers Rayleigh adalah salah satu tokoh terkuat di One Piece saat ini.

Rayleigh itu tokoh yang mampu mengunci pergerakan Kizaru, hingga Kizaru tak bisa merecoki Luffy dan teman-temannya meski sebenarnya Luffy tidak jauh dari dia.

Padahal Kizaru sendiri manusia cahaya.

Sebagai master tiga jenis Haki, Rayleigh dapat menggunakan Busoshoku Haki untuk membuat pipi Kizaru lecet serta Kenbunshoku Haki untuk mengantisipasi pergerakan sang laksamana, hingga Kizaru harus sepenuhnya fokus ke Rayleigh kalau tidak mau kalah.

Meski begitu, Rayleigh masih memiliki kelemahan.

Berhubung dia sudah tua, stamina dan kecepatannya sudah berkurang. Dia sendiri mengakui ini saat ngos-ngosan dalam duel melawan Kizaru.

Padahal komentar itu disambut jengkel oleh Kizaru, yang merasa Rayleigh tidak bangga telah sukses menahan seorang laksamana.

Shanks Tidak Memiliki Kelemahan Rayleigh?

bajak laut rocks

Sumber: dokumentasi duniaku.net

Apakah kamu penasaran kira-kira Rayleigh di usia prima itu sekuat apa?

Saya rasa, Shanks ini adalah gambaran utama soal Rayleigh di masa muda.

Dua orang ini memiliki kesamaan. Master tiga jenis Haki? Shanks sudah memperlihatkan Haoshoku Haki-nya, yang mampu merontokkan kru Whitebeard. (Padahal Whitebeard juga pemilik Haoshoku Haki).

Selain itu, berhubung dia bukan pemakan Buah Iblis, diasumsikan Shanks pun bisa menggunakan Busoshoku Haki dan Kenbunshoku Haki.

Tak hanya itu, karena Shanks ini sifatnya tenang (tidak seperti Kaido dan Big Mom yang gampang panas), Shanks kemungkinan bisa menggunakan Kenbunshoku Haki lebih baik dari kedua rivalnya itu.

Seperti Rayleigh juga, Shanks adalah ahli pedang.

Saya tidak akan heran kalau suatu saat nanti terungkap Shanks adalah murid Rayleigh di Oro Jackson dulu.

Sekarang Shanks Lebih Kuat dari Rayleigh?

Saya merasa Shanks sekarang memiliki dua hal yang tidak lagi dimiliki Rayleigh: stamina dan kecepatan.

Shanks juga sepertinya memiliki Haoshoku Haki istimewa, serta kekuatan fisik yang minimal bisa mengimbangi Whitebeard dalam adu senjata.

Kalau sudah begini, bisa dibayangkan kenapa nilai bounty Shanks begitu tinggi.

Kita misalkan Shanks memang lebih cepat, lebih tangguh, dan lebih kuat dari Rayleigh.

Bila dia yang menghadapi Kizaru di Sabaody, Kizaru mungkin bukan hanya tertahan. Laksamana cahaya itu bisa jadi sudah tertebas.

Ini bahkan ditonjolkan juga di keterangan di majalah V Jump.

Dikatakan meski Shanks tidak memakan Buah Iblis, dia cukup kuat untuk melawan laksamana Angkatan Laut!

Tentu saja, perhitungan ini membuat kekuatan Mihawk jadi semakin mengerikan.

Mihawk mampu berduel dengan Shanks yang masih memiliki dua lengan, namun pertarungan itu sepertinya berakhir seri.

Setelah itu pun Mihawk tidak lagi tertarik berduel melawan Shanks karena Shanks kehilangan satu lengannya.

Kemungkinan, Shanks dengan dua lengan dulu adalah salah satu petarung terkuat di One Piece.


Itulah analisis saya kenapa sekarang Shanks lebih kuat dari Rayleigh.

Setuju nggak? Sampaikan di kolom komentar!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.