Agate Mengakuisisi Ekuator Games, Studio di Balik Celestian Tales!

Kabar besar dari industri gim Indonesia nih!

Berita besar dari industri gim Indonesia: Agate mengakuisisi Ekuator Games.

Agate, di bawah PT. Agate Internasional, telah selesai merampungkan proses akuisisi pada tanggal 5 Januari 2019. Total nilai akuisisi dikatakan berkisar lima miliar rupiah.

Untuk yang belum tahu, Agate adalah studio gim veteran di Indonesia. Studio ini telah aktif menciptakan gim sejak tahun 2009.

Sementara itu, Ekuator Games adalah studio gim Indonesia di balik gim RPG bergaya klasik, yakni Celestian Tales: Old North.

celestian tales old north versi beta

Celestian Tales: Old North dulu menarik perhatian lewat kampanye Kickstarter-nya, yang berhasil menembus target. Celestian Tales sendiri kemudian meraih berbagai penghargaan.

Untuk akuisisi ini, Cipto Adiguno selaku eks CEO Ekuator Games (dan sekarang menjabat sebagai Vice President of Consumer Games di Agate) menyampaikan, “Saya sangat excited dengan bergabungnya Ekuator Games dengan Agate. Saya yakin kami bisa menciptakan game dengan kualitas lebih baik lagi dan membawa nama Indonesia di industri game dunia.”

CEO Agate, Arief Widhiyasa, mengatakan kalau tujuan akuisisi ini adalah untuk mempersatukan kekuatan talenta di Agate dengan talenta dari Ekuator, dalam rangka meningkatkan kecepatan dan kualitas produk consumer game Agate.

Harapan utama ke depannya adalah dapat turut membawa industri gim Indonesia ke pasar global.

Baik Agate maupun Ekuator memang gimnya sudah berpengalaman menorehkan prestasi di pasar global.

kampanye kickstarter valthirian arc: red covenant

Bila Ekuator ada Celestian Tales, Agate juga memiliki Valthirian Arc. Valthirian Arc adalah gim konsol yang dirilis untuk Switch, PS4, serta PC.

Gim yang satu ini berhasil meraih posisi kedua Best New Game di Inggris, serta balik modal dalam waktu satu bulan perilisan.

Dengan rekam jejak seperti ini, mari kita lihat bagaimana aksi Agate setelah akuisisi Ekuator Games ini.

Gimana pendapat kamu soal Agate mengakuisisi Ekuator Games ini? Sampaikan di kolom komentar!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.