Apakah Shanks Sengaja Mengorbankan Lengan untuk Memotivasi Luffy?

Kemungkinan besar, Shanks kehilangan lengan bukan karena ia tidak mampu melawan monster laut. Dia sengaja membiarkan lengannya dimakan hanya untuk memotivasi anak yang ia yakini bakal jadi penerus Gol D. Roger!

Apakah Shanks Sengaja Mengorbankan Lengan untuk Memotivasi Luffy?

Di bab awal One Piece, Shanks kehilangan satu lengannya untuk menolong Luffy.

Kehilangan lengan ini berdampak besar. Dulu, Shanks mampu mengimbangi Mihawk dalam duel satu lawan satu. (Tampaknya, setelah Mihawk jadi ahli pedang nomor satu, hanya Shanks ahli pedang yang bisa melakukan ini). Sekarang, Mihawk seperti yakin kekuatan Shanks tidak bisa menghiburnya lagi.

Awalnya sih, saya mengira Shanks kehilangan lengan ini adalah murni sebuah insiden. Monster itu datang terlalu cepat, sehingga Shanks tidak bisa bereaksi.

Namun gimana kalau Shanks sengaja mengorbankan lengan?

Kekuatan Shanks yang Luar Biasa

Apakah Shanks Sengaja Mengorbankan Lengan untuk Memotivasi Luffy?

Yang bikin saya curiga Shanks sengaja mengorbankan lengan adalah... sebenarnya dia punya banyak metode untuk menyingkirkan monster laut yang memakan lengannya.

Shanks seharusnya bisa mengantisipasi monster laut dengan Kenbunshoku Haki, lalu menggunakan Haoshoku Haki untuk meng-K.O. monster itu sebelum dia mendekat.

Kalaupun Shanks terlalu panik untuk menggunakan Kenbunshoku, seharusnya Shanks juga bisa memperkuat tubuhnya dengan Busoshoku Haki supaya lengannya terlalu keras untuk digigit si monster laut.

Ya, Shanks memang belum diperlihatkan menggunakan Busoshoku Haki. Namun mengingat dia ditakuti oleh banyak orang, termasuk laksamana Angkatan Laut, rasanya sudah pasti Shanks menguasai jenis Haki ini untuk melawan pengguna buah Logia.

Meski begitu, lengan Shanks tetap tersambar, membuat kemampuan berpedangnya tidak bisa sebaik dulu.

Untuk Memotivasi Luffy?

Apakah Shanks Sengaja Mengorbankan Lengan untuk Memotivasi Luffy?

Ada dua kejadian yang tampaknya memotivasi Luffy: yang pertama adalah Shanks kehilangan lengannya, yang kedua adalah Sabo dikira mati di lautan.

Saya menduga, Shanks sengaja membuat dirinya kehilangan satu lengan untuk menegaskan kepada Luffy bahayanya lautan. Namun Shanks yakin kalau Luffy, bukannya trauma, malah akan memanfaatkan momen itu untuk melatih dirinya.

Shanks sendiri sudah melihat potensi dari diri Luffy. Dia pernah mengatakan ia kehilangan lengannya untuk masa depan.

Salah satu penyebab utama Shanks begitu mempercayai Luffy adalah Luffy mengatakan kata-kata yang dulu diucapkan oleh Gol D. Roger.

Kemungkinan besar, kata-kata Luffy membuat Shanks yakin kalau anak itulah yang nanti pantas untuk mencapai Raftel.

Ini juga membuat saya semakin yakin kalau Shanks mungkin tidak bisa, atau merasa dirinya tidak pantas, untuk menjadi raja bajak laut.

Karena itu, Shanks sengaja mengorbankan lengan untuk memotivasi sosok yang ia rasa bisa melampauinya menjadi bajak laut terhebat di dunia.

Namun saat Shanks masih di desa Luffy, Luffy masih sangat lemah. Kalau misalkan Shanks menyelamatkan Luffy tanpa kehilangan apa-apa, akankah Luffy termotivasi?

Gimana kalau setelah itu Luffy malah jadi malas dan mimpinya jadi bajak laut perlahan surut?

Dengan mengorbankan lengan, Shanks mungkin ingin Luffy merasa bersalah, sehingga dia terdorong menjadi lebih kuat agar hal seperti itu tak lagi terjadi kepada sahabat-sahabatnya.

Mengajarkan Luffy Bahaya Jadi Bajak Laut

Apakah Shanks Sengaja Mengorbankan Lengan untuk Memotivasi Luffy?

Satu hal lagi yang mungkin jadi alasan Shanks sengaja mengorbankan lengannya: ia ingin Luffy tahu jadi bajak laut itu bukan hanya senang-senang.

Luffy toh termotivasi jadi bajak laut karena melihat kelompok Shanks bersenang-senang setiap hari di desanya.

Namun, seperti yang kemudian Luffy lihat sendiri, menjadi bajak laut bisa berujung kepada kematian.

Dengan mengorbankan lengannya, Shanks ingin Luffy melihat kalau jalan bajak laut itu bisa berujung buruk.


Jadi singkatnya begini:

Saya merasa Shanks diam-diam merasa dirinya tidak pantas, atau memang tidak bisa, menjadi raja bajak laut.

Jadi begitu ia bertemu dengan Luffy, yang saat itu lemah namun memiliki hasrat seperti Gol D. Roger, Shanks sengaja mengorbankan lengannya untuk memotivasi Luffy.

Kalau benar begitu, harapannya terwujud. Sekarang Luffy sudah hampir menjadi Yonko resmi, dan mungkin dalam waktu dekat akan melawan Shanks.

Gimana pendapatmu? Benar gak nih Shanks sengaja mengorbankan lengan untuk Luffy? Sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU