8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsuki

Sempat jadi langganan Akatsuki nih si Onoki

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsuki

Sebagai salah satu tokoh yang bisa menggunakan Kekkei Tota, Onoki adalah salah satu karakter terkuat di sejarah Naruto.

Dia juga sempat jadi salah satu karakter paling panjang umur. Saat Perang Dunia Ninja Keempat dimulai dia sudah 70 tahunan dan masih bisa hidup hingga era Boruto.

Apa saja sih fakta menarik Onoki? Simak di bawah ini! 

1. Di era Boruto, Onoki sempat menjadi salah satu karakter tertua yang tersisa

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsukicrunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Tidak berlebihan sepertinya jika kita sebut Onoki sebagai ninja yang berumur panjang, bahkan paling panjang di serial Naruto dan Boruto.

Onoki sudah hidup sejak era Hokage Pertama alias Hashirama. Dia sudah pernah ikut keempat Perang Dunia Ninja, bahkan dua di antaranya dia memiliki peran penting.

Selain itu, hidup dari era Hashirama, dan terus berlanjut sampai era Boruto, itu kalau bukan panjang umur apa lagi namanya.

Baca Juga: 5 Kemungkinan Cara Naruto Tidak Terbunuh oleh Bentuk Barunya di Boruto

2. Satu dari empat karakter yang bisa menggunakan Kekkei Tota

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsukicrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Kekkei Tota adalah sebuah teknik yang jauh lebih tinggi dibanding Kekkei Genkai. Jika Kekkei Genkai menggabungkan dua elemen, maka Kekkei Tota itu terdiri dari tiga elemen. 

Saat ini, teknik Kekkei Tota yang diketahui baru Jinton. Ada empat karakter dari Naruto hingga Boruto yang bisa teknik itu.

Selain Mu, pendahulu Onoki, ada juga Kako dan Ku yang merupakan manusia buatan. Ku, terutama, diciptakan menggunakan DNA Onoki sebagai basis. 

3. Dia masih kuat bahkan di usia tua

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsukicrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Selain panjang umur, ada satu lagi yang diingat dari Onoki, yaitu tahan banting dan tegasnya.

Onoki benar-benar tahan banting, bagaimana tidak, kalau waktu masih muda sih wajar ya, namun di Perang Dunia Ninja Keempat saja dia sudah berumur 79 tahun, namun masih bisa melawan Madara, menghentikan meteor, babak belur, bangkit lagi, bertarung lagi, dan dia berumur 79 tahun.

Di Naruto bab 588, diketahui bahwa Onoki sendirian berhasil mengalahkan 25 Bunshin kayu Madara!

Di Boruto juga meski usianya sudah lebih tua lagi, dia masih bisa menggunakan Jinton

4. Iwagakure dan Konoha punya hubungan runcing saat Onoki dan Hiruzen jadi Kage

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsukicrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Iwagakure di era perang adalah salah satu musuh utama dari Konohagakure. Hiruzen alias Hokage Ketiga dan Onoki juga pada masanya memiliki hubungan yang kurang menyenangkan.

Onoki menjilat ludahnya sendiri di Perang Dunia Ninja Ketiga antara kelima desa besar, namun pemicu pertamanya adalah Iwa dan Konoha.

Setelah jembatan Kannabi dihancurkan tim Minato dan bantuan tak bisa dikirim oleh Iwagakure ke Ninjanya di medan perang, ditambah Minato dikatakan telah membunuh ribuan ninja Iwa sendirian, Hiruzen menawarkan genjatan senjata dan menghentikan perang dengan kemenangan Konoha.

Petinggi Iwagakure tidak setuju dan ingin melanjutkan perang, namun Onoki sadar bahwa banyak para ninjanya yang akan mati sia-sia, akhirnya dia pun menyerah dan menerima tawaran genjatan senjata dari Hiruzen.

5. Onoki termasuk langganan jasa Akatsuki

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsukiberbagai sumber

Onoki adalah Kage yang langganan menggunakan jasa Akatsuki, terutama di era perang. Tentunya Akatsuki di sini dibayar oleh Onoki untuk melakukan pekerjaan kotor seperti pembantaian desa yang berlainan dengan Iwagakure, tanpa harus mengotori tangannya sendiri.

Menurut Onoki, Akatsuki itu bisa dibayar murah, namun semua pekerjaannya dikerjakan dengan mulus tanpa cela, sehingga kenapa tidak?

6. Ia sempat jadi sosok keras kepala yang membenci generasi muda, namun melunak setelah Perang Dunia Ninja Keempat

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsukicrunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Sifat Onoki sangat keras, terlebih di era perang, maklum saja.

Di era Naruto kecil, Konoha dan Suna sempat mengajak Iwagakure untuk bekerja sama di Ujian Chuunin, namun Onoki menolak karena dia berpikir bahwa kedua desa itu sengaja dan menunggu pertahanan Iwa melemah karena fokus terbagi dengan Ujian Chuunin.

Dia juga memiliki sifat yang keras kepala dan sebenarnya kurang dihormati oleh generasi yang lebih muda. Alasannya bisa kita lihat ketika dia menyindir Tsunade sebagai Hokage yang tidak pecus dan memintanya untuk berhenti jadi Hokage setelah sadar (dari Pain), atau saat dia memandang sebelah mata Gaara, Kage yang masih muda. Itu memang sifatnya yang buruk, namun itulah fakta Onoki.

Namun sifat dan fakta Onoki tak hanya buruknya saja. Sejak diluluhkan oleh generasi muda di Perang Dunia Ninja Keempat, dia mulai percaya dengan generasi muda, ya sampai akhirnya dia ingin melindungi semua generasi muda sebaik mungkin dengan cara menciptakan Ku dan manusia buatan lain.

7. Salah satu dari sedikit orang yang dapat respek Madara

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsukicrunchyroll.com/Naruto Shippuden

Hanya sedikit orang yang pernah diakui oleh Madara, bahkan sampai akhir, Madara belum mengakui Naruto dan Sasuke (karena pertarungannya diganggu oleh Kaguya). Namun ada beberapa yang diakui, seperti Hashirama, Might Guy, dan Onoki. Fakta Onoki yang diakui Madara ini memiliki alasan dari Madara sendiri. Dia mengatakan bahwa Onoki adalah satu-satunya yang paling berbahaya dari kelima Kage (saat itu) karena dia memiliki pengalaman hidup yang panjang.

8. Kage generasi lampau pertama yang meninggal di Boruto

8 Fakta Onoki, Tsuchikage di Naruto yang Langganan Jasa Akatsukicrunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Para Kage aktif di Perang Dunia Ninja Keempat selamat dari perang tersebut. Mereka adalah Tsunade, Raikage Keempat, Onoki, Mei Terumi, dan Gaara. 

Dari daftar itu, Onoki akhirnya jadi mantan Kage pertama yang mati di anime Boruto. Dia berkorban untuk menghentikan Ku.

Mengingat Ku sendiri tercipta karena kesalahan Onoki, aksi itu juga bisa dianggap sebagai penebusan dosa Onoki.

Itulah delapan fakta Onoki di Naruto hingga Boruto. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Pembahasan Boruto Bab 51: Wujud Baru Naruto Bisa Membunuhnya?!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU