Apakah Teknik Gear Hanya Bisa Digunakan Luffy? Ini Pembahasannya!

Teknik-teknik yang diciptakan oleh Luffy ini mungkin tidak bisa diajarkan ke sembarang orang! Ini alasannya!

Di antara semua teknik bertarung yang ada di One Piece, teknik Gear termasuk yang patut diperhitungkan.

Sebelum timeskip saja Gear sudah mengalahkan banyak musuh tangguh, seperti Blueno dan Rob Lucci dari CP9. Begitu Luffy bisa mengintegrasikan Haki menjadi Gear 4, Doflamingo, Charlotte Cracker, dan Charlotte Katakuri pun bisa tumbang.

Namun apakah teknik Gear hanya bisa digunakan Luffy? Apakah teknik ini tak bisa diajarkan, seperti misalnya Fishman Karate? Begini situasinya!

Awal dari Gear

Luffy sepertinya merasa dirinya harus menjadi lebih kuat setelah dia dibekukan Aokiji dalam pertemuan pertama mereka.

Lalu CP9 bisa menghajar dia juga di Water Seven, tanpa Logia pula, dan Luffy pun sepertinya merasa dia memang butuh teknik baru.

Dari penuturan Luffy saat melawan Blueno, dia sepertinya terinspirasi Gear 2 setelah mempelajari teknik Soru anggota CP9. Jadi dia memang baru memikirkan itu setelah melihat aksi CP9 di Water Seven.

Kalau di versi manga, Luffy bahkan sepertinya tidak melatih dulu kekuatannya ini setelah terinspirasi. Setelah selamat dari Aqua Laguna, dia langsung masuk ke kereta dan lanjut ke Enies Lobby.

Gear 2 benar-benar baru dia gunakan dalam pertarungan melawan Blueno, sementara Gear 3 ia aktifkan untuk menghancurkan gerbang.

Di salah satu movie, Luffy memang diperlihatkan tidak sengaja mengaktifkan Gear 2 karena ditindih oleh robot besar. Namun seperti kebanyakan movie One Piece, film itu tidak dianggap resmi. (Film One Piece yang dianggap resmi baru Strong World).

Gear Pada Dasarnya Memanfaatkan Tubuh Karet Luffy

Sejak awal, Gear dikembangkan oleh Luffy untuk melawan musuh yang lebih kuat dengan memanfaatkan tubuh karetnya.

Ini yang membuat teknik Gear hanya bisa digunakan Luffy.

Gear 2 pada dasarnya adalah Luffy mempercepat aliran darah tubuhnya dengan memompa. Sejak awal, metode memompa darah Luffy ini mustahil dilakukan oleh manusia-manusia dengan tubuh normal.

Kalaupun orang lain bisa mengaktifkan teknik sejenis Gear 2, bila jantung mereka tidak terbuat dari karet seperti Luffy, mereka bisa mati karena jantungnya meledak.

Ini bahkan bisa jadi masalah sendiri bagi Luffy kalau dia melawan musuh yang dapat meredam kekuatannya, seperti Blackbeard. Semua Gear jadi tidak bisa ia aktifkan.

Sementara itu, untuk Gear 3 Luffy memperbesar tulangnya dengan meniup. Untuk Gear 4, Luffy juga meniup udara ke tubuhnya, namun yang dia besarkan adalah ototnya. (Itu pun dia mengaktifkan Busoshoku Haki duluan).

Semua teknik Gear disusun dari sifat elastis tubuh Luffy, jadi Gear mustahil diajarkan kecuali muridnya juga – entah gimana – bisa memiliki tubuh karet.

Bisa Ditiru

Meski mustahil diajarkan dengan sempurna ke orang lain, Gear masih bisa ditiru oleh pemakan Buah Iblis tertentu.

Tentu saja, tiruan itu cara kerjanya pasti beda dari Gear asli.

Lihat saja di atas. Untuk menunjukkan dirinya superior dari Luffy, Katakuri sempat membalas Gear 3 Luffy dengan tiruan Gear 3.

Meski begitu, untuk “Gear 3 Mochi” ini Katakuri tidak meniupkan udara ke tulangnya. Dia memanipulasi bentuk tangannya menjadi besar, lalu melapisinya dengan Busoshoku Haki.

Hebatnya, berhubung level Busoshoku Haki Katakuri lebih tinggi dari Luffy, serangan tiruan ini justru bisa mengungguli yang asli.


Itulah kenapa Gear hanya bisa digunakan Luffy.

Yang bikin penasaran adalah: adakah yang bisa meniru teknik Gear Luffy dengan memanfaatkan Buah Iblis, seperti yang dilakukan Katakuri? Bisa menarik jika iya.

Gimana menurut kamu soal situasi ini? Sampaikan di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.