Demo VIP Anthem Bermasalah!? Inilah Hal yang Dapat Diperbaiki Saat Rilis

Anthem, sebuah game baru dari developer veteran BioWare membuka demo khusus pada akhir pekan yang lalu. Demo VIP Anthem ini hanya dapat diikuti oleh pemain yang telah melakukan pre-order atau mendapatkan kode dari orang lain.

Anthem, sebuah game baru dari developer veteran BioWare membuka demo khusus pada akhir pekan yang lalu. Demo VIP Anthem ini hanya dapat diikuti oleh pemain yang telah melakukan pre-order atau mendapatkan kode dari orang lain.

Meskipun dikatakan demo, namun beberapa aspek gameplay akan berbeda dengan full game nantinya. Sistem ekonomi dan gameplay dipermudah untuk membuat pemain agar merasakan pengalaman Anthem dalam playtime yang sedikit.

Perbedaan dalam demo ini membuat pemain resah, terlebih lagi mengenai sistem ekonomi dalam game. Seperti yang kita ketahui, Anthem merupakan salah satu game yang dipublish oleh Electronic Arts yang “terkenal” dengan microtransaction Star Wars Battlefront 2.

online multiplayer

sumber: Anthem Game

Berbagai masalah lain muncul dalam VIP demo ini. Banyak pemain yang tidak bisa login karena server telah penuh. Pihak BioWare mengatakan masalah ini terjadi karena lonjakan jumlah pemain yang sebelumnya belum pernah terjadi dalam masa internal testing.

Selain masalah server penuh, pemain juga mengalami masalah ketika loading. Pemain dapat “tersangkut” di layar loading untuk waktu yang sangat lama. Masalah ini dialami pemain ketika pertama kali masuk kedalam game maupun ketika loading dalam perpindahan area. Infinite loading hanya dapat dihentikan dengan cara keluar dari permainan.

Beberapa masalah mengenai kontrol juga ditemukan dalam Anthem versi PC. Akselerasi mouse ketika digunakan untuk membidik terasa kurang responsif. Selain itu, kontrol ketika pemain terbang juga sulit dan aneh. Pemain harus men-drag sebuah kursor berbentuk lingkaran untuk mengendalikan arah terbang. Mirip dengan kontrol analog pada beberapa game mobile.

Sebelum demo dimulai, BioWare telah mengatakan bahwa VIP demo merupakan build Anthem dari enam minggu sebelumnya, yang berarti terdapat berbagai bug dan optimisasi yang belum diterapkan.

Banyak komentar negatif tentang VIP demo ini karena banyak yang merasa demo ini lebih cocok disebut sebagai beta test. Demo dari sebuah game seharusnya dapat menggambarkan bagaimana game tersebut ketika rilis nantinya. Namun dalam demo kali ini terdapat berbagai masalah yang seharusnya sudah diperbaiki ketika rilis nanti.

Public demo VIP Anthem dibuka pada tanggal 1 Februari hingga 3 Februari. Anthem akah dirilis secara utuh pada tanggal 22 Februari nanti.

Share this article

TENTANG PENULIS