Derita Industri Anime Jepang: “Kita Kekurangan Sutradara Animasi!”

Dibutuhkan darurat! Sutradara animasi langsung interview nggak pakai lama!

Dalam sebuah kolom di Web Anime Style pada tanggal 17 Januari lalu, sutradara Berserk versi 2016, Shin Itagaki mengungkapkan pendapatnya tentang industri anime Jepang.

Sutradara tersebut menuliskan tentang salah satu masalah yang melanda industri anime, tapi kerap diabaikan hingga saat ini. Masalah apakah itu? Di zaman ketika sudah banyak sekali anime yang muncul setiap musimnya, Itagaki mengungkapkan bahwa saat ini industri anime Jepang kekurangan sutradara animasi!

Di dalam produksi sebuah anime, sutradara animasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi jalannya pengerjaan animasi di dalam suatu tayangan. Jadi, dalam tahap konsep hingga jadi, tanggung jawab akan kualitas animasi anime tersebut jatuh kepada sang sutradara animasi.

Itagaki juga menambahkan bahwa hal ini masalah yang lebih besar daripada kekurangan key animator! Apalagi ketika tidak ada waktu untuk melatih animator-animator baru, sebagian besar tanggung jawab ini jatuh ke pada sutradara animasi.

“Hari-hari begini, sudah biasa kalau sutradara episode bersama-sama dengan sutradara animasi untuk menggambar ulang 80-90 persen animasi kunci yang sudah dibagikan,” sebut Itagaki.

Untuk memperjelas pentingnya posisi ini, Itagaki juga menegaskan bahwa ia sempat menerima dua panggilan untuk membantu sebagai sutradara animasi. Bahkan dalam salah satu bagian dari anime garapannya, Ulysses: Jeanne d’Arc and the Alchemist Knight ia sampai ikut membantu sebagai sutradara animasi.

Itagaki menjelaskan, bahwa sebagian besar momen-momen turunnya kualitas animasi dalam anime juga bukan karena keteledoran pihak asisten produksi maupun storyboard yang telat.


CONTINUE READING BELOW

Ini Klarifikasi Manajer Reza Arap Akan Cuitannya Tentang Kabar Jess No Limit!

Setelah sempat menuai respon berbagai macam, akhirnya manajer Reza Arap Oktovian memberikan klarifikasi tentang cuitan Youtuber tersebut.


Penurunan kualitas tersebut justru disebabkan karena studio-studio kecil juga sampai kalah dengan perusahaan besar dalam memperebutkan para sutradara animasi.

Apa pendapatmu tentang industri anime Jepang dari anime-anime favoritmu? Bagikan opinimu melalui kolom komentar di bawah ini!

Sumber: Anime News Network


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang sekarang pindah ke Webnovel.