Review Kingdom Hearts 3: Penantian 13 Tahun! Apakah Terbayarkan?

Menunggu sejak 2005 sampai akhirnya gim ketiganya rilis, apakah penantian 13 tahun itu terbayarkan? Simak review Kingdom Hearts 3 berikut ini!

Penantian panjang kini berakhir bagi para penggemar serial Kingdom Hearts, karena Kingdom Hearts 3 sudah rilis. Namun, apakah penantian panjang itu terbayarkan?

13 tahun lamanya sejak Kingdom Hearts 2 rilis, baru akhirnya Kingdom Hearts 3 rilis ditahun 2019 ini.

Kingdom Hearts sendiri menjadi gim penuh kenangan masa kecil bagi sebagian orang, termasuk saya, termasuk kamu, namun apakah gim ketiganya ini berhasil memuaskan para penggemar? Simak review Kingdom Hearts 3 berikut ini!

Story

kingdom hearts 3 gameplay

Kalau membahas tentang review Kingdom Hearts 3, salah satu nilai jual dari serial Kingdom Hearts memang ceritanya.

Masih tidak berubah, jagoan kita di gim ini adalah Sora, yang berpetualang antar dunia bersama dengan Goofy dan Donald Duck.

Masalah utamanya adalah, bagi kamu yang tidak mengikuti spin off dari serial gim Kingdom Hearts lainnya (di luar Kingdom Hearts 1 dan 2), maka kamu akan kebingungan.

Bahkan dikatakan juga bahwa Kingdom Hearts 3 itu melanjutkan kejadian di Kingdom Hearts: Dream Drop Distance, karena itu jika kamu ingin mendalami cerita gim ini sedari awal, pasti akan kesulitan jika tak mengikuti serial lainnya.

Gameplay

bocoran kingdom hearts iii - gameplay

Masih sama seperti gim-gim sebelumnya, review Kingdom Hearts 3 tak akan banyak membahas tentang gameplay dari gim ini.

Meskipun begitu, masih terasa interaktif dengan area, di mana kamu bisa menggunakan kelebihan dari teman (seperti bantuan Goofy atau Donald) serta bisa berinteraksi dengan area sekitar.

Contohnya, kamu bisa berlari di dinding, kamu juga bisa berbicara dengan beberapa NPC yang terkadang memberikanmu item.

Selebihnya, masih gim Hack and Slash seperti sebelumnya, namun anehnya di PlayStation 4, tombol melompat adalah lingkaran, dan tombol menyerang ada silang atau X, sepertinya terasa terbalik, membuat penulis sedikit kewalahan di awal, namun tidak mengganggu.

Keyblade

Keyblade adalah senjata utama yang digunakan Sora. Di sini, Keyblade miliknya bisa berubah.

Ada beberapa jenis Keyblade, tergantung dunianya yang bisa kamu gunakan sesuai kondisi.

Selain itu, beberapa Keyblade memiliki teknik tersendiri.

Saya sendiri tertarik dengan fitur Keyblade ini, di mana bisa kita sesuaikan tergantung kondisi lawan yang kita hadapi.

Beragam Dunia Baru

Masih berputar di dunia Disney, kita mendapatkan berbagai dunia baru dari serial Disney tentunya.

Beberapa dunia tersebut seperti dunia Frozen, Toy Story, Monster Inc, Winnie the Pooh, Tangled, Big Hero 6, dan lain sebagainya.

Bagai pecinta Disney, menjalajahi setiap dunia terasa sangat menarik, seperti menjadi mainan bersama Woody dan Buzz, menjadi monster bersama dengan Sully dan Mike, serta banyak lainnya.

Kesimpulan

Apakah penantian panjang ini terbayarkan? Jika menyinggung sisi emosionalnya, maka gim ini membayarnya dengan lunas!

Kenapa sisi emosional? Mungkin ada di antara kamu yang terakhir kali bermain Kingdom Hearts dan bertemu Sora, Goofy, dan Donald itu ketika kita masih di Sekolah Dasar, sama seperti saya.

Namun dari beberapa sisi lain, seperti gaya bermain yang agak sedikit repetitif menurut saya, membuat satu-satunya nilai kurang dari gim ini, lalu berapa penilaian untuk review Kingdom Hearts 3?

Penilaian: 8.5/10

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.