Benarkah Goofy Adalah Sapi? Jawabannya Ternyata Tidak!

Awas ketipu! Sumber berita Goofy adalah sapi sendiri ternyata berasal dari berita komedi, yang kemudian dianggap serius oleh netizen!

Apakah Goofy adalah sapi?

Pertanyaan ini merebak bulan Januari 2019 ini. Dikatakan kalau bukti Goofy adalah sapi diperkuat dengan artikel dari Reel Rundown yang sudah terbit sejak tahun 2012.

Namun kenapa hingga sekarang situs wiki Disney tetap menulis Goofy sebagai manusia anjing?

Karena sebenarnya artikel yang mengungkap Goofy adalah sapi sendiri sebenarnya adalah artikel komedi, yang entah kenapa kemudian dianggap serius.

Untuk urusan pembongkaran hoaks dan misinformasi, seperti biasa saya melihat situs Snopes yang memang sudah terbiasa untuk urusan seperti ini.

Artikel Reel Rundown, yang kadang bahkan tak dikutip oleh penyebar meme ini, mengungkap,

“Goofy selalu dikira sebagai anjing dengan karakteristik manusia. Namun yang tidak dikatakan oleh Disney adalah Goofy sebenarnya sapi. Lebih spesifiknya, sapi Aberdeen-Angus. Sebuah fakta yang sengaja ditutupi oleh Disney berhubung negara asal Goofy bukan Amerika. Di tahun 1939 saat nasionalisme Amerika sedang tinggi-tingginya, riwayat asli Goofy bisa membuat skandal untuk Disney. Skandal yang bisa menyelesaikan karier Goofy saat baru dimulai.”

Yang mengungkap kalau artikel soal Goofy ini benar-benar komedi adalah bagian selanjutnya, yang menyajikan Goofy sebagai makhluk hidup yang lahir di Dipalwa Dawala dan kemudian ditemukan oleh pencari bakat Disney.

Meme Goofy adalah sapi sendiri kemungkinan awalnya disajikan sebagai parodi, seperti artikel Reel Rundown.

Namun seperti biasa, semakin sesuatu seperti ini menyebar, kadang semakin banyak juga yang menyebarkan tanpa mengetahui cerita besar di baliknya.

Ujung-ujungnya, sepertinya ada juga orang-orang yang mengira Goofy beneran sapi.

Jadi, tidak kawan-kawan sekalian. Seperti yang sudah terlihat dari hidungnya, Goofy beneran manusia anjing di Kota Bebek. Dia bukan manusia sapi yang Disney selubungi sebagai anjing untuk membuat dia tetap laku menjelang Perang Dunia II.

Lagipula, sebenarnya kita sudah melihat manusia sapi di Kota Bebek. Dia adalah Klarabela, dan bentuk hidungnya memang unik, tidak seperti Goofy.

Tentu saja, Klarabela sapi dulu pernah menjadi pujaan hati Goofy juga tidak membuktikan Goofy itu sapi. Banyak tokoh kartun yang memiliki pasangan beda spesies. Roger Kelinci saja jatuh cinta terhadap Jessica Kelinci, yang manusia seksi.

Lagian, Goofy tidak punya tanduk seperti Klarabela yang memang sapi. Seharusnya dari situ saja kalian sudah tahu sendiri soal betapa meragukannya meme ini.

Gimana menurut kamu soal meme Goofy adalah sapi yang telah dibantah oleh Snopes ini? Apa kamu masih yakin Goofy adalah sapi? Sampaikan di kolom komentar!

Sumber: Snopes

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.