Penuh Nostalgia! Inilah 10 Anime Klasik Yang Wajib Kamu Tonton!

Kalau untuk KUALITAS, anime-anime ini masih hits sampai sekarang gans!

Dengan berkembangnya jaman, anime juga semakin banyak dan bervariasi. Namun beberapa anime yang sudah berumur pun juga tak kalah dalam segi kualitas. Entah untuk menikmati karya anime klasik, ataupun sekedar nostalga, berikut adalah daftar anime klasik yang wajib kamu tonton!

1

Cowboy Bebop

Tak seperti judulnya, Cowboy Bebop tak menceritakan tentang petualangan koboi di wild west Amerika. Cowboy Bebop menceritakan tentang kehidupan seorang pemburu kriminal yang disebut Cowboy.

Kisah petualangan Spike Spiegel di luar angkasa ini sering dsebut-sebut sebagai anime terbaik sepanjang masa. Cowboy Bebop dikatakan sebagai awal mula anime merambah ke penonton barat.

2

Yaiba

Yaiba menceritakan tentang petualangan seorang samurai bernama Yaiba. Anime ini merupakan adaptasi dari manga buatan Gosho Aoyama, mangaka dibalik seri Detective Conan (Case Closed).

Yaiba merupakan seorang samurai yang menghabiskan hidupnya berlatih di hutan bersama ayahnya. Namun suatu hari ia terjebak didalam mobil yang membawanya ke kota. Dari sini, perjalannya untuk menjadi samurai yang sesungguhnya dimulai.

3

Akira

 Akira

Merupakan adaptasi dari manga dengan nama yang sama, Akira berlatar di Tokyo pada tahun 2019 setelah terjadinya perang dunia 3. Tokyo menjadi sebuah kota yang dipenuhi kriminalitas dan kekacauan.

Shotaro Kaneda, protagonis dari film ini merupakan seorang pemimpin geng motor. Alur cerita Akira dimulai ketika Tetsuo Shima, teman Kaneda mendaptkan sebuah kekuatan esper setelah ia mengalami kecelakaan.

Kaneda pun akan dihadapkan pada situasi yang luar biasa. Seorang geng motor melawan temannya sendiri, yang berkembang menjadi sosok esper luar biasa kuat.

4

Ranma 1/2

 

Ranma 1/2 merupakan sebuah anime komedi yang menceritakan kutukan si protagonis, Ranma Saotome. Dalam sebuah perjalan, Ranma mengalami kecelakaan yang membuatnya terkena kutukan yang dapat merubahnya menjadi seorang perempuan.

Ketika terkena air dingin, Ranma akan berubah menjadi seorang perempuan. Ia dapat menjadi laki-laki jika ia terkena air hangat. Ranma 1/2 merupakan adaptasi dari manga karya Rumiko Takahashi, yang juga merupakan mangaka dari Inuyasha.

5

Neon Genesis Evangelion

 

Evangelion sangat cocok untuk para penggemar mecha, anime tahun 1996 ini menceritakan tentang perjuangan manusia melawan alien. Untuk melawan alien yang disebut “malaikat” ini, umat manusia menggunakan sebuah robot raksasa bernama Evangelion.

Neon Genesis Evangelion mendapatkan reboot yang berbentuk film. Reboot Evangelion memiliki 3 film yang telah tayang dan satu film yang diperkirakan rilis pada 2020.

6

My Neighbor Totoro

Salah satu anime Ghibli klasik, My Neighbor Tottoro menjadi sebuah tontonan wajib bagi penggemar anime fantasi. Film ini menceritakan tentang pengalaman dua orang anak perempuan yang berteman dengan roh hutan. Seperti film garapan Hayao Miyazaki lainnya, My Neighbor Totoro mendapatkan berbagai tanggapan positif dan pernah memenangkan berbagai penghargaan.

7

Inuyasha

 

Inuyasha merupakan adaptasi dari manga buatan Rumiko Takahashi. Bertemakan action, komedi dan sedikit romance, Inuyasha menceritakan tentang seorang gadis bernama Kagome yang kembali ke masa lalu setelah terjatuh di sumur.

8

Rurouni Kenshin

 samurai x tayang di global tv

Rurouni Kenshin atau yang lebih dikenal dengan Samurai X merupakan salah satu anime yang dulu pernah ditayangkan di Indonesia. Samurai X berlatar di Jepang pada era Meiji (1870-an) dan menceritakan kisah Himura Kenshin.

Seperti pada judulnya, Samurai X menceritakan tentang kehidupan samurai, Himura Kenshin merupakan seorang mantan pembunuh yang terkenal sebelum akhirnya memutuskan untuk menyembunyikan identitasnya.

9

Yu Yu Hakusho

 

Bosan dengan anime superpower biasa? Yu Yu Hakusho menghadirkan shonen battle anime yang sedikit berbeda dari biasanya. Yusuke Urameshi, tokoh protagonis anime ini mendapatkan kekuatan super setelah ia mati tertabrak mobil dan terlahir kembali di underworld. Di alam tersebut ia menjadi seorang detektif yang bertugas untuk menyelesaikan kasus yang melibatkan iblis.

10

Cooking Master Boy

 

Sebelum Shokugeki no Shouma populer, ada anime memasah yang tak kalah epic. Cooking Master Boy, atau juga disebut Chukan Ichiban menceritakan tentang perjuangan seorang koki di jaman dinasti Qing di Cina. Mao berkeinginan untuk menjadi seorang super chef agar dapat mengambil alih restoran ibunya.

Ia berpetualang ke seluruh penjuru Cina untuk mempelajari berbagai cara memasak agar menjadi seorang chef legendaris.

Share this article

TENTANG PENULIS