Mendingan Mana Nih Gaes?! Apex Legends atau PUBG?

Wah, sekarang ada saingan berat buat battle royale! PUBG atau Apex Legends nih?! Kalian main yang mana gaes?!!

Gim battle royale seperti PlayerUnknown’s Battleground dan Fortnite menjadi tren terbesar belakangan ini. Respawn Studio juga mengkuti trend ini dengan Apex Legends, game battle royale dalam dunia Titanfall.

Namun apakah Apex Legends dapat bersaing dengan PUBG dan sejenisnya?

Apex Legends dikembangkan oleh Respawn Studios, studio yang sebelumnya juga mengembangkan franchise Titanfall. Selayaknya battle royale pada umumnya, pemain harus bertahan hidup dan mengalahkan pemain lain dalam map yang sama. Dalam Apex Legends hanya tersedia mode squad tiga orang.

Yang menjadi perbedaan utama dari battle royale lainnya adalah sistem hero. Apex Legends memiliki sedikit elemen dari class based shooter layaknya Overwatch atau Paladins. Tiap karakter memiliki skill yang berbeda, misalnya heal karakter lain, atau menjadi tidak terlihat untuk beberapa saat.

Pada battle royale lainnya, tiap pemain memiliki awal yang seimbang ketika pertama kali mendarat di peta. Apex Legends memberi tiap pemain keunikan sejak pertama kali mendarat, berkat pilihan karakter yang memiliki karakter yang unik.

Pemain yang menggunakan karakter Bloodhound dapat melacak posisi lawan, Lifeline akan lebih fokus heal rekan setim, Pathfinder akan menyusuri medan pertempuran untuk mencari posisi terbaik.

apex legends

Sumber : Electronic Arts

Meskipun Apex Legends menitikberatkan teamwork untuk mencapai kemenangan, pemain tak harus mengatakan apapun. AI dari karakter pemain akan meneriakkan berbagai hal pada situasi tertentu, seperti “taking fire” dan “enemy sighted”. Pemain juga dapat menandai loot atau lawan sebagai target.

Perbandingan dengan PUBG

PUBG memiliki pacing yang lebih lambat, permainan lebih berfokus pada manajemen resource yang dimiliki pemain. Di awal permainan, ketika pemain pertama kali mendarat akan lebih berfokus mencari dan mengumpulkan senjata dan barang barang lainnya.

Tembak-tembakan antar pemain akan lebih sering terjadi mendekati akhir permainan. Pertempuran juga sering terjadi diawal permainan untuk berebut persenjataan.

Apex Legends memiliki tempo permainan yang lebih cepat berkat skill dari tiap karakter. Tembak-tembakan yang terjadi akan menjadi sangat flashy, dengan skill-skill yang dimiliki pemain dapat menghabisi lawan dengan cepat.

Anggota skuad yang mati juga bisa dihidupkan dengan mudah, dalam PUBG pemain harus menghidupkan rekan dalam jangka waktu yang singkat. Apex Legends menghadirkan cara yang lebih mudah untuk menghidupkan rekan. Pemain hanya perlu membawa banner dari skuad yang mati dan pergi ke reviving station.

Metode ini dapat mengurangi resiko pemain ditembak pemain lawan ketika menunggu proses revive.

Kalau berbicara mana yang lebih baik antara PUBG dan Apex Legends, sebenarnya tergantung selera masing masing. Namun Apex Legends memiliki banyak fitur yang tidak ditemukan di PUBG dan yang lebih penting lagi, main game ini tak perlu bayar alias gratis!


Jadi menurut kalian bagaimana? Pilih Apex Legends atau PUBG?

TENTANG PENULIS