Perubahan Apakah yang Dilakukan Avengers Jika Time Travel Terjadi?

Kalau iya pun, kira-kira digunakan untuk apa saja nih?

Avengers: Endgame terjadi setelah Thanos selesai mewujudkan tujuannya. Sebagian besar pahlawan super berubah menjadi debu dengan kekuatan Infinity Gauntlet. Berbagai spekulasi mengenai cara Avengers untuk mengembalikan korban jentikan maut Thanos, salah satunya dengan time travel.

Dalam universe Marvel, kemampuan dan kejadian yang melibatkan perjalanan waktu seringkali terjadi. Bahkan dalam komiknya ada beberapa karakter yang dapat memanipulasi ruang dan waktu dengan mudah.

Namun hingga kini dalam Marvel Cinematics Universe, kekuatan yang dapat memanipulasi waktu hanya dimiliki oleh Eye of Agamotto atau Time Stone. Saat ini batu tersebut berada di tangan Thanos, sehingga sulit untuk anggota Avengers dapat menggunakannya.

Sebuah figur Thor menunjukkan sebuah objek di tangannya yang menyerupai objek di tangan beberapa pahlawan di sebuah foto adegan Avengers: Endgame. Objek ini diyakini memiliki kemampuan time travel.

Dengan hadirnya trailer terbaru Avengers: Endgame, kemungkinan hadirnya alat tersebut menjadi semakin kuat. Dalam trailer tersebut ditunjukkan Tony Stark sedang membuat sesuatu bersama Nebula. Bisa jadi mereka membuat alat ini.

Namun time travel akan menimbulkan berbagai masalah baru, seperti berbagai plot hole dan ketidak konsistenan timeline. Seolah-olah berbagai film sebelumnya tidak memiliki makna yang signifikan dan berpotensi mengacaukan timeline MCU.

Jika memang benar konsep time travel akan digunakan pada Avengers: Endgame, maka terdapat beberapa alasan dilakukannya time travel.

Menghentikan Thanos Sebelum Mendapat Infinity Gauntlet

Sumber: imdb

Avengers mengalami kekalahan telak akibat kekuatan Infinity Gauntlet yang dapat mengendalikan berbagai unsur dasar alam semesta. Jika seluruh anggota Avengers yang tersisa kembali ke masa lalu sebelum Thanos mendapatkan Infinity Gauntlet di Nidavellir.

Mengalahkan Thanos Sebelum Dia Terlalu Kuat

Sumber: Youtube.com (klip Infinity War)

Bagaimana jika mereka kembali ke masa lalu, untuk mengalahkan Thanos sebelum dia menjadi lebih kuat?

Mungkin saja konsep seperti Deadpool membunuh bayi Hitler bisa terjadi, kalau mereka memang sebegitu kejinya.

Menemukan Infinity Stone Terlebih Dahulu

Sebelum ditemukan oleh Thanos, tidak ada yang tahu keberadaan Infinity Stone. Para Avengers yang datang dari masa depan tersebut dapat mencari batu tersebut lebih dahulu, terutama mencegah Tesseract yang telah berada di tangan Avengers sejak lama jatuh ke tangan Thanos. Kekuatan batu tersebut membuat Thanos dapat berada di manapun yang ia inginkan.

Meskipun memiliki alasan yang logis, perjalanan waktu sendiri menimbulkan berbagai masalah. Sebagai contoh jika seorang pahlawan kembali ke masa lalu, maka ia dapat bertemu dengan dirinya di masa lalu.

Namun hal ini dapat dihindari dengan mudah selama superhero tersebut tidak muncul di muka umum ataupun mengikuti sebuah pertempuran yang sebelumnya ia ikuti.

Time travel pada MCU mungkin bisa terjadi, akan tetapi tidak akan terjadi pada skala yang besar untuk menghindari berbagai macam masalah dan plothole.

TENTANG PENULIS