Dengan Teknologi Mixed Reality, Tokoh-tokoh Sejarah di Gim Kartu Ini Bisa Bersuara dan Bergerak!

Bikin pelajaran sejarah makin menyenangkan nih!

Beberapa diantara kalian pasti sudah ada yang mengenal gim kartu Linimasa bukan? Gim kartu yang dikembangkan oleh Mechanimotion ini akhir tahun lalu sudah membuka fase pre-order, dan akhirnya dijual secara bebas awal tahun ini. Linimasa sendiri merupakan gim kartu yang dijanjikan bakal membuat belajar sejarah menjadi lebih menyenangkan dibandingkan dengan hanya membaca buku saja.

Nah, rupanya gim kartu Linimasa tidak hanya bisa dimainkan layaknya gim kartu fisik lain saja. Mechanimotion juga sudah menanamkan beberapa teknologi yang bisa kamu nikmati lewat kartu ini. Salah satunya adalah teknologi Mixed Reality (MR) untuk “menghidupkan” tokoh-tokoh sejarah yang ada di kartu-kartu tersebut!

gim kartu linimasa mixed reality

Untuk menikmati teknologi MR ini, pertama-tama tentu kamu harus memiliki satu set gim kartu Linimasa terlebih dahulu yang bisa kamu dapatkan di toko-toko terdekat atau di marketplace online favoritmu. Lalu setelah itu, kamu bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store (sementara baru tersedia untuk Android saja).

Selanjutnya, kamu harus memiliki satu unit VR Box dan masukkan smartphone-mu dengan aplikasi tersebut sudah terpasang di dalamnya. Dan arahkan VR Box tersebut ke kartu-kartu Linimasa, dan kamu akan melihat animasi 3D tokoh-tokoh sejarah tersebut muncul di hadapan mata!

gim kartu linimasa mixed reality

Animasi tersebut juga akan menjelaskan sedikit mengenai biografi para tokoh tersebut. Selain itu, beberapa tokoh juga akan hadir dengan suara aslinya.

Saat ini masih tersediah 10 tokoh sejarah dan akan terus dikembangkan sesuai tokoh dalam seri gim kartu Linimasa, dari Linimasa Seri Kerajaan hingga Seri Tokoh STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics). Beberapa tokoh yang sudah dimunculkan dalam MR ini antara lain Bung Karno yang membacakan teks proklamasi, Jenderal Sudirman, Raden Ajeng Kartin, Bung Tomo, hingga W.R. Supratman

gim kartu linimasa mixed reality

“Nantinya kami akan mengembangkan board game yang memanfaatkan teknologi Mixed Reality, sehingga menghadirkan proses bermain yang jauh lebih seru”, ungkap Adhicipta R. Wirawan, Creative Director dari Mechanimotion Entertainment seperti dikutip dari pernyataan resminya.


CONTINUE READING BELOW

Tembus Target Galang Dana Hingga 166%, Gim Kartu Linimasa Siapkan Edisi Keduanya!

Gim kartu Linimasa sudah menggelar galang dana sejak bulan November 2018 kemarin. Dan akhirnya, gim yang bertujuan untuk membantu anak-anak belajar sejarah ini berhasil menembus target, bahkan hingga 166%!


gim kartu linimasa mixed reality

Tertarik untuk belajar sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan? Dapatkan gim kartu Linimasa di marketplace online favoritmu dan juga unduh aplikasi MR-nya melalui tautan berikut ini.

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.