Jika Boruto Tamat di Volume 30, Ini Tahun dan Bulan Tamatnya!

Trus duelnya lawan Kawaki di Konoha yang hancur kapan ya?

Sebelumnya, telah kami beritakan juga bahwa manga Boruto tamat di volume 30, kira-kira kapan ya hari itu akan tiba?

Dalam sebuah wawancara dengan situs Manga Plus, Mikio Ikemoto merencanakan akan menyelesaikan manga Boruto tamat di volume 30, yang berarti tak membutuhkan waktu lama lagi.

Sejauh ini, manga kompilasi dari serial Boruto itu masing-masing berisi 4 bab, karena satu babnya saja sudah panjang karena terbitnya bulanan.

Paling terbaru adalah chapter 28 sampai 31 yang kemungkinan akan menjadi manga kompilasi volume 8.

Ini berarti, dari 32 seterusnya akan menjadi volume 9 dan begitu seterusnya. Jika tamat di volume 30, dan kita asumsikan saat ini sudah sampai volume 8 (chapter 31), ini berarti masih ada 22 volume lagi yang akan rilis.

Jika masing-masing volume memiliki 4 bab, maka 22 volume akan ada 88 bab lagi.

Kapan kita akan mencapai bab ke 88 dari sekarang? Mari kita asumsikan bahwa manga Boruto akan terbit setiap bulannya tanpa libur. Suatu saat nanti libur memang mungkin ada, namun kita tak bisa memperkirakan kapan dan seberapa lama liburnya (yang paling mungkin hanya satu bab libur saja) karena itu kita buat perhitungan tanpa jeda atau tanpa libur.

Ini berarti, dalam setahun manga Boruto bisa melahirkan 12 bab. Seandainya dalam 12 bulan itu ada 12 bab, berarti butuh 7 tahun dan 4 bulan bagi manga Boruto untuk tamat.

Jika kita hitung mulai dari bulan Maret 2019 (karena chapter 31 rilis di bulan Februari 2019), maka nantinya jika benar-benar Boruto tamat di volume 30 (tanpa pengurangan, tanpa dilebihkan, tanpa jeda libur), maka manganya akan tamat pada tahun 2026 sekitar bulan Juni atau Juli.

Nah kira-kira 7 tahun lagi ketika manga Boruto tamat, kamu sudah jadi apa tuh? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.