Bukan Buatan Umbrella! Virus Zombie Rusa Bikin Resah Dunia!

Seremnya lagi, bisa jadi virus ini bisa menular ke orang, lho!

Para peneliti saat ini sudah menemukan bahwa sebuah virus berbahaya yang mampu menciptakan zombie rusa bisa jadi menular kepada kita.

Dilansir dari Forbes, setidaknya dari bulan Januari kemarin sudah terdapat laporan penyakit CWD dalam 22 negara bagian Amerika Serikat dan 2 provinsi Kanada.

CWD adalah singkatan dari Chronic Wasting Disease, alias Penyakit Pembusukan Kronis, yang punya nama populer penyakit Zombie Rusa. Dalam penyakit tersebut, pembusukan terjadi pada otak dan tubuh.

Seperti dijelaskan oleh pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC), CWD melumpuhkan syaraf otak, tulang pungung sampai seluruh organ tubuh lain hingga menyebabkan kematian seperti penyakit Sapi Gila.

Penyakit ini pun menular via cairan tubuh, makanan, air, maupun kontak dengan jaringan tubuh. Gejala-gejala ini pun dimulai kurang lebih setahun setelah penularan.

Gejala-gejala tersebut antara lain berat badan dan energi yang jatuh drastis, kesulitan dalam koordinasi keseimbangan tubuh, terlalu haus dan lapar, saluran pembuangan terganggu, dan perilaku sangat agresif. Persis seperti seekor zombie.

Stefanie Czub, DVM, PhD, pimpinan sebuah tim riset gabungan dengan Agensi Inspeksi Makanan Kanada berhasil menginfeksi seekor monyet Macaque dengan virus CWD dan dilaporkan melalui konferensi di Edinburgh, Skotlandia tahun 2017.

Konferensi bertajuk “Transmisi CWD ke makhluk primata non-manusia” tersebut membuat Czub menarik kesimpulan bahwa penyakit Zombie Rusa ini tidak hanya akan mampu menyerang para monyet Macaque saja, akan tetapi dikhawatirkan suatu hari akan menginfeksi manusia juga.


CONTINUE READING BELOW

Yakin Bisa Chicken Dinner Instan? Ini Lho, 6 Perbedaan PUBG Lite PC dan Mobile!

Perbedaan PUBG Lite PC dan Mobile itu jauh banget, lho! Yakin kamu bisa langsung Chicken Dinner sekali main pertama kali?


Dalam artikel tersebut juga disebutkan berbagai kiat untuk menghindari CWD, yang kalau disimpulkan kurang lebih menjauhi kontak langsung dengan para rusa dan memastikan para rusa tersebut menjalani tes CWD untuk keselamatannya.

Nah, bagaiman respon kamu terhadap kabar virus zombie rusa tersebut? Bagikan kisah horormu melalui kolom komentar di bawah ini!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang sekarang pindah ke Webnovel.