Review Cenayang: Board Game Seru yang Bisa Bongkar Rahasia Teman!

Kepo dengan rahasia teman atau gebetan? Daripada stalking atau tanya langsung, mending ajakin main ini aja!

Rahasia selalu menjadi hal yang menarik. Apalagi jika itu rahasia teman yang sudah lama berteman dengan kita. Siapa yang tidak ingin tahu rahasia-rahasia teman yang selama ini tidak kamu ketahui?

Dibanding tanya ke mereka langsung (dan mungkin mereka bakal menolak untuk menjawab, hehe), maka kamu bisa melancarkan “modus” lewat board game baru berjudul Cenayang ini. Cenayang sendiri datang dari publisher board game asal Jakarta, Memento Craft yang akan membantumu “membongkar” rahasia-rahasia teman tersebut. Yah paling tidak, sok-sokan “menerawang” dari kulit luarnya saja.

Board game ini bisa dimainkan mulai dari 3-6 orang dan dalam satu permainan memakan waktu kurang lebih 30-40 menit. Memento Craft sendiri menyebutkan bahwa mereka membutuhkan waktu total dua tahun mulai dari proses pembuatan purwarupa hingga rilis awal Februari kemarin.

Cenayang board game

“Kami merancang game ini supaya bisa menjadi media yang membuat pemain bisa saling bercerita hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui oleh pemain lain,” ujar Yusak, salah satu kreator dari Cenayang. “Kami sudah melalukan playtesting di banyak komunitas dan mendapati game ini sangat seru ketika dimainkan dengan group yang memang sudah kenal dekat, karena dari situ pemain mendapatkan banyak cerita tentang teman-temannya yang ternyata dia tidak tahu sebelumnya, dan disitulah letak keseruannya,” lanjutnya.

Permainannya sendiri cukup simpel, dimana di awal permainan masing-masing pemain akan mendapatkan kartu karakter tertentu secara acak.

Setelah masing-masing pemain mendapatkan kartu karakter, maka permainan dimulai dari pemain aktif yang membuka kartu event yang ada di tengah permainan. Nah, di sinilah kartu karakter akan berperan banyak, karena ada kemungkinan event yang terjadi akan memberikan keuntungan pada salah satu karakter tertentu.

Cenayang board game

Atau sebaliknya, kadang kartu event memberikan efek yang membuat salah satu karakter mendapatkan apes.

Setelah itu, pemain aktif mulai membuat sebuah kalimat asumsi seputar kartu topik yang didapat. Kalimat asumsi ini tidak boleh sembarangan. Pemain harus membuat kalimat asumsi yang bisa dijawab dengan “ya” atau “tidak” oleh pemain lain.

Misal, saat ada topik “mantan”. Pemain aktif bisa membuat kalimat asumsi seperti “Di antara kalian, ada yang punya mantan lebih dari 5”.

Lalu masing-masing pemain diharuskan menebak berapa kira-kira pemain yang menjawab “ya” dari kalimat asumsi tersebut menggunakan kartu tebakan yang dimiliki. Fase selanjutnya adalah menjawab, dimana pemain harus mengangkat jempol jika Ya. Skor akan didapat oleh pemain yang menebak dengan tepat jumlah pemain yang menjawab “ya”.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat tutorial permainannya di bawah ini.

Kejujuran adalah hal yang penting

Yap, permainan ini hanya akan berjalan dengan baik (dan seru) jika semua pemain bermain dengan jujur. Percayalah, jika semua pemain bermain jujur, maka dijamin kamu akan tidak bosan bermain.

Permainan sebenarnya berakhir saat ada satu pemain yang mendapatkan poin 10. Namun jika semuanya bermain dengan jujur, maka akan semakin banyak “rahasia” terkuak dari masing-masing pemain dan kalian akan ketagihan untuk bermain hingga kartu topik dan event habis dimainkan.

Cenayang board game

Kamu juga bebas lho mengonfirmasi kebenaran jawaban dari masing-masing pemain setelah mereka menjawab “ya” atau “tidak”. Bersiaplah untuk menerima fakta menarik jika memang “cenayang”-mu terhadap mereka salah sasaran. Hehe.

Oiya, kami mencoba memainkan game ini dua kali. Pertama kami hanya bermain dengan tiga pemain, dan yang kedua bermain dengan lima pemain. Dan yang kami rasakan, semakin banyak jumlah pemain, maka permainan akan menjadi semakin seru dan lebih lama mencapai kondisi kemenangan 10 poin tadi.

Untuk peraturan permainan sendiri cukup simpel. Tapi game ini tidak bisa dimainkan oleh semua umur karena ada beberapa topik yang hanya cocok untuk remaja-dewasa seperti “mantan”, “pernikahan” hingga “gebetan”. Pihak kreator juga menyatakan bahwa game ini khusus untuk 14 tahun ke atas.

Cenayang board game

Kartu Karakter

Oiya, kami juga mengapresiasi bagaimana kreator yang cukup kreatif membuat kartu karakter yang serbaguna. Bisa berguna sebagai penutup kartu tebakan yang sifatnya rahasia, sekaligus mudah dilihat oleh pemain lainnya.

Sayang, ada beberapa topik yang kurang seru

Meskipun banyak topik yang seru, namun sayang ada beberapa topik yang kurang seru dan membuat kami melakukan hal “curang” dengan mengambil kartu topik baru. Atau mungkin, terasa kurang seru karena profil individu pemain kami waktu mencoba yang hampir-hampir mirip ya?

By the way, sayangnya kami mencoba permainan dengan semua pemain laki-laki. Kami yakin, permainan akan lebih seru jika ada sesosok perempuan di permainan. Apalagi jika ada gebetan atau seseorang yang diincar, hehehe (modus).

Sebaliknya ada beberapa kartu topik yang bisa dikreasikan dengan banyak pertanyaan. Hal ini membuat kartu topik tersebut menjadi “bintang” dan tetap seru dimainkan pada permainan selanjutnya.

Cenayang sendiri tersedia dalam bahasa Indonesia. Kamu bisa membeli Cenayang di toko-toko board game terdekat, atau membeli secara online di marketplace langgananmu dengan harga Rp195 ribu. Bersiaplah untuk (sok-sokan) jadi cenayang dan membongkar rahasia teman-temanmu!

Skor: 8/10


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.