Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!

Mau karena usia, mau karena sudah menikah, shinobi-shinobi ini sekarang sering menganggur di era Boruto!

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!

Alur Hari Orang Tua dan Anak di Boruto mengingatkan penonton akan satu hal: sebelum ini, tidak ada hari libur di Konoha. Yep, sebagai desa ninja, di Konoha kamu itu antara ada tugas atau tidak ada tugas. Kalau sedang kosong, ya kamu bisa santai-santai. Kalau ada tugas, kamu pun bisa saja dipanggil meninggalkan desa. 

Karenanya, hampir semua shinobi Konoha sebenarnya masih aktif bertugas. Hanya saja, karena dunia sedang damai, mereka pun banyak menganggur. Siapa saja para shinobi Konoha yang menganggur? Ini daftarnya! 

Baca Juga: Kenapa Sasuke Tak Pernah Memanggil Kakashi Sebagai Sensei?

1. Hinata Hyuga

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!Reaksi lucu Hinata membaca buku Icha Icha. (Dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Sang Putri Byakugan ini masih bisa bertarung. Dia bahkan sempat beradu kekuatan dengan Momoshiki, yang membuat dia cedera. Namun sekarang ia lebih sering beraktivitas di rumah. Ia jarang terlihat bertugas sebagai shinobi lagi. 

Di akhir manga Boruto: Naruto Next Generations hingga Boruto: Two Blue Vortex, Hinata bisa dibilang tetap menganggur... karena dia disegel oleh Kawaki ke dimensi lain. 

Baca Juga: Begini Nasib Naruto dan Hinata di Manga Boruto: Two Blue Vortex Bab 1

2. Choji Akimichi

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Sementara Ino menjual bunga (itu masih dihitung pekerjaan) dan diam-diam menjadi ninja sensor yang mengawasi seluruh desa, dan Shikamaru menjadi ajudan Naruto yang sama sibuknya dengan bosnya, Choji tidak menempati posisi pekerjaan aktif. Ia pun lebih sering terlihat makan bareng Chocho ketimbang melakukan aktivitas ninja.

Sebenarnya, seperti terungkap di alur Mirai Sarutobi dan kemudian alur Urashiki menyerbu Konoha, Choji masih ditugaskan untuk urusan seperti investigasi serta pertarungan. Namun karena dunia sedang damai, justru dia jadi lebih sering menganggur ketimbang bertarung. 

Tapi dengan di Boruto: Two Blue Vortex si Ino dan Shikamaru termasuk yang sudah menyadari Boruto itu sebenarnya baik, bisa jadi Choji mungkin akan segera kedapatan peran bagus untuk melengkapi Ino-Shka-Cho. 

Baca Juga: Kocak, Ini Kumpulan Meme Sasuke dan Boruto di Alur Perjalanan Waktu!

3. Karui

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Sama seperti suaminya, Karui pun kini jarang terlihat melakukan aktivitas ninja. Malah sementara Choji masih membantu Kakashi menginvestigasi gadis-gadis yang hilang di alur Mirai Sarutobi, Karui sejauh ini benar-benar jarang terlihat bertarung lagi. Setidaknya, ia masih punya alasan menjadi ibu rumah tangga sama seperti Hinata. 

Baca Juga: Kenapa Choji dan Karui Bisa Menikah di Naruto? Ini Momennya!

4. Choza Akimichi

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!aminoapps.com

Dari Ino-Shika-Cho generasi Shikaku Nara, hanya Choza yang tersisa. Inoichi dan Shikaku tewas dalam leadakan Bijuu Dama dari Juubi. Apa yang dilakukan Choza sekarang? Tidak banyak. Di novel Naruto Shinden, sebenarnya Choza menyaksikan lomba makan yang diikuti oleh Chocho dan Choji. Namun Choza tidak muncul di versi anime adegan itu. 

Baca Juga: Mungkinkah Gaara, Temari, dan Kankuro akan Reuni di Anime Boruto?

5. Temari Nara

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Senasib dengan Hyuga dan Karui, setelah menikah Temari lebih sering menganggur dan fokus sebagai ibu rumah tangga. 

Itu bukan berarti kemampuan Temari menurun. Saat alur Geng Byakuya, di mana semua shinobi diperintahkan untuk beraksi, Temari menunjukkan dirinya masih sekuat dulu. Tak hanya itu, Temari juga masih bisa menghajar Ino-Shika-Cho generasi baru dalam latihan. 

Di alur Sunagakure pun Temari dan Shikamaru masih bisa melawan boneka Toneri yang dipinjam Urashiki. Ia memang kalah dari Urashiki, tapi itu lebih karena Urashiki menyerangnya mendadak. 

Baca Juga: Teori: Apa yang Ingin Jura Ketahui dari Naruto di Manga Boruto?

6. Kakashi Hatake

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Kalau Konoha mengalami krisis, atau menghadapi ancaman berat, Kakashi biasanya diundang untuk menjadi penasihat ekstra untuk Naruto. Dia juga kadang dipanggil untuk mengawasi sesuatu, seperti Ujian Kelulusan Akademi. Meski begitu, kalau dilihat-lihat sih, sekarang Kakashi lebih banyak menganggur ketimbang beraksi.

Setidaknya, alur Mirai Sarutobi masih menunjukkan Kakashi kadang akan bekerja juga. Ia dan Guy mengatur misi penyelidikan gadis-gadis yang hilang terbujuk oleh sekte Jashin, dibantu oleh Choji dan Tenten. 

Di versi manga lebih parah, Kakashi bahkan belum juga muncul. 

Baca Juga: 8 Prestasi Terbaik Kakashi Hatake Sepanjang Karir Ninjanya di Naruto

7. Tsunade

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Sama seperti Kakashi, berhubung Tsunade sudah tidak lagi menjadi Hokage, dia sekarang menganggur. Dia bahkan punya waktu untuk jalan-jalan lama, sebelum kembali sebentar di awal Alur Mitsuki. Sementara itu, Shizune masih lumayan sering ditemukan beraktivitas di Konoha. 

Baca Juga: 5 Fakta Nawaki, Adiknya Tsunade di Naruto yang Ingin jadi Hokage!

8. Hiashi Hyuga

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Berhubung dia sudah semakin menua, mungkin tidak mengherankan kalau Hiashi kini banyak menganggur. Terakhir terlihat, Hiashi terungkap sebagai kakek yang suka memanjakan cucu-cucunya.

Itu bukan berarti dia melemah, sebenarnya. Kamu mungkin ingat kalau dalam upaya Orochimaru menyerang Konoha di Naruto dulu, Hiashi mampu menghajar banyak musuh? Mengingat Hanabi di episode 9 menggantikan Hiashi menguji Byakugan Boruto, Hiashi tampaknya masih bisa menjadi musuh berbahaya dalam duel. Bahkan meski musuh duelnya adalah cucu kesayangannya sendiri. 

9. Genma Shiranui

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!netflix.com/naruto

Sempat terasa menonjol di Naruto, Genma Shiranui belum terlihat lagi di Boruto. Bahkan tak diketahui apa dia masih bertugas atau tidak. 

10. Ebisu

Tadinya Pahlawan, 10 Shinobi Konoha Ini Menganggur di Era Boruto!Ebisu di Shippuden. (Dok. Pierrot/Naruto Shippuden)

Para Tokubetsu Jonin secara keseluruhan kurang disorot di era Boruto.

Meski tim Genin Ebisu (Konohamaru, Udon, Moegi) semuanya menjadi Jonin, Ebisu tak diketahui kabarnya di Boruto.

Bahkan entah apakah dia masih bertugas atau tidak. 

Itulah sepuluh Shinobi Konoha yang menganggur di era Boruto. Mereka tidak bekerja sebagai guru (seperti Shino, Anko, dan Iruka), tidak bekerja sebagai bagian dari polisi Konoha (seperti Rock Lee), tidak bekerja sebagai bintang iklan (seperti Kiba, yang juga bagian dari polisi Konoha), maupun bagian dari ninja sensor (seperti Ino).

Jadi ya kalau tidak ada misi, mereka menganggur. Kalaupun ada misi, yang biasanya memperoleh tugas adalah para jonin muda, bukan mereka. Gimana menurut kamu soal para shinobi Konoha yang menganggur ini?

Artikel pertama terbit tanggal 24 Oktober 2019 dirilis ulang tanggal 29 Maret 2024.

Baca Juga: Makin Bikin Penasaran? Boruto Jadi Seri Terlaris Kedua di Manga Plus!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU