Susah Nggak Sih, Bikin Komik di Indonesia? Kita Tanyakan ke Para Komikus Online!

Eh, ini serius lho nanyanya. Makanya, kita langsung kuy tanyakan ke sumbernya!

“Susah nggak sih, bikin komik di Indonesia?” Itu pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh kita-kita yang demen baca komik dan melihat komik lokal bertebaran di mana-mana.

Jangan salah, lho! Ada banyak komik lokal yang punya gambar cakep dan cerita yang cocok buat kita. Tapi apa bikin komik di Indonesia itu susah? Tentu saja, kita telusuri satu bagian dunia ini untuk mencari jawabannya: dunia komik online!

Jawaban Sepintas

Yozhman dan TheAlaGator, dua komikus indie lokal yang menjual karyanya via platform digital Wibuverse pun mengungkapkan jawabannya atas pertanyaan tersebut.

CF12#wibuverseweeklyComic by Yozhman#37*English version in comments below

Posted by Wibuverse on Saturday, 23 February 2019

Yozhman berujar, “Tapi setelah komiknya selesai dan mau disebarluaskan itu yang susah di Indonesia, (apalagi) kita harus cari tahu apa yang orang Indonesia suka baca terus lewat media apa yang sering dipakai dll. Jadi yang susah itu bukan proses bikinnya tapi proses bikin orang Indonesia baca komiknya.”

muach 😘#wibuverseweeklyComic by Thealagator43. Marketing*English version in the comments below*===Cek juga…

Posted by Wibuverse on Friday, 15 February 2019

Sementara itu TheAlagator juga beropini bahwa membuat komik semata tidak sulit, tapi membuat yang sesuai visi pribadi dan tetap punya tempat di pasar itu yang susah. Opsi yang lebih ‘masuk akal’ pun dengan terbit di platform internasional untuk lebih untung, tambahnya.

Waktunya Ngobrol!

Nah, tentunya tidak hanya dari satu sisi saja bahasan tentang laku tidaknya komik lokal di Indonesia ini. Kita juga mewawancarai salah satu komikus dari agensi webtoon lokal yang sedang populer di Ciayo Comics, Comico dan Tapas, Pink Pao dari Kisai Entertainment! Seperti apa obrolannya? Baca saja di bawah ini!

Sumber: Kisai Entertainment (Facebook)

Hai, perkenalan dulu, dong!

Halo! Saya Fauzia Chang atau Pink Pao, webtoonist dari Kisai Entertainment. Biar akrab, panggil saja Pia. Hehe…

Hola friends!!.Hayoo, kalian udah nepatin deadline kalian belum? Dunia perkomikan memang terlihat menyenangkan, tapi…

Posted by Kisai Entertainment on Sunday, 6 January 2019

Dulu, pernah nggak sih kebayang jadi komikus seperti sekarang?

Dari dulu, bekerja di industri kreatif sebagai seorang komikus atau comic artist itu sudah jadi impian saya. Jadi inget saking ngebetnya jadi komikus, jaman SD suka banget bikin komik di kertas F4 yang dibagi dua, terus digambar pake pena standart item. Hasilnya bisa dibaca temen-temen sekelas.

(Haha) Pernah juga coba kirim komik ke majalah, tapi apa daya, waktu itu masih anak bawang, jadi tidak pernah sampai uhuhu.

Sumber: @gurihiru (Twitter)

Ada nggak, tokoh komikus baik lokal maupun luar negeri yang jadi inspirasi sampai sekarang?

Ada dong! Saya dari dulu menggemari style hybridnya Manga dicampur rasa komik Amerika. Istilah bekennya, westernized manga. Artis panutan saya itu Gurihiru, yang menjadi komikus official Marvel.

Tapi karena yang mendasari kesukaan saya pada komik itu komik Jepang, saya masih menyukai style yang Jepang banget. Artist idola saya untuk style ini itu Morikura En dan Hidaka Nami.

Sumber: Heart Odyssey, Ilustrator: Fauzia Ramadhanti, Colorist: Shirokumani

Waktu baru memulai karir sebagai komikus, cobaan apa aja sih, yang seringkali melanda kalian?

Yang paling sulit mungkin manajemen waktu, menjaga kesehatan, dan gimana untuk tetap konsisten. Untungnya karena dukungan dari teman-teman di Kisai yang profesional, saya jadi terpacu untuk jadi lebih baik, meskipun memang masih baby step.

Yuk guys, belajar bikin Yonkoma (komik 4 panel)!! Bikin yonkoma itu susah-susah gampang loh, formula dan cara deliver…

Posted by Kisai Entertainment on Tuesday, 19 February 2019

Nah, baru pertanyaan paling penting: Susah nggak sih, bikin komik di Indonesia? Apa rintangan paling gede waktu bikin komik lokal?

Dibilang susah ya susah, karena meskipun bagi awam terlihat mudah, untuk bisa masuk ke pasar komik Indonesia itu butuh kerja keras dan komitmen yang tinggi. Oh iya, sama kesiapan mental juga.

Sedih sekali ketika banyak teman-teman yang menyerah, karena memang sekeras itu. Selain itu, menyesuaikan idealisme berkarya dengan selera pasar yang ada. Saya sebetulnya tipe artist yang cukup idealis soal style.

Namun sebagai komikus pemula, adaptasi itu penting sebagai bahan pembelajaran. Soalnya, ngomik bukan cuma sekedar gambar, tapi ada banyak hal yang harus disiapkan.

Sumber: Royal Rendezvous, Ilustrator: Fauzia Ramadhanti, Colorist: Shirokumani

Satu lagi yang nggak kalah penting: Komik Indonesia itu apa ya?

Komik Indonesia itu komik yang dibuat oleh komikus Indonesia. Sama, mungkin ini terdengar abstrak, tapi dalam tiap panel komik Indonesia, kamu bisa merasakan semangat dan energi khas Indonesia ^^.

Penting dalam pertemanan untuk mencari common ground supaya makin solid.

Posted by Kisai Entertainment on Thursday, 21 February 2019

Sebagai agensi komikus, apa sih hal yang jadi misi Kisai Entertainment dalam dunia komik lokal?

Kisai Entertainment adalah agensi komikus yang mempunyai misi mengasah para artist dan membangkitkan “cahaya” yang dimiliki para artist agar bisa berjaya di jagat perkomikan. Tidak hanya bersinar secara nasional, Kisai Entertainment juga berambisi besar untuk membawa cahaya itu ke perkomikan dunia.


CONTINUE READING BELOW

Monster Rancher Bikin Akun Twitter Resmi! Apakah Bakal Hidup Lagi? Ini Faktanya!

Tiba-tiba di jagat Twitter muncul akun resmi Monster Rancher. Ada apa gerangan dari Koei Tecmo? Apakah gim ini bakal hidup kembali?


Posted by Kisai Entertainment on Wednesday, 11 April 2018

Terakhir, ada pesan penting nggak, buat kreator-kreator lokal yang baru mulai maupun para pembaca komik?

Selain terus mengasah skill ngomik, terus jaga attitude, mulai belajar manajemen diri, manajemen waktu. Intinya sih belajar mendisiplinkan diri. Dan jangan lupa kuatkan mental dan jangan menyerah. Industri ini memang masih terbilang awam, tapi kita bisa kok! Semangat ^^ Keep on shining, shiny people!^^

Kamu bisa mengikuti platform Wibuverse di sini dan studio Kisai Entertainment di sini. Apa pendapat kamu tentang komikus-komikus lokal dan semangat bikin komik di Indonesia? Bagikan opinimu melalui kolom komentar!

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.