Terungkap! Inilah Jenis Haki dari 5 Pahlawan Angkatan Laut One Piece!

Sengoku ternyata menguasai Haoshoku Haki?!!

Banyak tokoh Angkatan Laut One Piece yang kekuatan dan jenis Haki-nya masih belum dipamerkan.

Soalnya, sebagian besar dari mereka banyak beraksi di sebelum timeskip. Saat itu Oda belum menjelaskan soal Haki. (Bahkan Busoshoku Haki pun belum memiliki efek hitam di tubuh dan senjata).

Setelah timeskip mereka masih muncul, namun belum diperlihatkan bertarung jelas.

Nah, Vivre Card Databook volume 7 akhirnya mengungkap apa saja Haki yang dikuasai oleh lima pahlawan Angkatan Laut One Piece ini. Siapa saja? Mari kita lihat!


CONTINUE READING BELOW

Apakah Sebenarnya Kita Sudah Melihat Kawamatsu One Piece?!

Kawamatsu adalah salah satu pengikut Kozuki Oden. Apakah kita sebenarnya sudah melihat dia sebelum ini? Inilah spekulasi soal Kawamatsu One Piece!


1

Sengoku - Haoshoku, Busoshoku, Kenbunshoku

Dari lima nama yang terungkap, Sengoku satu-satunya yang dikonfirmasi di Vivre Card Databook memiliki tiga jenis Haki!

Selain ternyata menguasai Busoshoku dan Kenbunshoku, dia juga memiliki Haoshoku.

Ini pengungkapan besar, karena Sengoku belum pernah menggunakan Haoshoku sejauh ini.

2

Monkey D. Garp - Busoshoku, Kenbunshoku

Vivre Card Databook mengungkap kalau Garp adalah pengguna Busoshoku dan Kenbunshoku Haki.

Kalau Busoshoku sih saya rasa tidak ada pembaca Duniaku.net yang heran. Orang ini sudah menggunakan Busoshoku sejak akhir Enies Lobby, di mana tinjunya mampu menyakiti tubuh karet Luffy. (Meski saat itu Oda belum memberi efek hitam ke tangan Garp).

Garp belum ditulis sebagai pengguna Haoshoku, namun ada dugaan kalau Oda menyimpan dulu info ini untuk diungkap nanti.

Kenapa begitu? Karena Luffy memiliki Haoshoku Haki yang sangat besar, dan Dragon pun dicurigai memiliki Haki yang sama. Garp pun sudah lama diduga memiliki Haoshoku juga.

3

Tsuru - Busoshoku, Kenbunshoku

Jangan remehkan nenek ini.

Dulu, bajak laut Doflamingo lebih memilih kabur bila Tsuru sudah datang.

Ternyata terungkap kalau Tsuru adalah ahli Busoshoku dan Kenbunshoku Haki.

Vivre Card Databook juga tampaknya mengungkap dia dan Fujitora yang pada akhirnya menghentikan Jack saat dia mencoba merebut Doflamingo. (Sengoku tidak disebut di informasi tersebut).

Seperti Garp, Tsuru juga dijelaskan memiliki kekuatan di atas para wakil laksamana. Tak mengherankan sih, tampaknya kalau kamu tertangkap dan dicuci oleh Buah Iblis Tsuru, maka kamu akan lumpuh sementara.

4

Fujitora - Busoshoku, Kenbunshoku

Yang ini sih saya rasa tidak ada yang heran ya.

Beda dengan tiga nama di atas, Fujitora sudah jelas-jelas diperlihatkan menggunakan Busoshoku dan – terutama – Kenbunshoku Haki-nya selama di Dressrosa.

Vivre Card Databook juga mengungkap nama dari Buah Iblis Fujitora: Zushi Zushi no Mi, yang membantu dia untuk memanipulasi gravitasi.

Belum ada penjelasan resmi soal apa jenis Zushi Zushi no Mi, namun mengingat gravitasi sepertinya sudah dikuasai oleh Yami Yami no Mi di kategori Logia, besar kemungkinan buah Fujitora adalah Paramecia.

5

Kuzan - Busoshoku, Kenbunshoku

Yang ini sudah lama keluar dari Angkatan Laut sih, namun sebelum itu dia juga adalah pahlawan Angkatan Laut One Piece. Laksamana malas dengan moral yang lebih kuat dari Kizaru maupun Akainu.

Vivre Card Databook juga mengungkap kalau Kuzan adalah ahli Busoshoku dan Kenbunshoku Haki.

Ini menandakan kalau sejak awal duel Kizaru dan Luffy dulu memang tidak akan bisa dimenangkan oleh Luffy. Kuzan memiliki banyak cara untuk mengalahkan Luffy. Mulai dari membekukan, mengantisipasi semua serangan Luffy, hingga menghajar Luffy dengan Busoshoku.

Itulah jenis Haki dari lima pahlawan Angkatan Laut One Piece.

Gimana menurutmu? Kaget gak kalau Sengoku punya Haoshoku?

Apakah Garp juga punya? Sampaikan teorimu di kolom komentar!

Sumber: Library of Ohara


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.