Benarkah?! Apakah Tukang Kayu Wano dan Zoro Punya Hubungan?!

Apa hubungannya tukang kayu dengan pendekar pedang?

Ingat Minatomo? SBS One Piece Volume 92 mengungkap bahwa tukang kayu yang muncul di Wano ini ternyata berbeda dengan Minatomo yang pernah muncul di East Blue dulu. Apa bedanya dan apa hubungannya tukang kayu Wano ini dengan rahasia masa lalu Zoro? Simak spekulasinya oleh duniaku.net berikut ini!

rahasia masa lalu zoro

Sumber: Library of Ohara

SBS One Piece Volume 92 mengungkap fakta yang agak mengherankan. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa Minatomo yang muncul di Wano adalah Minatomo yang sama dengan yang disebut oleh Oda di SBS One Piece Volume 7.

Di SBS Volume 7 itu Oda memperkenalkan Minatomo sebagai tukang kayu yang membetulkan pintu bar di Desa Foosha, desa asal Luffy di East Blue. Kemunculan Minatomo yang diperlihatkan sebagai tukang kayu atasan Franosuke di Wano ini membuat banyak penggemar One Piece yang beranggapan bahwa mereka adalah orang yang sama.

Sayangnya SBS Volume 92 membuktikan lain! Keduanya bukan orang yang sama, melainkan hanya sekedar kerabat yang memiliki nama keluarga yang sama.


CONTINUE READING BELOW

Selain Trio Bencana, Mungkinkah Ada 2 Lagi Petinggi Rahasia Kaido?!

Sejauh ini ada 3 anggota All-Star yang diperkenalkan, yaitu King, Queen, dan Jack. Tapi ada kemungkinan ada petinggi rahasia Kaido yang masih belum diperkenalkan! Siapa dia? Simak ulasannya berikut ini!


Di SBS Volume 92 Oda mengatakan bahwa beberapa dekade yang lalu kapal dari Wano berlabuh di East Blue. Kemungkinan besar saat itulah leluhur Minatomo meninggalkan keturunannya di East Blue, menjelaskan adanya dua Minatomo yang berbeda: Minatomo di Wano dan Minatomo di Desa Foosha.

Menariknya, Oda mengatakan bahwa salah satu keturunan dari orang-orang yang berada di kapal Wano itu bisa dibilang cukup kita kenal dengan baik dan Oda juga menambahkan kalau ia berencana menceritakannya lebih jauh di masa depan meski bukan cerita besar tapi hanya sekedar tambahan ringan.

Jadi apa hubungannya kisah Minatomo ini dengan rahasia masa lalu Zoro?

Kalian tentu ingat tentang teriakan “Sunach!” yang digunakan oleh Momonosuke. Momonosuke mengatakan kalau Zorojuro yang mengajarinya untuk menggunakan teriakan itu saat mengayun pedang untuk menguatkan hatinya ketika goyah. Kemudian entah kenapa, O-Kiku melarang Momonosuke menggunakan kata itu lagi.

rahasia masa lalu zoro

Sumber: manga One Piece 934

Menurut O-Kiku, teriakan “Sunach!” berasal dari dialek kuno Kuri yang kini tak lagi digunakan. Teriakan itu menurut O-Kiku dianggap tidak pantas diucapkan oleh Momonosuke, jadi kita bisa berasumsi kalau kata itu adalah kata terlarang dari masa lalu.

Jadi kenapa Zoro bisa mengetahui teriakan itu? Apakah kebetulan seperti yang dikatakan O-Kiku?

Menurut penulis, Oda sedang memberikan petunjuk tentang rahasia masa lalu Zoro di sini. Oda sendiri mengatakan bahwa kapal dari Wano di masa lalu pernah singgah di East Blue dan melahirkan salah satu keturunan keluarga tukang kayu Minatomo, jadi bukan tak mungkin kalau teriakan “Sunach!” ini juga disebarkan dari situ.


CONTINUE READING BELOW

Wow! Bukan Tidak Punya Poster, Nilai Bounty Blackbeard Memang Nol!

Selama ini banyak yang berasumsi sebelum time skip Blackbeard tidak memiliki poster buruan, tapi ternyata salah! Nilai bounty Blackbeard memang sebesar nol di posternya! Bagaimana bisa? Simak ulasannya berikut ini!


Uniknya, ini berarti kapal Wano tersebut berisi kelompok yang menggunakan dialek terlarang Kuri dan menyebarkannya di East Blue. Jadi ada kemungkinan kapal Wano itu adalah kapal pelarian, atau bahkan bisa jadi itu adalah kapal Bajak Laut mengingat betapa tertutupnya budaya Wano dari negeri luar.

Dari sini ada dua kemungkinan yang terpikir oleh penulis. Pertama, Zoro mempelajari ini dari gurunya di Dojo yang ada di East Blue. Kedua, orang tua Zoro juga adalah pendekar pedang dan mengajarinya tentang teriakan ini.

Penulis sendiri lebih condong pada kemungkinan yang pertama karena besar kemungkinan Zoro mempelajari pertarungan pedang pertama kali di Dojo milik ayah Kuina. Jadi ada kemungkinan bahwa Koushiro yang merupakan ayah Kuina sekaligus guru Zoro adalah keturunan pendekar pedang Wano di masa lalu.


CONTINUE READING BELOW

Teori One Piece: Menebak Masa Lalu Zoro dari Kekuatan Negatif Perona!!

Masa lalu Zoro bisa dibilang yang paling misterius. Tapi ada petunjuk yang bisa kita lihat dari kekuatan Buah Iblis Horo Horo milik Perona, loh! Simak teorinya oleh duniaku.net berikut ini!


Memang usia Minatomo masih belum diperlihatkan, tapi penulis memperkirakan usia Minatomo tidak lebih dari 60 tahun dan tidak jauh berbeda dengan Koushiro yang usianya setelah time skip adalah 51 tahun. Artinya mereka berdua lahir sekitar 50 tahun yang lalu.

O-Kiku dan yang lain berasal dari Wano 20 tahun yang lalu dan usia O-Kiku seharusnya tak lebih dari 30 tahun. Artinya O-Kiku lahir tidak sampai 50 tahun yang lalu.

Kalau melihat dari rentang waktu ini, kemungkinan kapal Wano yang singgah ke East Blue ini datang ke East Blue sekitar lima puluh tahun yang lalu. Jadi bisa dibilang waktunya masih cocok dengan kata-kata Oda di SBS One Piece Volume 92 tentang kedatangan kapal itu beberapa dekade silam di East Blue.

Bagaimana dengan kemungkinan rahasia masa lalu Zoro sebagai keturunan pendekar Wano yang penulis sebutkan di atas?

rahasia masa lalu zoro

Sumber: dokumentasi duniaku.net

Penulis merasa Koushiro lebih mungkin mengajarkan teriakan “Sunach!” pada Zoro daripada orang tua Zoro sendiri, cukup dengan dilihat dari nama keduanya.

Koushiro terdengar mirip dengan Kyoshiro, seorang pimpinan Yakuza yang bekerja di bawah pimpinan Shogun Orochi. Dilihat dari itu, besar kemungkinan nama “Koushiro” adalah nama yang lumrah dimiliki oleh penduduk Negeri Wano.

Bagaimana dengan Zoro? Nama Zoro masih harus ditambah dengan sambungan “-juro” untuk membuat namanya tidak asing di telinga penduduk Wano. Selama di Wano Zoro dipanggil Zorojuro saja sudah membuktikan kalau nama Zoro bukanlah nama yang wajar dimiliki penduduk Wano.


CONTINUE READING BELOW

Inikah Alasan Komurasaki One Piece Memakai Topeng saat Bermusik?

Komurasaki One Piece diperlihatkan selalu memakai topeng ketika memainkan musik tertentu. Kira-kira apa alasannya? Berikut spekulasinya oleh duniaku.net!


Dilihat dari namanya ini, kemungkinan Koushiro berasal dari keturunan penduduk Wano tentu lebih besar. Bisa jadi orang tua Koushiro yang merupakan pendekar pedang membuka Isshin Dojo di Desa Shimotsuki yang kemudian kita kenal sebagai tempat Zoro belajar berpedang bersama dengan Kuina.

Seperti yang penulis sebutkan di atas, mengingat teriakan “Sunach!” ini adalah kata terlarang di Wano, bisa jadi Koushiro adalah keturunan pendekar pedang yang diasingkan atau diusir dari Wano. Dengan kata lain, bukan tak mungkin kapal Wano yang datang ke East Blue juga adalah kapal Bajak Laut yang dibenci oleh budaya Wano yang sangat tertutup.


CONTINUE READING BELOW

Wow! Inilah Bounty Anak Buah Blackbeard di One Piece!

Vivre Card Databook 6 berhasil mengungkap bounty kru Blackbeard! Kira-kira seberapa besar harga kepala mereka? Simak ulasannya oleh duniaku.net berikut ini!


Tapi mengingat Oda sendiri mengatakan bahwa cerita tentang ini tidak akan dibahas sebagai cerita besar melainkan hanya untuk tambahan ringan, mungkin nanti rahasia masa lalu Zoro ini hanya akan terungkap sambil lalu. Berbeda dengan Sanji yang Oda beri satu arc sendiri untuk menguak masa lalunya dengan Vinsmoke.

Kalau Zoro menyadari bahwa leluhur gurunya sekaligus ayah dari teman masa kecilnya ini berasal dari Wano, mungkin nanti Zoro juga akan mempelajari teknik kuno di Kuri.

Apalagi koneksi Zoro dengan Wano sudah cukup mengakar dengan kepemilikannya atas Shushui yang berasal dari Wano dan Sandai Kitetsu yang ditempa oleh leluhur Tenguyama Hitetsu.


CONTINUE READING BELOW

Vivre Card Databook Mengungkap Info Baru Tentang Buah Iblis Laffitte!?

Setelah sekian lama akhirnya Oda memberikan petunjuk tentang Buah Iblis Laffitte! Seperti apa? Simak pembahasannya oleh duniaku.net berikut ini!


Kalau Wado Ichimonji ternyata berasal dari Wano juga mengingat itu adalah pedang keluarga Kuina, artinya ketiga pedang Zoro memiliki koneksi mendalam dengan Negeri Wano. Hal ini bisa saja mengusik pendekar pedang tertentu untuk mengajarkan teknik pedang terlarang dari Kuri pada Zoro.

Bagaimana menurut kalian soal rahasia masa lalu Zoro ini? Apakah kalian berpendapat sama soal Koushiro sebagai keturunan pendekar Wano? Coba berikan pendapat kalian di kolom komentar dan jangan lupa cek laman duniaku.net di Facebook untuk artikel One Piece menarik lainnya, ya!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Fudo

Saya bukan Fudo, tapi panggil saya Fudo. Penikmat tokusatsu, terutama Kamen Rider dan Super Sentai. Pria nomaden yang bertualang di luar keinginan sendiri. Bercita-cita untuk menguasai dunia.