Bikin Nostalgia! Ini 10 Anime Legendaris yang Pernah Tayang di TV7!

Wah, TV7 dulu mah udah kaya saluran anime beneran deh. Judul-judulnya banyak yang legend!

Sekarang sih kalau kamu mau nonton anime, kamu tidak harus melihat stasiun TV lokal. Ada banyak pilihan legal, seperti Crunchyroll dan Netflix, yang menyediakan judul-judul heboh dengan kualitas HD.

Dulu, waktu internet saja masih banyak yang pakai dial-up? Wah lain cerita. Mayoritas dari otaku yang sudah tumbuh di era itu, seperti yang nulis artikel ini, beneran berharap stasiun TV lokal memberikan anime yang keren.

TV7 (sekarang TRANS7) adalah salah satu saluran yang memberikan banyak anime mantap. Sepuluh yang paling berkesan buat penulis sudah saya cantumkan di bawah ini.

Apa saja? Inilah sepuluh anime legendaris yang pernah tayang di TV7!


CONTINUE READING BELOW

Assassin Ahli Petir! Inilah 9 Fakta Killua Zoldyck Hunter x Hunter

Assassin yang cool, super cepat, dan sangat berbahaya ini adalah salah satu tokoh paling populer di Hunter x Hunter! Dia favorit kalian juga? Inilah fakta Killua Zoldyck Hunter x Hunter!


1

Hunter x Hunter (versi 1999)

Ya, Hunter x Hunter 99 pernah tayang di TV7.

Karya legendaris dari Togashi ini dulu sempat memukau penonton dengan kisahnya yang awalnya santai namun lama kelamaan makin gelap.

Sayangnya, sejauh pengetahuan saya seri ini dulu berakhir di alur Yorknew dengan sangat menggantung. Sejauh pengetahuan saya, alur Greed Island belum sempat ditayangkan di TV7.

Tapi ya mau gimana? Yang versi 2011 pun belum tamat sepenuhnya karena manga-nya juga belum kelar.

2

Captain Tsubasa (Versi 80an dan 2002)

Captain Tsubasa juga dulu heboh di Indonesia karena tayang di TV7.

Kisah sepakbola yang super ini pertama disajikan versi 80an. Kemudian versi 2002-nya pun ikut menyusul.

3

Honey Bee Hutch

Hutchy anak yang sebatang kara pergi mencari ibunya ini rasanya termasuk anime legend di Indonesia.

Kalau kamu ngobrol dengan orang-orang yang menonton anime di era TV7, mereka pasti minimal masih tahu seperti apa lagunya.

Anime soal lebah yang setiap episodenya terasa menguras emosi ini dulu juga tayang di TV7.

4

Slam Dunk

Ah ya. Siapa yang lupa kalau Slam Dunk dulu pernah tayang di TV7?

Anime basket keren ini benar-benar disajikan dengan mantap, dengan dubber yang sebagian besar juga cocok dengan peran karakternya. Anime ini rasanya bisa menggugah penontonnya untuk minimal mencoba basket. (Mengenai apa hobi mereka bakal lanjut atau bosan sendiri ya tergantung orangnya).

Yang jadi masalah saya hanya lagu opening dan ending serial ini stuck masing-masing menggunakan satu lagu saja, padahal aslinya Slam Dunk memiliki dua opening dan empat ending.

Setidaknya sih seri ini benar-benar disajikan sampai akhir. Masih terasa menggantung? Ya mau gimana, anime-nya memang selesai di situ.

5

Sakura Wars: The Movie

Anime Sakura Wars dulu pernah tayang di SCTV. Kemudian TV7-nya memutar Sakura Wars: The Movie.

Versi movie ini mungkin bakal bikin bingung yang nonton seri SCTV-nya, soalnya ada tokoh tambahan yang hanya muncul di gim keduanya. (Orihime dan Reni).

Namun kamu paham dengan gimnya atau tidak, Sakura Wars: The Movie tetap sukses menghibur lewat adegan aksi yang mantap, musik yang keren, dan animasi yang di era itu terasa ciamik.


CONTINUE READING BELOW

Pertarungan Zoro di One Piece 936 Terinspirasi dari Duel Minamoto Yoshitsune?!

Tau tokoh legendaris Jepang, Minamoto Yoshitsune? Yoshitsune pernah beradu pedang dengan Benkei di Jembatan Gojo. Kok mirip dengan situasi Zoro ya? Inilah kemiripan pertarungan Zoro di One Piece 936 dengan Yoshitsune!


6

Jigoku Sensei Nube

Pertarungan seru Nube, si guru bokek, melawan makhluk-makhluk supernatural yang mengganggu murid-muridnya juga pernah tayang di TV7.

Buat kamu yang nonton versi anime (yang sepertinya memang lebih “jinak” dari manga) mungkin bakal kaget kalau setelah itu mencoba membaca manga-nya, yang sangat vulgar.

Yah, anime-nya “jinak” ini juga mungkin karena pihak stasiun TV sudah menyensornya sih.

7

Gakkou no Kaidan

Gakkou no Kaidan adalah salah satu anime paling aneh yang pernah ada.

Anime-nya horor, dengan cerita yang kadang-kadang memang sangat menyeramkan. Namun lagu pembukanya sangat ceria sampai bisa menipu, sementara lagu endingnya berjudul “Sexy Sexy” dan liriknya beneran sugestif.

Anime ini dulu juga pernah menghibur dan menakut-nakuti penonton di TV7.

8

Clamp School Detectives

Masa kejayaan TV7 kira-kira berada di masa-masa kejayaan kumpulan kreator CLAMP juga.

Jadi tidak heran kalau ada perwakilan CLAMP di jam anime TV7, yakni Clamp School Detectives.

Tiga detektif bishonen kita pun diperlihatkan berbagai kasus di sekolah megah yang katanya bisa terlihat satelit dari luar angkasa ini.

9

Trouble Chocolate

Masih ada yang ingat anime ini?

Trouble Chocolate adalah anime komedi romantis… yang kadang juga dengan santai menyebar banyak parodi yang mengocok perut.

Usia seri ini sendiri tergolong sangat pendek, satu season saja dengan 20 episode. Namun dalam durasi singkat itu, seri ini tetap membekas di penonton TV7 dulu.

10

Full Metal Panic!

Terakhir, kita tidak bisa melupakan anime komedi ini.

Full Metal Panic! adalah seri yang benar-benar unik, dan tayangannya di TV7 menunjukkan itu kepada para penonton. Komedi yang menceritakan Sousuke Sagara berusaha menyamar untuk melindungi Kaname Chidori benar-benar kocak abis. Namun kalau serinya memasuki bagian aksi, aksi yang tersaji pun keren dan memikat.

Masalahnya cuma satu: seingat saya, FMP yang tayang di TV7 ini berhenti mendadak.

Itulah sepuluh anime legendaris yang pernah tayang di TV7.

Beberapa judul, seperti Hutchy dan Hunter x Hunter, kemudian juga hadir di Space Toon.

Dari sepuluh anime legendaris yang pernah tayang di TV7 di atas, favoritmu yang mana? Sampaikan di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.