Assassin Ahli Petir! Inilah 9 Fakta Killua Zoldyck Hunter x Hunter

Assassin yang cool, super cepat, dan sangat berbahaya ini adalah salah satu tokoh paling populer di Hunter x Hunter! Dia favorit kalian juga?

Killua Zoldyck adalah salah satu tokoh terpopuler di Hunter x Hunter.

Gak heran sih ya, dia ini sudah muncul sejak awal cerita, mau di manga, anime 99, maupun anime 2011.

Setelah itu dia pun lama mengekor Gon. Sebagai pembunuh bayaran dengan tendensi sadis jika harus membunuh, Killua adalah tokoh yang unik.

Tertarik dengan tokoh ini? Simak sembilan fakta Killua Zoldyck di bawah ini!


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Black Clover 197: Yuno dan Asta Melawan Iblis!!

Saat tampaknya iblis yang mendalangi konflik sudah unggul, Asta dan Yuno bertarung bareng! Bisakah mereka menang? Simak pembahasan Black Clover 197 ini!


1

Level Kekuatan Fisiknya

fakta killua zoldyck - gerbang ujian keluarga zoldyck

Di akhir ujian Hunter ke-287 (yang meluluskan Gon, Leorio, dan Kurapika), Killua sudah dapat membuka Gerbang Ujian milik keluarga Zoldyck hingga gerbang ketiga.

Untuk yang belum tahu, gerbang pertama dari Gerbang Ujian beratnya empat ton. Setiap gerbang lalu naik dua kali lipat dari gerbang sebelumnya.

Jadi, gerbang pertama adalah empat ton, maka gerbang kedua delapan ton, gerbang ketiga enam belas ton, gerbang keempat 32 ton, dan seterusnya.

Jadi, Killua memiliki kekuatan dorongan enam belas ton sebelum dia mulai belajar dengan Wing dan Bisky.

Begitu dia belajar? Untuk menyembuhkan Gon, Killua sempat pulang lagi ke rumahnya untuk meminta bantuan Alluka. Dia sudah bisa mendorong hingga gerbang kelima, jadi kekuatan dorongannya sekarang adalah 64 ton.

2

Hal Menakutkan di Balik Nen Listriknya

fakta killua zoldyck - petir

Kenapa kok pengguna Nen elemental jarang? Apakah karena mereka harus memakan Buah Iblis Logia yang langka?

Eh itu salah anime.

Alasan kenapa Nen elemental jarang adalah pengguna Nen biasanya diharuskan untuk memahami benar zat/obyek yang ingin mereka ciptakan. Kurapika yang ingin menciptakan rantai saja sempat dibuat menggambar dan merasakan rantai dengan indera-inderanya.

Killua bisa tahu listrik luar-dalam, seperti Kurapika memahami rantai, karena dia sering disiksa dengan listrik sejak kecil.

Yah, untuk keluarga Zoldyck sih siksaan seperti cambuk, listrik, dan sebagainya itu hanya latihan sih.

Dengan pengetahuan ini, Killua dapat memunculkan dan meluncurkan listrik memanfaatkan sifat Nen Transmuter-nya.

3

Potensinya Ditahan oleh Illumi

fakta killua - jarum illumi

Kalau kamu menonton Hunter x Hunter dari awal hingga alur Chimera Ant kamu akan menyadari sesuatu yang sepertinya telah direncanakan Togashi sejak awal.

Killua itu kuat sekali kalau bertarung. Masih ingat gimana dia tinggal mencabut jantung Johness untuk menang di Menara Trik? Dia mencabut jantung itu dengan begitu cepat, hingga Johness bisa panik dulu sebelum mati.

Meski begitu, Killua justru jarang bertarung melawan musuh yang lebih kuat. Bila Gon melawan musuh kuat seperti Hisoka dan Genthru, dia tetap akan mencoba untuk menang, tak peduli seberapa sulit situasinya.

Bila harus berurusan dengan musuh sekuat Illumi, Hisoka, dan Genei Ryodan, Killua selalu menjaga jarak.

Penyebabnya ternyata adalah jarum khusus yang dipasang ke otak Killua oleh Illumi. Jarum ini membuat Killua terlalu berhati-hati.

Padahal jarum ini menghambat Killua. Killua sebenarnya bisa menang melawan musuh seperti Chimera Ant Rammot, tapi jarum di otaknya ini membuat dia kadang terlalu takut dan memilih kabur hanya karena dia tidak tahu level kekuatan musuhnya.

Begitu jarum ini dilepas oleh Killua, potensi penuhnya akhirnya hadir. Killua bisa membunuh Rammot dengan satu serangan, dan kemudian bahkan sempat memukuli Youpi, salah satu Royal Guard dari Ant King.

Fakta Killua yang ini menarik karena ini berarti anime Hunter x Hunter 99 belum sempat memperlihatkan potensi penuh Killua.

4

Kecepatannya Luar Biasa, Terutama dengan Godspeed

fakta killua - killua godspeed

Killua mungkin adalah salah satu tokoh tercepat di Hunter x Hunter.

Sebelum Nen-nya aktif, dia sudah bisa mencabut jantung dari dada seseorang dalam hitungan sepersekian detik saja.

Setelah Nen-nya aktif, dan potensinya tak lagi ditahan jarum Illumi? Di alur Chimera Ant, Killua menggunakan teknik Godspeed miliknya untuk bisa memukuli Youpi!

Ya, pukulan Killua memang tidak ada dampaknya untuk Youpi. Namun Youpi tidak bisa bereaksi sama sekali saat dihajar oleh Killua dengan Godspeed.

Kalau seorang Royal Guard Chimera Ant, makhluk-makhluk terkuat di dunia Hunter x Hunter hingga ajal menjemput mereka, saja kesulitan mengikuti pergerakannya, mungkin hanya sedikit yang bisa menghadapi Godspeed Killua.


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan One Piece 936: Haoshoku Haki Luffy Dilepas!!!

Wah, ini berarti Haki memang ditahan sama borgol Batu Laut juga gaes! Gimana caranya ya? Pokoknya begitu borgol Luffy lepas, dia bisa menggunakan Haoshoku Haki lagi! Simak pembahasan One Piece 936 berikut ini!


5

Menyelesaikan Ujian Hunter ke-288 dalam Satu Ronde Saja

fakta killua - ujian hunter 288

Di tengah-tengah alur Greed Island, Killua sempat pergi dulu dari permainan untuk menyelesaikan ujian Hunter.

Agar bisa menyelesaikan ujian secepat mungkin, di ronde pertama saja Killua memutuskan untuk menghajar semua kontestan yang terlibat.

Patut diingat kalau di ujian Hunter 288, jumlah kontestan adalah 1478 orang. Saat itu pun Killua masih dibatasi oleh jarum Illumi, dan tentu saja belum mencapai level Godspeed.

Tahun itu, kontestan ujian Hunter sepertinya memang lemah-lemah ya.

6

Mengekor Gon Sejak Diselamatkan dari Keluarganya

fakta killua - kilua gon

Begitu Gon menyelamatkan Killua, misinya begini:

-Latihan dulu untuk bisa membalas pukulan Hisoka, lalu mengembalikan nomor ujian Hisoka.

-Lanjut mencari ayahnya lagi.

Killua? Killua tampaknya begitu berterima kasih karena Gon datang untuk menemuinya, hingga misinya kemudian tampaknya hanya menemani Gon.

Pada akhirnya, ia pun harus terlibat berbagai masalah. Termasuk melawan Chimera Ant, dan kemudian menghadapi serangan kakaknya dan Hisoka untuk membawa Alluka untuk menyembuhkan Gon.

7

Berpisah dengan Gon di Akhir Pemilihan Ketua Hunter

fakta killua - killua alluka

Seperti tertulis di poin nomor enam, Killua sudah mengikuti Gon dengan setia dari akhir alur kunjungan ke rumah Zoldyck hingga Chimera Ant.

Killua juga mempertaruhkan nyawa untuk membawa Alluka menyembuhkan Gon.

Setelah itu? Sebelum Gon bertemu dengan Ging di puncak Pohon Dunia, Killua dan Alluka memutuskan untuk berpisah sementara dengan Gon.

Killua pun sepertinya masih bersama saudaranya saat Kurapika, Leorio, dan banyak Hunter ternama terlibat dalam perjalanan ke Dark Continent.

Sejauh ini sih dia dan Alluka harusnya aman. Illumi memang ingin memiliki kekuatan Nanika untuk dirinya sendiri, namun Illumi sekarang ikut ke Dark Continent untuk membunuh Hisoka, dikontrak oleh Hisoka sendiri.

Kecuali ya… Illumi yang ikut ke Dark Continent ini hanya tiruan. Dia toh bisa mengubah penampilan dia dan orang lain dengan jarumnya.

8

Terakhir Muncul di Cerita di Bab 350 (rilis tahun 2016)

Killua muncul terakhir di bab 350, sebagai bagian dari flashback Kurapika.

Killua adalah yang menyarankan Kurapika merekrut Bisky dalam perjalanan ke Dark Continent. Dia juga yang menyarankan Kurapika gimana menghadapi sifat Bisky.

Di luar flashback, Killua terakhir muncul di bab 339, melihat video bersama Alluka. Bab yang ini rilis tahun 2012!

Sudah lama juga ya Killua tidak muncul.

9

Meninggalkan Skateboard Sejak Gagal Ujian Hunter ke-287

fakta killua - skateboard killua

Perlengkapan yang identik dengan Killua adalah skateboard.

Malah, kalau kamu beli Figma Killua, aksesoris bonusnya adalah skateboard.

Uniknya? Sebenarnya Killua sudah meninggalkan skatebord sejak dia gagal ujian Hunter. Begitu diselamatkan oleh Gon, dia tidak membawa skateboard-nya.

Skateboard ini mungkin masih ada di rumahnya, dan ia tidak mengambilnya karena memang hanya pulang sekali setelah itu.

Senjata utama Killua sekarang adalah yoyo, yang ia gunakan sejak Greed Island.

Itulah sembilan fakta Killua Zoldyck.

Apakah kamu juga fan dari assassin yang satu ini? Sampaikan di kolom komentar!

Gimana komentarmu soal fakta-fakta Killua Zoldyck di atas? Adakah fakta Killua yang terlewat? Sampaikan di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.