Review Five Feet Apart, Drama Romantis Penderita Cystic Fibrosis

Filmnya biasa aja sih, tapi ya… tetap lumayanlah buat ditonton.

Cystic Fibrosis (CF) adalah penyakit genetika yang kebanyakan menyerang paru-paru, tapi terkadang juga menyerang pankreas, hati, ginjal, dan usus. Penderita CF memiliki kelainan pada produksi lendir mereka. Pada manusia normal, lendir yang dihasilkan berfungsi sebagai pelicin. Sedangkan pada penderita CF, lendir tersebut sangat lengket sehingga kerap menggumpal dan menyumbat berbagai saluran.

Five Feet Apart bercerita tentang kisah cinta Stella Grant (Haley Lu Richardson) dan Will Newman (Cole Sprouse). Keduanya merupakan pasien CF yang bertemu di sebuah rumah sakit khusus paru-paru yang menangani banyak pasien CF.

Aturan Enam Kaki

Stella merupakan pasien CF yang kerap bolak-balik ke rumah sakit tempat dia dirawat dari kecil. Karena kondisi penyakitnya, saat menjelang remaja Stella diharuskan tinggal di rumah sakit sepanjang hidupnya. Dalam kesehariannya Stella berteman dengan Poe (Moises Arias). Keduanya merupakan penghuni tetap rumah sakit tersebut hingga akhirnya Will muncul.

Will merupakan pasien CF plus memiliki virus mematikan sehingga tidak bisa dekat-dekat dengan orang lain, terutama sesama penderita CF. Will merupakan pasien khusus, karena dia adalah kelinci percobaan untuk obat baru khusus CF. Pada awalnya Will menolak menjalani semua pengobatan yang harus dia lalui, tapi berkat kegigihan Stella, Will melunak dan mau menjalani semua pengobatan tersebut.

Dari situ rupanya Hubungan keduanya semakin intens. Stella yang mulai memahami Will, akhirnya malah jatuh cinta pada Will. Sementara Will yang merasa hidupnya berada di ujung tanduk, memutuskan untuk menjawab perasaan Stella.

Keduanya lalu berkencan dan menerapkan aturan baru. Bila dalam manual CF para penderita harus berada di luar jarak enam kaki (1,8 m), Stella dan Will menurunkannya menjadi lima kaki saja (1,5 m). Dalam kencan tersebut mereka saling memperlihatkan beragam operasi yang sudah mereka lalui sebagai penderita CF tanpa pernah saling mendekat atau bersinggungan.

Drama Remaja Romantis

Five Feet Apart disutradarai oleh Justin Baldoni yang merupakan sutradara acara dokumenter My Last Day di CW. Film ini berusaha menceritakan roman remaja yang sama-sama memiliki waktu hidup yang terbatas karena penyakit yang mereka derita. Sekilas ide cerita ini mengingatkan kami dengan film Taiyo no Uta (Song to the Sun) atau The Fault in Our Stars.

Walaupun hanya menggunakan rumah sakit sebagai lokasi utamanya, Five Feet Apart cukup berhasil memanfaatkan sudut-sudut rumah sakit hingga menghasilkan beberapa scenes yang cukup menarik perhatian.

Secara alur cerita film ini hampir tidak berbeda dengan drama romantis pada umumnya. Chemistry Stella dan Will terbangun dengan baik walaupun ada sedikit momen skip yang menyebabkan lompatan dalam level hubungan mereka. Selain itu kamu akan diajak maju mundur untuk mengenalkan karakter utama dan beberapa pemeran pembantu lainnya.

Satu-satunya protes kami datang dari penyakit CF itu sendiri. Kami melihat banyak hal yang tidak konsisten terutama dalam urusan jarak yang dibolehkan. Berkali-kali kami perhatikan kalau Stella dan Will berinteraksi pada jarak yang sangat dekat sehingga kurang dari lima kaki.

Five Feet Apart memberikan persis apa yang dijanjikan di dalam trailer. Kalau kamu sering menonton film sejenis, pasti kamu akan mudah memprediksi jalannya cerita Five Feet Apart. Secara keseluruhan, Five Feet Apart bukan drama romantis terbaik yang pernah dibuat, namun tidak membosankan dan layak tonton.


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS