Mungkinkah Ini Alasan Borgol Batu Laut Membuat Luffy Tak Bisa Haki!?

Padahal seharusnya batu laut hanya melemahkan Buah Iblis!

Mungkinkah Ini Alasan Borgol Batu Laut Membuat Luffy Tak Bisa Haki!?

Selama berada di penjara Wano, Luffy tak bisa bergerak bebas. Selain karena tak bisa menggunakan kekuatan Buah Iblis, Luffy juga tak bisa menggunakan Haki akibat Borgol Batu Laut yang dikenakannya. Loh? Kenapa Batu Laut membuat Luffy tak bisa menggunakan Haki secara leluasa? Simak spekulasinya oleh duniaku.net berikut ini!

Setelah dikalahkan oleh Kaido, Luffy dibawa ke penjara yang terletak di daerah Udon di Wano. Luffy kemudian diberi Borgol Batu Laut dan dilemparkan ke dalam penjara, sama seperti tahanan Penjara Wano lainnya.

Borgol batu laut di penjara ini bisa dikatakan istimewa. Mereka cukup kuat untuk menahan para tahanan agar tetap lemah dan tak bisa menggunakan kekuatan Buah Iblis, tapi di saat yang sama membuat para tahanan masih bisa bergerak untuk bekerja.

Luffy dan Kid yang berada di dalam penjara ini menjadi pengecualian. Keduanya tetap bisa leluasa bergerak seperti tak menggunakan borgol batu laut meski tetap tak bisa menggunakan kekuatan Buah Iblis. Mereka berdua bahkan bisa bertarung dan mengalahkan beberapa penjaga penjara.

Selain tak bisa menggunakan kekuatan Buah Iblis, Luffy juga mengatakan bahwa ia tak bisa menggunakan Haki. Bagaimana bisa begitu? Apa hubungannya penggunaan borgol batu laut dengan kekuatan Haki?

Penulis berspekulasi bahwa tubuh Luffy yang dilemahkan dengan Borgol Batu Laut sebenarnya hanya membuatnya tak bisa menggunakan kekuatan Haki secara keseluruhan. Sebenarnya Luffy masih bisa menggunakan Haki tetapi hanya tidak terlihat dari luar.

Dua orang yang sejauh ini tampak bisa bergerak dengan bebas ketika menggunakan borgol ini adalah Luffy dan Eustass Kid. Persamaan kedua orang ini, dua-duanya sama-sama memiliki Haoshoku Haki dan Willpower yang tinggi.

Mungkinkah Ini Alasan Borgol Batu Laut Membuat Luffy Tak Bisa Haki!? Sumber: manga One Piece 935[/caption]

Para penjaga sempat mengatakan bahwa borgol batu laut tersebut sudah bekerja sebagaimana mestinya. Luffy bisa bergerak dengan leluasa hanya karena ia memiliki Willpower yang luar biasa. Willpower ini bisa dibilang adalah semangat dalam diri Luffy yang kemudian biasanya diwujudkan dalam bentuk Haki.

Karena sudah banyak Willpower dan Haki yang Luffy salurkan untuk membuat tubuhnya bergerak seperti biasa, hal tersebut membuat Luffy tak lagi bisa menggunakan Haki dalam bentuk biasanya. Oleh karena itu Luffy mengatakan dirinya tak bisa menggunakan Haki saat diborgol oleh batu laut.

Mungkinkah Ini Alasan Borgol Batu Laut Membuat Luffy Tak Bisa Haki!? Sumber: manga One Piece 936[/caption]

Begitu Borgol Batu Laut tersebut dilepas, Haki yang sebelumnya digunakan untuk menyokong kekuatan tubuh kembali bisa digunakan Luffy seperti biasanya. Inilah yang menyebabkan Luffy langsung bisa menggunakan kekuatan Haoshoku Haki kepada para anak buah Queen yang bertarung dengannya dalam arena sumo di One Piece 936.

Jadi secara keseluruhan, penulis merasa bahwa sebenarnya Haki Luffy dan Kid tidak ditahan oleh Batu Laut tapi hanya tidak bisa digunakan secara total mengingat energi mereka habis untuk digunakan sebagai penyokong kekuatan tubuh mereka.

Artinya, penulis berpikiran bahwa pengguna Haki yang bukan pengguna Buah Iblis tidak akan terpengaruh meski diberi Borgol Batu Laut karena kekuatan mereka tetap normal dan tidak melemahkan fisik mereka. Berbeda dengan Luffy dan Kid yang dilemahkan oleh Batu Laut sebagai pengguna Buah Iblis.

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah memang Luffy tak bisa menggunakan haki karena alasan di atas atau memang Batu Laut bisa melemahkan Haki? Coba berikan pendapat kalian di kolom komentar dan jangan lupa cek fanpage duniaku.net untuk artikel One Piece menarik lainnya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU