Mungkinkah Ini Alasan Borgol Batu Laut Membuat Luffy Tak Bisa Haki!?

Padahal seharusnya batu laut hanya melemahkan Buah Iblis!

Selama berada di penjara Wano, Luffy tak bisa bergerak bebas. Selain karena tak bisa menggunakan kekuatan Buah Iblis, Luffy juga tak bisa menggunakan Haki akibat Borgol Batu Laut yang dikenakannya. Loh? Kenapa Batu Laut membuat Luffy tak bisa menggunakan Haki secara leluasa? Simak spekulasinya oleh duniaku.net berikut ini!

Setelah dikalahkan oleh Kaido, Luffy dibawa ke penjara yang terletak di daerah Udon di Wano. Luffy kemudian diberi Borgol Batu Laut dan dilemparkan ke dalam penjara, sama seperti tahanan Penjara Wano lainnya.

Borgol batu laut di penjara ini bisa dikatakan istimewa. Mereka cukup kuat untuk menahan para tahanan agar tetap lemah dan tak bisa menggunakan kekuatan Buah Iblis, tapi di saat yang sama membuat para tahanan masih bisa bergerak untuk bekerja.


CONTINUE READING BELOW

Bukan Kalajengking! Benarkah Ini Kekuatan Buah Iblis Queen One Piece!?

Buah Iblis Queen One Piece sampai saat ini masih jadi misteri. Kira-kira apa kekuatan Queen yang sebenarnya? Simak spekulasinya oleh duniaku.net berikut ini!


Luffy dan Kid yang berada di dalam penjara ini menjadi pengecualian. Keduanya tetap bisa leluasa bergerak seperti tak menggunakan borgol batu laut meski tetap tak bisa menggunakan kekuatan Buah Iblis. Mereka berdua bahkan bisa bertarung dan mengalahkan beberapa penjaga penjara.

Selain tak bisa menggunakan kekuatan Buah Iblis, Luffy juga mengatakan bahwa ia tak bisa menggunakan Haki. Bagaimana bisa begitu? Apa hubungannya penggunaan borgol batu laut dengan kekuatan Haki?

Penulis berspekulasi bahwa tubuh Luffy yang dilemahkan dengan Borgol Batu Laut sebenarnya hanya membuatnya tak bisa menggunakan kekuatan Haki secara keseluruhan. Sebenarnya Luffy masih bisa menggunakan Haki tetapi hanya tidak terlihat dari luar.


CONTINUE READING BELOW

Bukan Momo!! Mungkinkah Kakek Hyo Pemimpin Wano Sesudah Kaido?!

Setelah Kaido diruntuhkan, rasanya aneh kalau Momonosuke yang masih sangat muda menggantikan Shogun Orochi. Jadi apakah mungkin Kakek Hyo pemimpin Wano berikutnya? Berikut spekulasinya!


Dua orang yang sejauh ini tampak bisa bergerak dengan bebas ketika menggunakan borgol ini adalah Luffy dan Eustass Kid. Persamaan kedua orang ini, dua-duanya sama-sama memiliki Haoshoku Haki dan Willpower yang tinggi.

borgol batu laut

Sumber: manga One Piece 935

Para penjaga sempat mengatakan bahwa borgol batu laut tersebut sudah bekerja sebagaimana mestinya. Luffy bisa bergerak dengan leluasa hanya karena ia memiliki Willpower yang luar biasa. Willpower ini bisa dibilang adalah semangat dalam diri Luffy yang kemudian biasanya diwujudkan dalam bentuk Haki.

Karena sudah banyak Willpower dan Haki yang Luffy salurkan untuk membuat tubuhnya bergerak seperti biasa, hal tersebut membuat Luffy tak lagi bisa menggunakan Haki dalam bentuk biasanya. Oleh karena itu Luffy mengatakan dirinya tak bisa menggunakan Haki saat diborgol oleh batu laut.

borgol batu laut

Sumber: manga One Piece 936

Begitu Borgol Batu Laut tersebut dilepas, Haki yang sebelumnya digunakan untuk menyokong kekuatan tubuh kembali bisa digunakan Luffy seperti biasanya. Inilah yang menyebabkan Luffy langsung bisa menggunakan kekuatan Haoshoku Haki kepada para anak buah Queen yang bertarung dengannya dalam arena sumo di One Piece 936.

Jadi secara keseluruhan, penulis merasa bahwa sebenarnya Haki Luffy dan Kid tidak ditahan oleh Batu Laut tapi hanya tidak bisa digunakan secara total mengingat energi mereka habis untuk digunakan sebagai penyokong kekuatan tubuh mereka.


CONTINUE READING BELOW

Prediksi One Piece 937: Akankah Pengikut Kozuki Oden Berkumpul Kembali?!

Kawamatsu sudah muncul dan sebentar lagi Raizo akan membebaskannya! Apakah berikutnya Denjiro? Simak prediksi One Piece 937 oleh duniaku.net berikut ini!


Artinya, penulis berpikiran bahwa pengguna Haki yang bukan pengguna Buah Iblis tidak akan terpengaruh meski diberi Borgol Batu Laut karena kekuatan mereka tetap normal dan tidak melemahkan fisik mereka. Berbeda dengan Luffy dan Kid yang dilemahkan oleh Batu Laut sebagai pengguna Buah Iblis.

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah memang Luffy tak bisa menggunakan haki karena alasan di atas atau memang Batu Laut bisa melemahkan Haki? Coba berikan pendapat kalian di kolom komentar dan jangan lupa cek fanpage duniaku.net untuk artikel One Piece menarik lainnya!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Fudo

Saya bukan Fudo, tapi panggil saya Fudo. Penikmat tokusatsu, terutama Kamen Rider dan Super Sentai. Pria nomaden yang bertualang di luar keinginan sendiri. Bercita-cita untuk menguasai dunia.